Benarkah Emosi Memengaruhi kehidupan Kita?

Merupakan mahasiswa universitas brawijaya prodi psikologi.
Konten dari Pengguna
24 November 2022 21:03
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Fadhilah Zahra Fauziyyah Osman tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Apa yang kalian ketahui jika mendengar kata "emosi"?
Banyak orang mendefiniskan “emosi” sebagai bentuk rasa marah, namun pada dasarnya kata emosi merupakan kata yang mewakili beragam bentuk perasaan manusia. kesedihan, bahagia, amarah, rasa takut, terkejut, malu, jijik, dan lain sebagainya merupakan bentuk emosi atau perasaan manusia.
ADVERTISEMENT
Emosi berasal dari Bahasa latin, yaitu emovere, yang berarti bergerak menjauh. Menyatakan secara tersirat bahwa emosi berarti sesuatu yang menggerakan terjadinya perubahan suatu keadaan.
https://pixabay.com/photos/smiley-emoticon-anger-angry-2979107/
zoom-in-whitePerbesar
https://pixabay.com/photos/smiley-emoticon-anger-angry-2979107/
Emosi adalah sebagai suatu keadaan yang terangsang dari organisme mencakup perubahan-perubahan yang disadari, yang mendalam sifatnya dari perubahan perilaku. Chaplin (1989) dalam Dictionary of Psychology.
Emosi baik atau buruknya itu hanya bergantung pada dampak yang akan ditimbulkan baik bagi diri maupun bagi orang lain yang ada di sekitarnya. Pada faktanya emosi menjadi hal yang sangat penting, hal ini dikarenakan ekspresi emosi dapat menghilangkan stress. Semakin pandai seseorang mengungkapkan perasaannya, akan semakin nyaman pula seseorang itu. Martin (2003).
Dari pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa emosi adalah reaksi terhadap keadaan tertentu yang dilakukan oleh tubuh lalu diungkapkan melalui ekspresi dirinya dalam tingkah laku yang terlihat atau tampak.
ADVERTISEMENT
Teori Proses Emosi (James-Lange)
Pada teori ini, James menyatakan bahwa emosi adalah ketika individu merasa sedih, ketika menangis, ketika marah, dan ketakutan. Dalam teori emosi James-Lange reaksi emosional seseorang tergantung pada bagaimana seseorang tersebut menafsirkan reaksi fisik yang berkaitan. Teori James-Lange menjelaskan bahwa seseorang akan menunjukan reaksi fisik dirinya dan menyimpulkan bahwa dirinya mengalami rasa takut, senang, dan lain sebagainya. Emosi merupakan akibat dari reaksi fisiologis (sensasi) yang kemudian ditafsirkan sehingga menghasilkan pengalaman emosional.
Misalnya ketika seseorang sedang berjalan sendirian di hutan, dan orang tersebut melihat seekor harimau, orang tersebut kemudian mulai gemetar, menunjukan bahwa orang tersebut mengalami rasa takut.
Emosi pada manusia sangat memengaruhi kehidupan manusia karena sangat berkaitan dengan kondisi psikologis seseorang dalam bentuk tingkah laku tertentu. Terdapat dua perasaan emosi yaitu emosi positif dan emosi negatif.
ADVERTISEMENT
Emosi positif adalah respon yang timbul akibat adanya stimulus dalam konteks yang positif, dengan adanya emosi positif kita dapat menerima dan membuka lebih banyak informasi, sehingga kita dapat lebih membangun keterampilan yang kita miliki dan mampu belajar hal-hal baru. Dengan dibangunnya emosi positif maka kita cenderung lebih bahagia dan dapat menebarkan kebahagiaan itu kepada orang lain.
Misalnya ketika seseorang memperloeh penghargaan dalam ajang perlombaan sehingga memunculkan emosi senang dan gembira dan tentunya orang-orang sekitar kita pun akan merasa bahagia.
Emosi negatif adalah respon yang timbul akibat adanya stimulus dalam konteks yang negatif, tetapi emosi negatif dapat memabantu kita dalam melakukan respon untuk mempertahankan diri.
Misalnya ketika seseorang mengatakan hal yang tidak pantas terhadap kita sehingga memunculkan emosi seperti marah dan benci, kemarahan tersebut dapat menjadi sinyal bahwa kita perlu bertindak atas nama sendiri. Tetapi terlalu banyak emosi negatif dapat merugikan diri sendiri dan juga orang disekitar kita, maka kita perlu mengontrol emosi negatif yang sering muncul dalam diri kita. Mengontrol emosi negatif dapat membuat perasaan menjadi lebih tenang dan tentunya memunculkan aura ataupun perasaan yang bahagia dalam diri kita.
ADVERTISEMENT
Emosi sendiri muncul karena situasi yang terjadi di sekitar kita, terutama saat manusia berinteraksi dengan lingkungan dan merupakan hasil upaya untuk beradaptasi dengan lingkungannya.
Pengaruh emosi terhadap tingkah laku manusia merupakan sebagai alat untuk pertahanan diri, alat membuat suatu keputusan, alat untuk berkomunikasi dengan orang lain, membantu kita untuk meningkatkan kesadaran, dan lain sebagainya.
