Pencarian populer
USER STORY
24 Oktober 2018 10:08 WIB
..
..
5 Olahraga yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah
Ilustrasi olahraga di rumah (Foto: dok. Unsplash)
Olahraga adalah aktivitas yang sangat penting untuk tubuh agar bisa memperoleh kebugaran. Tetapi kenyataanya, banyak orang mengabaikan kegiatan itu, aktivitas kantor, meeting, hingga kegiatan luar kantor yang dilakukan sepertinya sudah cukup menyita waktu. Lalu, apa bisa olahraga dilakukan di rumah? Seperti apa olahraga yang bagus untuk dilakukan di rumah?
Sebetulnya, aktivitas rumah yang identik dengan olaharaga tanpa sadar bisa dilakukan, hanya saja, itu tidak masuk dalam penamaan olahraga, karena gerakan yang dilakukan ketika beraktivitas di rumah seperti membereskan rumah hingga mencuci kendaraan cenderung memiliki gerakan yang tidak teratur, berbeda dengan olahraga yang lebih teratur dalam gerakan.
Menurut dokter spesialis olahraga, dr. Sophia Benecdita Hage, ada perbedaan mendasar antara kegiatan keseharian yang merupakan aktifitas fisik (physical activity) dengan latihan fisik atau olahraga (exercise).
"Aktivitas fisik dijabarkan sebagai segala gerakan tubuh yang dihasilkan oleh kontraksi otot dan menghasilkan pengeluaran energi yang bermakna," kata dokter yang menjadi lulusan SMA 70 Jakarta Selatan angkatan 1999-2002 ini.
Ilustrasi olahraga di rumah. (Foto: Dok: Pixabay)
Lebih lanjut, dr. Sophia menjelaskan soal latihan fisik atau olahraga yang berbeda dengan aktifitas fisik. Olahraga merupakan subkategori dari aktivitas fisik di waktu senggang dan dilakukan terencana, terstruktur, dan berulang untuk meningkatkan atau mempertahankan salah satu atau seluruh komponen kebugaran fisik.
Lalu seperti apa olahraga yang bisa dilakukan di rumah? Berikut adalah 5 olahraga yang bisa dilakukan tanpa harus keluar rumah.
1. Jogging
Anda tidak harus membeli alat treadmill agar bisa jogging di rumah. Cukup gunakan halaman di depan rumah, atau tempat yang sedikit lebih lapang. Untuk melakukan olahraga ini jangan lupa untuk melakukan pemanasan. Untuk waktu olahraga jogging tak perlu terlalu lama, cukup lakukan dengan rutin saja.
2. Gerakan Duduk-Berdiri
Olahraga ini cukup unik dan mudah dilakukan, cukup gunakan satu kursi sebagai media. Lakukan gerakan duduk selama tiga detik lalu berdiri. Lakukan berulang sesuai dengan irama. Pastikan Anda duduk tanpa bersandar, posisi tubuh tegak, dengan tatapan lurus ke depan dan posisi perut ditarik ke depan. Gerakan ini berguna untuk melatih pernapasan dan melatih otot-otot kaki.
3. Naik-Turun Tangga
Jika rumah Anda memiliki dua lantai, memanfaatkan tangga yang ada untuk berolahraga. Lakukan naik turun tangga berulang dan berirama. Olahraga ini bertujuan melatih otot-otot kaki.
4. Push-up
Olahraga ini merupakan gerakan yang sangat mudah untuk dilakukan, karena Anda bisa melakukannya di mana saja dengan ruangan yang kecil sekalipun. Lakukan gerakan tersebut secara berulang-ulang. Gerakan ini berguna untuk melatih kekuatan tubuh bagian atas lengan dan kekuatan otot.
5. Sit-up
Sama seperti gerakan push-up, gerakan sit-up ini juga sangat mudah dilakukan. posisi awal untuk gerakan ini adalah Anda berbaring dengan posisi kaki ditekuk dengan posisi telapak kaki menyentuh lantai. Angkat tubuh bagian atas hingga menyentuh lutut, lalu turunkan hingga seperti posisi semula. Gerakan ini berguna untuk melatih otot di bagian perut.
Itulah 5 olahraga yang bisa dilakukan di rumah, tak perlu banyak peralatan atau membeli peralatan yang punya harga mahal. Cukup manfaatkan ruang sekitar, lakukan dengan teratur dan setiap hari, tak perlu terlampau lama, jika dilakukan rutin maka Anda akan mendapatkan kebugaran fisik yang lebih baik.

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2018 © PT Dynamo Media Network
Version: web: