Konten dari Pengguna

Inovasi Belajar: Flashcard untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Anak Sekolah Dasar

Fairuzza Mumtaz Pamutri
Mahasiswa S1 Program Studi Psikologi Universitas Diponegoro
21 Agustus 2024 8:28 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Fairuzza Mumtaz Pamutri tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Program Kerja Pembuatan Media Pembelajaran Flashcard sebagai Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar pada Anak Sekolah Dasar
zoom-in-whitePerbesar
Program Kerja Pembuatan Media Pembelajaran Flashcard sebagai Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar pada Anak Sekolah Dasar
ADVERTISEMENT
Klaten, 27 Juli 2024 – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Diponegoro berinisiatif menciptakan program kerja yang berfokus pada edukasi anak yang sesuai dengan permintaan tema KKN di Desa Canan, Klaten. Program ini merupakan salah satu upaya untuk mengatasi kesulitan belajar siswa sekolah dasar menggunakan flashcard sebagai media pembelajaran sederhana. Sasaran program ini adalah anak-anak dengan rentang usia 11-12 tahun yang merupakan siswa kelas enam di SD Negeri 2 Canan.
ADVERTISEMENT
Program ini dilaksanakan oleh Fairuzza Mumtaz Pamutri, mahasiswa program studi Psikologi Universitas Diponegoro dengan bertempat di Canan Edupark, Desa Canan, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten pada Sabtu (27/07/24).
Program ini dilatarbelakangi oleh belum adanya inovasi media pembelajaran di SD Negeri 2 Canan yang disampaikan oleh Kepala Sekolah sehingga diperlukan sesuatu yang menarik dan dapat membantu kegiatan belajar mengajar, salah satunya adalah flashcard.
Program ini dimulai dengan perkenalan dan dilanjutkan dengan permainan konsentrasi berhitung untuk memusatkan fokus anak-anak. Kemudian, anak-anak dibagi menjadi dua kelompok untuk belajar menggunakan flashcard. Flashcard memuat materi “Sistem Gerak Manusia” yang merupakan saran materi dari guru wali kelas. Setiap materi dipelajari oleh anak-anak secara bergantian dan dilanjutkan dengan penjelasan mekanisme permainan. Permainan yang dilakukan adalah kuis soal terkait materi dalam flashcard. Selama kuis, sebagian besar anak dapat menjawab soal yang diberikan dan sebagian lainnya dapat menjawab soal di kesempatan kedua. Seluruh anak yang dapat menjawab dengan benar mendapatkan hadiah sebagai bentuk apresiasi atas usaha mereka.
ADVERTISEMENT
Program ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi jangka panjang dalam kegiatan belajar mengajar bagi para guru dan siswa di SD Negeri 2 Canan. Dengan demikian, flashcard diberikan kepada guru wali kelas agar dapat digunakan kembali di kelas.
Penyerahan Media Pembelajaran Flashcard kepada Guru Wali Kelas 6 SD Negeri 2 Canan
Selain itu, program ini diharapkan dapat menjadi pengalaman berharga bagi para mahasiswa KKN karena dapat mengaplikasikan ilmu sesuai bidang keilmuan yang didapatkan selama kuliah.