Manfaat Organisasi bagi Mahasiswa

Mahasiswi ITB Ahmad Dahlan Jakarta Prodi Akuntansi
Konten dari Pengguna
1 Maret 2022 21:24
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari fadiah amalda tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Menjadi mahasiswa bukanlah suatu perkara yang mudah untuk dijalani, tetapi jika kita mau membuat perkara tersebut jadi hal yang mudah maka kita harus menjalankannya sesuai dengan ketentuan berlaku yang ada di kampus. Ketika kita sudah menjadi seorang mahasiswa, jangan hanya jadi mahasiswa biasa saja atau mahasiswa yang pasif, tetapi kita harus bisa aktif mengikuti kegiatan organisasi mahasiswa yang ada di kampus. Di kampus, kita harus bisa membiasakan diri untuk menunjukkan rasa sosial yang tinggi. Itu semua bisa diwujudkan dengan bergabung dengan organisasi yang ada di kampus. Karena banyak sekali keuntungan yang akan kita peroleh, jika kita mengikuti kegiatan organisasi di kampus.
ADVERTISEMENT
Organisasi mampu membantu mengembangkan diri anda dengan cara yang berbeda dan lebih luas. Tentunya mahasiswa yang mengikuti kegiatan organisasi pasti belajarnya tidak hanya di dalam kelas saja. Di organisasi kepribadian diri kita akan dilatih mulai dari diajarkan pentingnya disiplin, keberanian, dan juga mengembangkan kemampuan. Baik dari kemampuan yang biasa saja maupun kemampuan yang sangat luar biasa yang anda miliki.

Manfaat ikut organisasi di kampus bagi mahasiswa yaitu dapat membantu meningkatkan pengetahuan dan wawasan karena ketika kita bergabung di organisasi sudah pasti kita akan mempelajari ilmu-ilmu yang baru atau pengetahuan yang baru yang tidak ada ketika kita belajar bersama dosen di kelas. Memperluas relasi atau menambah teman juga merupakan salah satu manfaat dari berorganisasi, karena di organisasi tersebut pasti diikuti oleh banyak mahasiswa dari jurusan lain. Organisasi juga dapat membantu kita untuk melatih public speaking dan mengembangkan kemampuan komunikasi kita dengan orang baru.

Semakin sering kita mengikuti organisasi pasti kita akan merasakan bahwa diri kita memiliki jiwa sosial yang tinggi, karena ketika berorganisasi pasti akan ada banyak sekali acara atau kegiatan-kegiatan sosial yang diadakan. Hal tersebut dapat membantu mengasuh kemampuan sosial kita hingga kita lulus kuliah nanti. Manfaat yang paling utama ketika kita ikut berorganisasi di kampus adalah, kita dapat melatih jiwa kepemimpinan. Karena dalam suatu organisasi biasanya terdapat struktur organisasi yang dipimpin oleh seorang ketua, tetapi kemampuan memimpin tidak hanya harus dimiliki oleh seorang ketua tapi harus dimiliki juga oleh sekretaris, bendahara, maupun anggota divisi yang lainnya.
ADVERTISEMENT
Manfaat berorganisasi juga bisa berguna ketika kita nanti sudah memasuki dunia kerja, karena semasa kuliah kita sudah mengikuti kegiatan organisasi yang di mana kita diajarkan tentang bagaimana caranya menjadi orang yang disiplin, dan berani bersosialisasi. Hal tersebut dapat membantu kita ketika sudah memasuki dunia kerja nanti, sehingga kita tidak akan terkejut saat mulai memasuki dunia kerja yang melelahkan serta dapat menekan kesehatan mental kita.
Pada saat ingin bergabung ke dalam sebuah organisasi juga kita harus mencari tahu dulu apa saja visi dan misi dari sebuah organisasi tersebut, agar kita tidak salah ikut bergabung ke dalam organisasi tersebut. Karena jika kita salah memilih organisasi kita tidak akan bisa menjalankannya dengan perasaan yang nyaman. Tetapi jika kita tidak salah.
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020