Jumpa Serpihan Suasana Film Tiongkok Sambil Berwisata di Glodok

Mahasiswi Jurnalistik Universitas Padjadjaran
Konten dari Pengguna
25 April 2022 21:49
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Faiza Alimah tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Jumpa Serpihan Suasana Film Tiongkok Sambil Berwisata di Glodok (48671)
zoom-in-whitePerbesar
Salah satu destinasi melancong di Glodok dengan suasana khas Tiongkok. (Foto: Faiza A)
ADVERTISEMENT
Bagi para penikmat film, pasti sudah tidak asing lagi dengan karya-karya sutradara asal Hong Kong, yakni Wong Kar-wai. Film-film garapannya sukses meninggalkan kesan mendalam kepada penonton, sebab sajian visualnya yang khas, ditambah dengan alur cerita yang unik. Karya-karyanya dikenal dengan latar kehidupan warga dewasa-muda di tengah hiruk pikuk daerah suburban Tiongkok, seperti In The Mood For Love yang menceritakan kisah love affair dua orang dewasa di kos-kosan sepetak, Chungking Express yang menceritakan pengejaran cinta seorang penjaga kedai makanan untuk seorang polisi, dan masih banyak film lainnya yang serupa.
ADVERTISEMENT
Latar tempat khas “film Hong Kong” tersebut rupanya dapat ditemukan di daerah Glodok, Jakarta Barat, di mana terdapat sebuah daerah Chinatown dengan berbagai tempat wisata yang wajib dikunjungi para penggemar film yang identik dengan suasana vintage ala Tiongkok dan sekitarnya di tahun 90-an. Berikut rekomendasinya:
Jumpa Serpihan Suasana Film Tiongkok Sambil Berwisata di Glodok (48672)
zoom-in-whitePerbesar
Tampak depan bangunan Pantjoran Tea House, Glodok, Jakarta Barat. (Foto: Faiza A)

“Ngeteh Cantik” di Pantjoran Tea House

Pernahkah terbesit di pikiran Anda bahwa ternyata ada sebuah upacara penyeduhan teh tradisional di Cina? Di Pantjoran Tea House, Anda dapat menyaksikan tradisi untuk menghargai teh yang disebut dengan gong fu cha itu secara langsung. Untuk menikmati teh di sini, Anda hanya perlu memilih jenis teh dengan khasiat yang Anda inginkan, dan penyaji teh akan langsung membuatkan teh tersebut di meja Anda. Tidak perlu khawatir jika bingung memilih jenis teh yang diinginkan, sebab penyaji teh di sini dapat membantu Anda dengan menjelaskan khasiat dari masing-masing varian teh tradisional yang tersedia. Selain “ngeteh cantik”, Anda juga bisa mencicipi hidangan khas Cina yang rasanya enak dan patut pula dicoba.
Jumpa Serpihan Suasana Film Tiongkok Sambil Berwisata di Glodok (48673)
zoom-in-whitePerbesar
Berbagai permen dan cemilan yang dapat ditemukan di Pasar Glodok. (Foto: Faiza A)

Berburu aneka snack khas Tiongkok di Pasar Glodok

ADVERTISEMENT
Selepas kulineran di Pantjoran Tea House, Anda dapat langsung mengeksplor Pasar Glodok yang letaknya tepat di seberang Pantjoran Tea House. Pasar ini berada di dalam gedung dengan nuansa eksterior berwarna biru dan kuning. Jika Anda ingin berburu makanan ringan khas Tiongkok, Anda dapat menelusuri lantai dasar di pasar ini. Aneka permen hingga cemilan bisa ditemukan dengan mudah di sini. Selain makanan, Pasar Glodok juga menyediakan banyak jenis barang yang bisa Anda beli, mulai dari barang elektronik sampai pernak-pernik khas negeri tirai bambu yang lekat dengan nuansa merah.
Jumpa Serpihan Suasana Film Tiongkok Sambil Berwisata di Glodok (48674)
zoom-in-whitePerbesar
Suasana lorong Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat. (Foto: Faiza A)

Telusuri kehidupan pasar ala Chungking Express di Petak Sembilan

Dalam film Chungking Express, kita dapat menyaksikan banyak adegan dua tokoh utama berinteraksi dan bahkan jatuh cinta di daerah pasar tradisional. Pasar Petak Sembilan dapat mengobati rasa penasaran Anda akan suasana dalam film tersebut, sebab, Petak Sembilan merupakan pasar tradisional outdoor yang dipenuhi oleh banyak dagangan khas Cina. Di Petak Sembilan, Anda dapat menemukan makanan-makanan asal Cina seperti bebek peking, cempedak goreng, kuotie, dan lainnya.
Jumpa Serpihan Suasana Film Tiongkok Sambil Berwisata di Glodok (48675)
zoom-in-whitePerbesar
Pintu masuk Vihara Dharma Bhakti di daerah Petak Sembilan. (Foto: Faiza A)

Tengok vihara bersejarah di Glodok: Vihara Dharma Bhakti

ADVERTISEMENT
Vihara Dharma Bhakti merupakan vihara berumur lebih dari 300 tahun yang sampai saat ini masih berdiri di Glodok. Meski merupakan sebuah tempat ibadah, vihara ini membuka aksesnya untuk umum agar pengunjung dapat melihat indahnya vihara bersejarah ini.
Jumpa Serpihan Suasana Film Tiongkok Sambil Berwisata di Glodok (48676)
zoom-in-whitePerbesar
Spot foto yang cantik di bangunan Petak Enam di Chandra.

Hangout seru sambil kulineran di Petak Enam

Area kulineran ini berada di sebuah hall yang letaknya tidak jauh dari Petak Sembilan. Tempat ini menyediakan banyak tenant makanan dan minuman yang umumnya dapat ditemukan di pusat perbelanjaan modern. Namun, tidak sedikit juga tenant yang berasal dari rumah makan lokal atau usaha mikro kelas menengah (UMKM). Pusat kuliner ini memiliki 30 tenant yang menjual berbagai hidangan khas Indonesia bahkan mancanegara, tidak hanya hidangan khas Cina saja, sehingga Anda dapat dengan bebas menelusuri berbagai pilihan kuliner di Petak Enam. Dengan gaya arsitektur khas Cina, Petak Enam berhasil menyatukan sisi tradisional dan modern dalam gedung ini. Selain uang, siapkan juga kamera Anda untuk menangkap foto sudut-sudut dari bangunan yang instagrammable ini.
ADVERTISEMENT
Kelima rekomendasi destinasi melancong di Glodok tersebut dapat Anda sambangi dengan mudah menggunakan transportasi umum seperti kereta commuter line dan TransJakarta, bahkan kendaraan pribadi. Namun, jika ingin lebih leluasa berpetualang di pecinan Jakarta ini, berjalan kaki di sekitar Glodok dapat menjadi pilihan yang tepat. Sebab, kelima destinasi di atas berlokasi di satu area yang sama dan sangat cocok untuk pejalan kaki. Jangan lupa siapkan kamera dan uang saku yang cukup sebelum menyambangi Glodok yang elok. Zàijiàn!
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020