Tentang KamiPedoman Media SiberKetentuan & Kebijakan PrivasiPanduan KomunitasPeringkat PenulisCara Menulis di kumparanInformasi Kerja SamaBantuanIklanKarir
2024 © PT Dynamo Media Network
Version 1.93.2
Konten dari Pengguna
Bukan, “Meta” Bukan Singkatan dari “Most Efficient Tactic Available”
1 Februari 2022 21:25 WIB
·
waktu baca 9 menitTulisan dari Eri Muriyan tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Artikel ini ditulis Connor McNeil di laman EsportTalk pada 27 Oktober 2021. Saya menerjemahkannya karena bahasannya menarik untuk komunitas esport di Indonesia. Sebenernya ini terjemahan artikel bahasa Inggris pertama saya. Mungkin daripada menerjemah, lebih cocok disebut menyalin ke papan google translate lalau menusunnya di sini dengan sedikit pencocokan. Bahkan mungkin saya telah merusak artkel McNeil sebab kebodohan saya dalam bahasa Inggris.
ADVERTISEMENT
Bukan, “Meta” Bukan Singkatan dari “Most Efficient Tactic Available”
Anda mungkin telah melihat akronim ini beredar secara online dalam situasi yang sulit sejak artikel terakhir saya terbit. Saya tentu telah melihatnya untuk pertama kali dan beberapa kali sejak itu, ketika saya berkubang di ujung akhir perjuangan COVID dan mencari apartemen baru, mengejar cinta baru, dan mencari cara untuk menghasilkan uang tanpa mematahkan semangat saya (jawabannya bukan usaha retail, biar saya beritahu begini)... dan saya sering menunda-nunda, seperti yang saya lakukan ketika mental dan fisik lelah atau stres. Salah satu sebab menunda-nunda membahasnya, adalah mempelajari banyak sekali tentang metagame dari game apa pun yang saya sukai saat ini, menonton video, membaca posting blog, bermain dalam mode pelatihan, dan hal-hal semacam itu.
ADVERTISEMENT
Seperti yang saya buktikan dalam artikel tentang Infil’s excellent Fighting Game Glossary, dengan berbagai istilah yang muncul saat ini dan berbagai macam permainan yang tersedia untuk dipelajari dengan teliti melalui istilah-istilah komunitas, saya menghabiskan cukup banyak waktu untuk memikirkan kata-kata yang kita gunakan untuk menggambarkan permainan game favorit kita saat ini, pemain, acara, dan lain-lain.
Konten yang mengusik itulah yang pada gilirannya membuat saya menemukan tidak kurang dari tiga orang yang mengatakan bahwa "META" adalah singkatan dari "Most Efficient Tactic Available." Saya khawatir ini hanyalah akronim yang tidak benar yang diciptakan agar sesuai dengan istilah yang ada. Mungkin singkatan yang menyenangkan untuk digunakan, dan tidak jauh dari arti sebenarnya dari kata “metagaming”, tetapi dalam tulisan singkat ini (bagi saya), saya ingin berbicara tentang metagaming, "the metagame", dan contoh lain dari istilah ini (sekaligus definisinya yang sedikit berbeda) di ruang esports dan game.
ADVERTISEMENT
Kekuatan Internet
Internet adalah jaringan aneh, indah, dan berkelok-kelok yang menghubungkan sejumlah besar anggota keluarga manusia kita di bumi. Seperti kaca pembesar dengan jangkauan gerakan yang hampir tak terbatas, bisa fokus pada kita, dalam bentuk berbagai website, semuanya hampir ada "apa saja dan segalanya sepanjang waktu". Salah satu website tersebut adalah XKCD Comic yang benar-benar menggambarkan arti dari “meta”, sebuah awalan yang umumnya mengacu pada pergi ke atas, ke luar, atau melalui suatu perubahan (misalnya: metamorfosis). Sebagai kata sifat yang berdiri sendiri, definisi umumnya menurut saya mengacu pada penembusan tembok ketiga. Kita akan membahas "metagame" secara khusus di sini.
Untuk saat ini, saya merenungkan bagaimana kumpulan besar pengetahuan yang tersebar di banyak website, yang tampaknya tak terbatas adalah keuntungan besar bagi kita orang-orang aneh yang benar-benar menyukai video game, terutama bagi kita yang karena alasan apa pun terkadang memutuskan untuk terlalu fokus pada informasi tidak berguna seperti “Super Tiny Koopadashbackwaveslide Hoverwalkmoonland” yang baru populer bertema Super Smash Bros itu. Judulnya Melee, memiliki banyak teknologi yang tidak berguna sekaligus sulit dengan nama yang mirip-mirip alias konyol. Saya benar-benar tidak tahu harus memainkannya dari mana, karena setiap karakter memiliki teknik yang tidak jelas, tetapi bahkan Melee yang seperti itu, secara garis besar memengaruhi metagame dalam beberapa cara kecil, bahkan jika itu hanya metagame dalam pertandingan persahabatan setelah turnamen, ketika semua orang lelah dan cukup mengigau untuk bermain dengan item dan cara terlarang (ngecheat).