Cara Menghindari Emosi Negatif:
  • Tanamkan pikiran yang positif setiap hari
Sangat penting bagi kita menanamkan emosi positif jika kita sedang berhadapan dengan emosi negatif, seperti kecemasan, stress, frustasi, dan lain sebagainya. Jika kita sedang berhadapan dengan emosi negatif, jangan langsung meluapkannya dalam bentuk tindakan karena hanya akan membuat kita semakin tidak terkontrol. Perlu bagi kita untuk memikirkan dengan matang konsekuensi dari tindakan emosi negatif tersebut.
ADVERTISEMENT
  • Hindari perasaan kecewa
Seseorang akan mengalami rasa kecewa karena merasa dirinya mendapatkan suatu kegagalan dan sulit untuk menerima kenyataan. Kegagalan memang suatu hal yang wajar dan tidak banyak orang mengalami kekecewaan terhadap dirinya, tetapi jika seseorang sudah berada fase kecewa, bisa jadi akan berdampak pada kesehatan mental. Maka dari itu, jadikanlah kekecewaan sebagai bentuk motivasi lebih maju dan berpikir untuk bangkit sehingga dapat melanjutkan apa yang ingin diperjuangkan. Kegagalan merupakan awal dari kesuksesan dan kegagalan yang sebenarnya merupaka orang yang berhenti untuk maju.
  • Jangan berlarut-larut dalam kesedihan
Perasaan sedih merupakan perasaan yang sangat wajar dialami semua manusia, tetapi sedih yang berkepanjangan dapat berdampak buruk bagi kesehatan diri. Sedih yang berkepanjangan justru akan membebani diri sendiri dan tidak akan meringankan beban masalah.
ADVERTISEMENT
  • Hindari perasaan/emosi marah
Perasaan/emosi marah dapat berdampak buruk bagi diri sendiri dan bagi lingkungan sekitar. Pada dasarnya perasaan marah tidak akan menyelasaikan masalah, karena pikiran yang ditimbun oleh emosi negatif sehingga tidak dapat berpikir jernih.
  • Lakukan meditasi untuk menenangkan pikiran
Cara ini dapat membantu untuk mengendalikan emosi agar perasaan menjadi lebih tenang walaupun tidak akan berdampak secara langsung. Dengan melakukan meditasi, semua pikiran pikiran negatif akan hilang, dan hanya akan fokus terhadap diri sendiri.
Dapat disimpulkan bahwa emosi sangatlah berpengaruh bagi kehidupan kita, maka jika diri kita sering berpikir emosi negatif akan berpengaruh negatif juga dengan kehidupan kita dan lingkungan sekitar. Sebaliknya, jika diri kita sering berpikir emosi positif akan berpengaruh positif juga dengan kehidupan kita dan kita dapat menebar hal-hal positif kepada lingkungan sekitar kita. Pada dasarnya emosi adalah suatu respon yang dilakukan terhadap suatu kejadian yang kita alami.
ADVERTISEMENT
Terbangun emosi positif dalam diri kita karena terdapat berbagai hal baik dan menyenangkan, seperti perasaan senang, bangga, girang, terpukai, cinta, dan lain sebagainya. perasaan-perasaan tersebutlah yang membuat diri kita menikmati kehidupan kita. Oleh karena itu, perbanyaklah berpikir emosi positif dan menebar hal-hal positif terhadap sekitar.
Referensi
Riadi, Muchlisin. (2019). Pengertian, Karakteristik, Bentuk dan Proses Emosi. Diakses pada 11/22/2022, dari https://www.kajianpustaka.com/2019/10/pengertian-karakteristik-bentuk-dan-proses-emosi.html
Dzilhaq, N. C. (2020). Emosi Dalam Psikologi: Pengertian, Proses, dan Jenis. https://kampuspsikologi.com/emosi-dalam-psikologi/
Husna, R. A. (2021). Teori Emosi James-Lange. Dari https://www.materikonseling.com/2021/09/teori-emosi-james-lange.html
Nandy (2021). Pengertian Emosi, Macam-Macam Emosi & Emosi Positif Negatif. https://www.gramedia.com/best-seller/pengertian-emosi/
M. Prawiro (2018). Pengertian Emosi, Fungsi dan Jenis-Jenis Emosi Manusia. https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-emosi.html
Fitri. D (2019). Bagaiman Emosi Memengaruhi Kehidupan Anda?. https://www.yesdok.com/id/article/bagaimana-emosi-memengaruhi-kehidupan-anda/
ADVERTISEMENT
Saputra. A (2022). Mengapa Manusia Memiliki Emosi? Ini Sebenarnya Fungsi Emosi Manusia. https://aido.id/amp/health-articles/mengapa-manusia-memiliki-emosi-ini-sebenarnya-fungsi-emosi-manusia/detail
http://etheses.uin-malang.ac.id/2609/6/06410028_Bab_2.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/526/5/Bab%202.pdf
https://id.wikihow.com/Menghilangkan-Emosi-Negatif
https://www.psychologymania.com/2013/07/pengaruh-emosi-terhadap-tingkah-laku.html
https://www.lemonilo.com/amp/blog/ini-contoh-emosi-positif-dan-negatif-di-dalam-diri-kita
https://yoursay.suara.com/lifestyle/2021/03/02/114736/pernah-kecewa-pada-diri-sendiri-ini-5-hal-yang-sebaiknya-kamu-lakukan
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·