Pengaruh Pandemi Covid-19 Pada Tata Cara Berkomunikasi Pelajar

Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Airlangga (2021)
Konten dari Pengguna
1 Juli 2022 13:21
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ernest Simanjuntak tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Komunikasi adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan. foto : Ernest Simanjuntak (saya sendiri)
zoom-in-whitePerbesar
Komunikasi adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan. foto : Ernest Simanjuntak (saya sendiri)
Sekelompok pelajar yang sedang olahraga sedang berkomunikasi. Foto : Ernest Simanjuntak (saya sendiri)
zoom-in-whitePerbesar
Sekelompok pelajar yang sedang olahraga sedang berkomunikasi. Foto : Ernest Simanjuntak (saya sendiri)
Sampai saat ini Pandemi Covid – 19 masih berlangsung dan masih menghalangi beberapa aktivitas dan kebiasaan manusia. Semua hal tersebut terpaksa dikerjakan di rumah masing-masing.Orang-orang juga diharuskan untuk berkomunikasi melalui media sosial atau sarana seperti zoom meeting.
Kalian pasti sadar bahwa semua masyarakat yang terdampak pandemi telah meningkatkan interaksi di media sosial tetapi membuat kualitas berkomunikasi secara langsung menurun.
Pelajar seringkali menjadi sorotan utama lantaran cara berkomunikasi di kalangan pelajar sangat tidak baik. Maupun itu antar pelajar dengan pelajar, pelajar dengan guru bahkan pelajar dengan orang tua. Pelajar juga seringkali mengikuti kelas tetapi tidak berada di rumah masing-masing, bahkan ada yang sedang berada di kafe, mall bahkan sedang berolahraga. Dapat kita simpulkan bahwa kurangnya etika atau moral pada pelajar yang pada dasarnya masih membutuhkan didikan atau bimbingan dalam segala hal.
Banyak pelajar yang tidak mengindahkan dan tidak mengikuti aturan saat berkomunikasi lewat zoom meeting. Seperti, ketika guru sedang mengajar sudah seharusnya murid-murid menyalakan fitur kamera agar memperlihatkan bahwa pelajar sedang dalam kondisi siap untuk belajar dan tidak fokus ke hal-hal lain.
Pelajar pada dasarnya adalah sebutan bagi anak-anak yang sedang dalam masa jenjang Pendidikan Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas / Sekolah Menengah Kejuruan (SMA/SMK). Pada masa ini sebagian besar pelajar belum dapat berkomunikasi dengan baik. Oleh karena itu mereka masih harus dibimbing.
Rekan kerja yang sedang melakukan percakapan. Foto : Ernest Simanjuntak (Saya Sendiri)
zoom-in-whitePerbesar
Rekan kerja yang sedang melakukan percakapan. Foto : Ernest Simanjuntak (Saya Sendiri)
Berkomunikasi dengan baik adalah salah satu hal yang penting atau krusial pada kehidupan seorang pelajar. Apalagi, cara berkomunikasi akan terus berkembang dan berubah selama menghadapi kondisi, situasi, maupun tantangan baru dalam kehidupannya. Dalam tahap ini, pelajar harus mendapat bimbingan atau bantuan yang tepat.
Bagaimana caranya berkomunikasi dengan baik ?
Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan untuk berkomunikasi dengan baik. Seperti memperhatikan tutur kata, memperhatikan bahasa tubuh dan intonasi, mendengarkan dengan baik, bersikap terbuka, mengendalikan emosi, menyisipkan humor, berbesar hati dan masih banyak cara lainnya.
Tentunya bagi pelajar yang pada dasarnya masih dapat dikatakan anak-anak atau remaja, hal ini harus didapat dengan bantuan atau bimbingan. Baik bimbingan dari orang tua, keluarga, guru bahkan teman juga bisa. Dengan demikian tidak menutup kemungkinan bahwa masa Pandemi Covid – 19 ini hanya memperburuk cara komunikasi.
Kalau menurut Anda, apakah masa pandemi ini hanya bisa memberi dampak buruk dalam berkomunikasi ?