ADVERTISEMENT
Jadi, apa yang kita dapatkan di internet untuk keperluan bahasan ini adalah kekayaan informasi yang luar biasa dan tak terbayangkan yang kita miliki, hanya dengan beberapa klik dan kata yang diketik, kita memiliki catatan hampir setiap permainan yang manusia mainkan. Kita secara kolektif kemudian tahu begitu banyak tujuan, sasaran, strategi, pemain, pelatih, momen terkenal, dan sebagainya.
Perpustakaan Alexandria virtual kita benar-benar indah dalam keanehannya.
Hidung Pinokio
Tapi ada sisi gelap dari potensi harta karun itu. Beberapa orang benar-benar berbohong di sina, dan yang lain, sayangnya, mengulangi informasi yang salah atau menyampaikan informasi secara tidak benar.
Dilakukan dengan jahat, ini disebut disinformasi, sebuah kata yang juga digunakan dengan tepat untuk banyak propaganda dan… Saya ragu untuk menyebutnya “meme”, tetapi Anda tahu… jenis selebaran di Facebook atau di mana pun yang dapat membuat Anda (atau mungkin lebih mungkin, kerabat lanjut usia Anda) untuk menenggak metaphorical Kool-Aid (sebutan untuk orang yang percaya semacam terori konspirasi dari informasi yang tidak valid).
ADVERTISEMENT
Disinformasi juga terjadi dalam bercandaan di antara banyak komunitas game. Atau setidaknya, itu sering terjadi dalam perdebatan di kampung halaman saya. Orang terkadang dengan terang-terangan mengatakan data yang salah (framing alias pembingkaian), berbohong tentang kekuatan atau kelemahan karakter mereka, atau sebagainya. “Itu hanya lelucon, kawan”. Ha ha ha. Sangat lucu.
Disinformasi yang salah, di sisi lain dan meski lebih ramah, tetaplah keliru. Sebuah pilihan, jika Anda mau. “Saya tidak tahu; Saya tahu sekarang; maaf!" adalah respons umum untuk menyadari bahwa seseorang menyebarkan informasi yang salah. Ini terjadi jauh lebih sedikit di internet daripada yang mungkin dipikirkan pada awalnya, karena begitu banyak website memiliki editor dan pemeriksa ganda yang ketat, sebuah sistem kuat dari jaringan yang terhubung yaitu “world wide web”.
ADVERTISEMENT
Sekarang, mari kita beralih ke topik utama hari ini, arti dari “meta”. Menetapkan akronim atau membuat akronim yang sebelumnya tidak ada adalah semacam informasi yang salah, menurut saya. Tidak berbahaya, dan tidak ada salahnya mencari “most efficient tactic available”. Menemukan taktik yang efektif memang merupakan bagian dari hampir semua metagame, tetapi konsekuensi dari menggunakan akronim itu mungkin mengatakan bahwa karakter tertentu tidak layak untuk dipilih karena mereka bukan M.E.T.A. (karakter "paling efektif/efisien", atau terbaik, untuk dipilih) lagi. Saya tidak mnganggap itu tidak berguna dengan mengatakan "mereka tidak mendominasi (permainan) lagi".
Ngomong-ngomong, kita bisa lho memeriksa fakta apa itu metagaming di Wikipedia.
Metagaming
Ambillah, guru bahasa Inggris saya di masa lalu; Wikipedia adalah sumber yang bagus di bahasan ini. Faktual, ada pemeriksanya, jelas, singkat.
ADVERTISEMENT
Istilah ini telah menjadi bagian dari teori permainan selama beberapa dekade. Saya paling suka definisi ketiga di intro artikel Wikipedia itu: Metagaming "melampaui batas yang seharusnya atau lingkungan yang ditetapkan oleh game." Metagame, oleh karena itu, untuk permainan tertentu, adalah kumpulan strategi yang digunakan oleh pemain tertentu untuk meningkatkan peluang masing-masing untuk menang, dengan cara yang sering kali tidak diharapkan oleh pembuat game. Tidak mungkin bagi satu orang untuk menguasai semua aspek "meta", tetapi memang umum bagi pemain individu untuk membentuk metagame selama bertahun-tahun yang akan datang dengan strategi inovatif, karakter yang sebelumnya tidak umum, atau seterusnya. penemuan mereka sering "diabadikan" dalam tulisan atau video tentang permainan yang mereka mainkan, memberi nama pada taktik yang tidak terlihat sebelum inovatornya muncul.
