Website Pemantauan Kasus Covid-19 di Indonesia

Fahri Izzuddin Zulkarnaen
Mahasiswa Informatika UPN Veteran Jawa Timur
Konten dari Pengguna
24 Juli 2022 19:30 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Fahri Izzuddin Zulkarnaen tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Pandemi Covid-19 ini merupakan salah satu rangkaian akibat yang disebabkan oleh penyakit Corona Virus 2019 (Covid-19). Di Indonesia sendiri, pandemi ini telah menjadi momok paling menakutkan bagi masyarakat Indonesia sejak 2 Maret 2022 yaitu hari ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan kasus pertama adanya warga Indonesia yang terkonfirmasi positif Covid-19.
ADVERTISEMENT
Pandemi ini menjadi pandemi global dikarenakan penyebaran virus corona ini begitu cepat. Virus corona dapat menular dari dari manusia ke manusia bahkan tanpa terjadinya kontak fisik. Virus corona ini dapat menyebar melalui udara dan beberapa benda mati.
Salah satu cara untuk mengurangi penyebaran terjadi ini adalah dengan melakukan pembatasan mobilitas. Pembatasan mobilitas ini dapat berupa lockdown. Pada dasarnya istilah lockdown ini merupakan sebuah kebijakan pembatasan bagi suatu masyarakat pada daerah tertentu untuk tetap tinggal dan tidak memasuki daerah lain yang bukan areanya.
Untuk melakukan monitoring dan mapping kasus pandemi covid-19 di Indonesia ini, Fahri Izzuddin Zulkarnaen yang merupakan mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur yang saat ini sedang mengikut program Magang Merdeka pada PT Telkom Indonesia ini melakukan pembuatan sebuah website yang dapat berfungsi untuk melakukan monitoring update data harian dan juga dapat berfungsi untuk melakukan mapping covid-19 yang ada di Indonesia.
Indonesian Covid-19 Risk Score Mapping and Data Dashboard Monitoring. Foto : Fahri Izzuddin Zulkarnaen
Website yang berhasil Fahri ciptakan ini menampilkan beberapa data penting yang bermanfaat seputar kasus pandemi covid yang ada di Indonesia. Data update yang ditampilkan ini meliputi total kasus terkonfirmasi, total kasus aktif, total kesembuhan, total kasus kematian dan juga total vaksinisasi masyarakat Indonesia. Opsi penampilan data yang ada juga dapat di filter berdasarkan provinsi di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Selain menampilkan beberapa update data penting, Fahri juga menampilkan beberapa grafik penting yang dapat digunakan untuk melakukan pemantauan pergerakan data setiap harinya. Fahri juga menampilkan data 10 provinsi dengan kasus terkonfirmasi terbanyak dan juga beberapa berita menarik tentang pandemi covid yang ada di Indonesia.
Fitur Risk Score Mapping per Provinsi. Foto : Fahri Izzuddin Zulkarnaen
Fitur yang paling penting adalah tentang risk score mapping yang dapat digunakan masyarakat untuk melakukan pertimbangan jika ingin melakukan mobilitas pada area dengan tingkat risiko penularan virus corona yang tinggi.
Fahri berharap website tersebut dapat berguna bagi masyarakat Indonesia untuk melakukan pemantauan data update kasus pandemi Covid-19 di Indonesia dan sebagai bahan pertimbangan ketika masyarakat ingin melakukan mobilitas menuju area dengan tingkat risiko yang tinggi.