Konten dari Pengguna

Meningkatkan Self-Esteem Remaja melalui "Positivity Snakes and Ladders"

Fadhila Dinda Haliza
Final Year in Family and Consumer Sciences & Fast-track Master's in Family and Child Development at IPB University - Amartha STEAM Fellowship 2024 - AIESEC Alumni - Outstanding Student in National Reasoning 2023
15 November 2024 13:05 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Fadhila Dinda Haliza tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
(25/08/24) Foto Bersama Pelaksanaan Program "Step-Up: Peningkatan Self-Esteem pada Remaja Menggunakan Permainan Positivity Snakes and Ladders."  (Sumber: Foto Pribadi)
zoom-in-whitePerbesar
(25/08/24) Foto Bersama Pelaksanaan Program "Step-Up: Peningkatan Self-Esteem pada Remaja Menggunakan Permainan Positivity Snakes and Ladders." (Sumber: Foto Pribadi)
ADVERTISEMENT
Fadhila Dinda Haliza, mahasiswa IPB University dari jurusan Ilmu Keluarga dan Konsumen, berkolaborasi melalui program capstone dengan Divisi Kesehatan Keluarga, Dinas Kesehatan Kota Bogor, menyelenggarakan program "Step-Up: Peningkatan Self-Esteem pada Remaja Menggunakan Permainan Positivity Snakes and Ladders." Program ini bertujuan meningkatkan self-esteem atau harga diri remaja berusia 10-14 tahun agar mereka lebih percaya diri dalam menghadapi tantangan sehari-hari, terutama pada masa transisi menuju dewasa.
ADVERTISEMENT
Program ini berlangsung di Posyandu Remaja Gang Aut, RT.01/RW.06, Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat, selama dua hari pada akhir Agustus dan September 2024. "Positivity Snakes and Ladders" menggabungkan elemen edukasi dan permainan yang mengajak remaja berperan sebagai bidak pada papan permainan terbuat dari banner berukuran 2x2 meter. Setiap langkah dalam permainan ini memiliki tantangan dan pesan afirmatif yang bertujuan memperkuat pemahaman self-esteem peserta.
(25/08/24) Pengisian Pre-test oleh Seluruh Peserta untuk Mengetahui Pengetahuan Awal Peserta Mengenai Self-Esteem (Sumber: Foto Pribadi)
Program ini dimulai dengan pengisian pre-test untuk mengetahui tingkat self-esteem awal peserta, diikuti dengan penyampaian materi mengenai konsep self-esteem, dilanjutkan dengan permainan "Positivity Snakes and Ladders" , dan ditutup dengan post-test untuk mengukur perubahan self-esteem peserta. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test yang menggunakan Rosenberg Self-Esteem Scale, sebagian besar peserta menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam self-esteem mereka.
ADVERTISEMENT
(25/08/24) Penyampaian materi edukasi mengenai konsep self-esteem (Sumber: Foto Pribadi)
Dr. Yulina Eva Riany, dosen pembimbing capstone Fadhila, dan dr. Hasriani Timung, supervisor dari Divisi Kesehatan Keluarga Dinas Kesehatan Kota Bogor, memberikan dukungan penuh terhadap program ini.
Materi disampaikan melalui media PowerPoint, poster afirmasi diri, dan permainan interaktif yang dirancang untuk mempermudah pemahaman peserta. Sesi diskusi dan tanya jawab juga diadakan untuk meningkatkan keterlibatan remaja dalam kegiatan ini. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 90% peserta mengalami peningkatan self-esteem yang signifikan.
(25/08/24) Bermain "Positivity Snakes and Ladders" yang diikuti oleh Seluruh Peserta (Sumber: Foto Pribadi)
"Saya berharap program ini dapat menjadi inspirasi untuk inisiatif serupa di masa depan, terutama dalam upaya meningkatkan kesehatan mental dan self-esteem remaja. Hasil yang dicapai menunjukkan bahwa pendekatan berbasis permainan edukatif efektif dalam memperkuat rasa percaya diri mereka. Kolaborasi antara mahasiswa IPB University dan Dinas Kesehatan Kota Bogor melalui program capstone diharapkan terus berlanjut untuk mendukung upaya pemerintah dalam menciptakan remaja yang lebih percaya diri dan siap menghadapi tantangan kehidupan," ungkap Fadhila Dinda Haliza, penggagas program dan mahasiswa IPB University (29/09).
(25/08/24) Foto Bersama Pelaksanaan Program "Step-Up: Peningkatan Self-Esteem pada Remaja Menggunakan Permainan Positivity Snakes and Ladders" (Sumber: Foto Pribadi)