ADVERTISEMENT
Menurut pendapat saya (mungkin bias), adegan Super Smash Bros adalah contoh cemerlang dari definisi metagame ini. Seperti yang diilustrasikan dalam film dokumenter (yang memang didramatisasi), “The Smash Brothers”, dan sekuelnya yang dinamai “METAGAME”, komunitas di sekitar platform pejuang Nintendo dengan nama-nama bintang telah lama mendorong untuk menemukan strategi terbaik di sekitar apa yang tampak seperti permainan pesta sederhana pada awalnya. Bahkan aturan Smash yang kompetitif sendiri jauh melampaui batas permainan yang biasa.
Tentu saja, setiap metagame dimulai dari game itu sendiri. Jika Anda memaafkan saya untuk itu, mari lanjutkan dengan pembicaraan Smash, karena di situlah saya sangat mendasarkan pengetahuan pribadi saya. Sakurai Masahiro, terlepas dari reputasinya sebagai sutradara Smash Bros, sebenarnya adalah juara turnamen Street Fighter II, dulu sekali. Karena itu, dia tahu "jenis kesenangan yang bisa didapat dari permainan". Dia tahu jenis kesenangan yang diperoleh dari menggali jauh ke dalam metagame, menyempurnakan strategi, menggabungkan gerakan atau mekanik, dan dengan demikian, dua Smash sebelum Brawl berisi harta karun mekanika tingkat lanjut.
ADVERTISEMENT
Tidak ada kekurangan dari mereka di seri ini. Jangan ragu untuk mengetik ini ke dalam Infil’s excellent Fighting Game Glossary. Pengaruh terarah untuk mengubah lintasan Anda saat terkena gerakan, Smash Directional Influence ke teleportasi jarak pendek ketika Anda tertabrak tetapi sebelum Anda dikirim terbang, wavedashing, dash dancing, L-cancelling, edge cancelling, V-cancelling… semua ini harus diprogram ke dalam game itu sendiri sebelum mereka bisa menjadi bahan pokok metagame, di mana pemain kompetitif mengambilnya dan berlari.
Dari sana, pemain paling mahir harus melampaui dan melampaui "batas atau lingkungan yang seharusnya ditetapkan oleh game." Tidak seperti game lama seperti Melee, bagaimanapun, kekuatan lain dari internet adalah bahwa pengembang sekarang dapat menanggapi perubahan dalam metagame (seperti penemuan strategi "rusak" atau dikuasai) dengan menambal permainan, yang pasti menyebabkan meta bergeser lagi. Dota, League of Legends, Valorant, dan game pertarungan modern lainnya, masing-masing metagame sangat dipengaruhi oleh patch, menjaga permainan kompetitif tetap segar selama bertahun-tahun yang akan datang.
ADVERTISEMENT
Untuk melengkapi bagian ini dan hanya untuk memperjelas, tujuan artikel ini bukan untuk menjatuhkan siapa pun yang mengatakan bahwa arti "meta" adalah Most Efficient Tactic Available. Itu memang bagian dari metagame; Saya hanya ingin orang-orang menyadari bahwa itu adalah akronim daripada arti kata aslinya.
Tapi tetap saja, ini adalah kiasan metafora yang berlebihan untuk semua orang aneh penggila game di luar sana yang telah mengumpulkan harta karun berupa informasi internet tentang semua game favorit kita, dari rute lari cepat, susunan-susunan kombinasi, mekanika pertahanan, hingga alat pergerakan, dan kepada pengembang yang memanjakan kita dengan permainan yang terasa menyenangkan untuk dimainkan dengan santai tetapi juga sangat memuaskan untuk berinovasi secara kompetitif di dalamnya. []
ADVERTISEMENT
Connor McNeil adalah jurnalis esports, baru lulus kuliah dengan gelar bahasa Inggris. Gairah Connor untuk game dinyalakan sebelum sekolah ketika ia mulai belajar catur. Setelah memenangkan turnamen junior di taman kanak-kanak, Connor menjadi yang teratas dan pensiun dari catur kompetitif. Dia menemukan turnamen lagi di sekolah menengah, ini untuk Super Smash Bros. Dengan tag "Genghis Connor," dia telah berkompetisi dan membantu menjalankan turnamen Melee sejak 2014. Jika tidak bermain netplay Melee, Connor sering dapat ditemukan di Valorant server, bermeditasi di hutan, atau mengerjakan buku mereka yang akan datang, The Mycelian Dialogues, kumpulan cerita pendek, puisi, dan esai lirik yang berpusat pada komunikasi dengan alam di masa-masa sulit saat ini.