Tekno & Sains
·
21 Juli 2021 18:52
·
waktu baca 4 menit

Prospek Karir Jurusan Teknik Sipil Universitas Gunadarma, Seperti Apa?

Konten ini diproduksi oleh Fahri Abdillah
Prospek Karir Jurusan Teknik Sipil Universitas Gunadarma, Seperti Apa? (41911)
searchPerbesar
Ngomongin soal Universitas Gunadarma, nggak akan bisa kita melewatkan sebuah jurusan yang memiliki prospek kerja yang sangat menarik sekali. Ya, jurusan tersebut adalah jurusan Teknik Sipil Universitas Gunadarma.
ADVERTISEMENT
Tentu kita yang sudah duduk di bangku perkuliahan, tak akan asing bila mendengar jurusan teknik sipil. Namun, bagi anak-anak SMA yang hendak lulus sekolah dan berniat melanjutkan studinya ke kampus? Wah, tentu saja mereka perlu banget untuk mengerti jurusan teknik sipil itu seperti apa prospeknya.
Ketimbang penasaran, langsung saja kita review jurusan Teknik Sipil Universitas Gunadarma untuk kalian semua para pembaca artikel ini. kalau perlu siapin kopi dan cemilan biar nggak ngantuk bacanya. Hahaha. Enjoy guys!
Teknik Sipil sendiri pada dasarnya merupakan salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari serta mendalami bagaimana teknik perancangan dan pembangunan sebuah gedung ataupun infrastruktur. Tak sekedar merancang dan membangun loh, tetapi juga bagaimana teknik merenovasi, serta bagaimana disiplin keilmuan teknik sipil juga mencakup wawasan lingkungan untuk kemaslahatan hidup manusia.
ADVERTISEMENT
Wah, secara konsep saja, sudah kelihatan sangat krusial dan penting sekali ya keberadaan jurusan teknik sipil untuk memacu kemajuan dan pembangunan. Nah, lebih detailnya, teknik sipil mengajak para mahasiswanya untuk lebih jauh mendalami perihal desain, konstruksi, serta bagaimana tata kelola pemeliharaan lingkungan yang dibangun, baik secara fisik maupun alami.
Prospek Karir Jurusan Teknik Sipil Universitas Gunadarma, Seperti Apa? (41912)
searchPerbesar
Bagi kalian yang tertarik untuk berkuliah di jurusan teknik sipil universitas gunadarma, maka persiapkan diri kalian se-dini mungkin. Sebab, untuk bisa berkuliah di jurusan teknik sipil, kalian dituntut untuk menguasai mata pelajaran yang mayoritas merupakan bidang eksakta, sebut saja Matamatika, Biologi, Fisika. Tak ketinggalan juga, mata pelajaran Geologi, Ilmu Lingkungan dan juga Ilmu Komputer harus bisa kamu kuasai.
Seenggaknya sebagai modal awal lah, biar nanti ketika sudah berkuliah tidak terlalu banyak mengalami kendala dan adaptasi dalam menerima materi perkuliahan di teknik sipil. Karena, perjuangan tak akan mengkhianati hasil, begitulah kiranya kalau kita mengingat prospek kerja para lulusan teknik sipil, maka memang sudah sebaiknya kita benar-benar mempersiapkan diri saat sebelum kuliah dan saat kuliah di jurusan teknik sipil universitas gunadarma.
ADVERTISEMENT
Karena, ngomongin soal prospek kerjanya para lulusan teknik sipil, ya mereka bakal sangat dibutuhkan banget di bidang pembangunan. Misalnya nih, para jurusan teknik sipil akan sangat dicari untuk menempati posisi structural engineer, site engineer, drafter, bahkan hingga estimator. Wow, keren dan hebat sekali bukan, prospek kerja para lulusan teknik sipil!
Ngomongin soal gaji, seorang fresh graduated teknik sipil bisa menerima gaji sebesar 5-7 juta per-bulannya. Bayangin aja, kalau fresh graduated saja dihargai sebegitu baik, apalagi yang sudah berpengalaman dan memiliki banyak CV?
Nah, untuk menjadi seorang praktisi teknik sipil yang mumpuni, kalian perlu memilih kampus yang tepat. Maka, berkuliah di jurusan teknik sipil universitas gunadarma merupakan sebuah pilihan yang tepat.
ADVERTISEMENT
Karena, Jurusan Teknik Sipil Universitas Gunadarma berkomitmen untuk mewujudkan cita-cita mencetak para lulusan yang menguasai 3 basis keilmuan dan kompetensi, yakni komputer, manajemen serta teknik. Kesemuanya akan dibina secara terpadu dan terprogram agar mampu mencetak para praktisi teknik sipil yang tangguh dalam merespon setiap tantangan dan perubahan di masa depan.
Nah, sekarang kita masuk ke bagian yang paling penting nih buat kalian yang pengen tahu, sebenernya isi perkualiah di jurusan teknik sipil universtas gunadarm itu mempelajari mata kuliah apa aja sih? Langsung saja deh, di semester 1, umumnya masih mempelajari mata kuliah dasar dan yang bersifat umum, seperti Bahasa Inggris, Praktikum Fisika Dasar, Menggambar Teknik, Mekanika Statistika, serta Pengantar Ilmu Teknik Sipil dan sederet mata kuliah dasar lainnya.
Prospek Karir Jurusan Teknik Sipil Universitas Gunadarma, Seperti Apa? (41913)
searchPerbesar
Memasuki semester 2, kalian masih akan menempuh mata kuliah dasar seperti Mekanika Statistika, Bahasa Inggris, Fisika dan Kimia, Pengantar Komputer dan Perangkat Lunak Aplikasi Teknik Sipil, serta Praktikum Menggambar Teknik. Kendati masih termasuk mata kuliah dasar dan umum, sensasinya serasa sudah mulai menanjak, tapi seru kok
ADVERTISEMENT
Memasuki semester 3 dan 4 kalian akan mulai bertemu dengan mata kuliah seperti Mekanika Fluida, Sistem Transportasi, Mekanika Tanah, Teknik Hidrologi serta Pemodelan Lalu Lintas Berbasis Komputer. Kemudian, di semester 5 dan 6 kalian akan menempuh mata kuliah seperti Geometrik Jalan, Konstruksi Baja, Sistem Infrastruktur Tenaga Air serta Praktek Kerja.
Penghujung semester 7 dan 8, mata kuliah Perencanaan Konstruksi Gedung Bertingkat, Teknik Gempa, dan Metode Pelaksanaan Konstruksi akan menutup perkuliahan kalian di teknik sipil universitas gunadarma. Sebelum kalian akan benar-benar menjadi seorang sarjana teknik sipil hingga kemudian mulai mewujudkan mimpi kalian menjadi seorang praktisi teknik sipil yang mampu membawa kontribusi besar dalam pembangunan bangsa dan mengharumkan almamater.