Metode Akuntansi Syariah dalam Kehidupan

Mahasiswa ITB Ahmad Dahlan
Konten dari Pengguna
3 Maret 2022 17:01
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Fahbi Hidayanto tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Metode Akuntansi Syariah dalam Kehidupan (224578)
zoom-in-whitePerbesar
sumber: www.freepik.com
ADVERTISEMENT
Akuntansi syariah memiliki pengertian yang sama dengan pengertian akuntansi pada umumnya. Akuntansi syariah merupakan sistem yang mengatur kegiatan pencatatan, mengkategorikan dan meringkas, melaporkan, dan menganalisis data keuangan sesuai dengan ajaran Islam. Penggabungan prinsip-prinsip Islam ke dalam sektor ekonomi tidak terbatas pada produk bank seperti tabungan Islam.
ADVERTISEMENT
Dewasa ini terdapat metode akuntansi berbasis syariah yang selaras dengan prinsip-prinsip Islam. Dengan berlandaskan surah Albaqarah ayat 282 (QS.Al-Baqarah Ayat 282). Hal tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut:
Sistem Bagi Hasil
Sistem bagi hasil diperkanalkan ketika A dan B sama - sama menanamkan modal dalam jumlah yang berbeda. Keduanya sepakat mananggug risiko bersama dan pembagian keuntungan sesuai dengan kesepakatan yang diawal.
Menggunakan Prinsip Metode Mudhatobah
Metode ini menerapkan sistem jual beli yang sesuai dengan ketentuan agama islam. Misalnya, transaksi antara nasabah dan bank. Bagaimana nasabah ingin membeli rumah mengajukan kredit ke bank yang kemudian bank akan membayarnya dan diberikan kepada nasabah. Nasabah kemudian membayar kembali ke bank dalam bentuk cicilan dengan keuntungan yang telah di sepakati oleh kedua belah pihak.
ADVERTISEMENT
Terhindar dari Riba
Riba adalah menetapkan bunga saat pengembalian berdasarkan persentase tertentu dari jumlah pinjaman pokok yang dibebankan kepada peminjam. Sistem riba atau bunga ini mayoritas mengalahkan para peminjam karena presentasi bunga yang dibutuhkan lebih besar dari jumlah nilai barang yang dijadikan transaksi.
Memiliki Unsur Tenggang Rasa
Akuntansi syariah tidak hanya fokus pada pelaksanaan akuntansi, tapi, juga terdapat unsur zakat yang menjadi salah satu kelebihannya. Dalam akuntansi syariah teori yang disusun berdasarkan lingkungan agama Islam sehingga tidak hanya mengatur mengenai kepentingan bisnis, tetapi juga mengandung unsur toleransi kepada semua pihak.
Landasan Hukum Dari Tuhan
Dengan menggunakan sistem akuntansi syariah, landasan hukum yang digunakan sesuai dengan kaidah agama islam dimana Ketentuan dan dasar hukumnya bukan berasal dari aturan yang dibuat oleh manusia melainkan dibuat oleh Tuhan.
ADVERTISEMENT
Beberapa metode akuntansi syariah yang telah dijelaskan sebelumnya dapat membantu kita dalam melakukan kegiatan sehari-hari dan tentunya tetap berada pada ajaran Tuhan. Secara tidak langsung ketika kita mengimplementasikan akuntansi syariah, kita akan memberikan kemudahan dan pertolongan kepada mereka yang membutuhkan, juga mendapatkan rejeki yang sesuai dengan ajaran Tuhan.