Rendang Burger Adalah Hasil Strategi Glokalisasi

Mahasiswa Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)
Konten dari Pengguna
3 Juli 2022 14:45
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Faizal Effendi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Gerai KFC salah satu yang mampu menerapkan strategi Glokalisasi di Indonesia. Foto: Gambar oleh Denys Vitali dari Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Gerai KFC salah satu yang mampu menerapkan strategi Glokalisasi di Indonesia. Foto: Gambar oleh Denys Vitali dari Pixabay

Pentingnya Strategi Pemasaran

ADVERTISEMENT
Strategi pemasaran begitu banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan seluruh dunia dengan berbagai macam cara. Melihat peluang yang besar untuk melakukan ekspansi produk ke pasar yang lebih luas dan besar, maka strategi pemasaran yang diterapkan harus tepat dan strategis. Tentunya semua perencanaan strategis perlu dipersiapkan dengan baik mulai dari melakukan riset pasar, melihat peluang, melakukan analisis produk dan strategi kompetitor sampai penerapan strategis. Adanya hal ini juga karena aktivitas globalisasi yang awalnya hanya untuk menghadirkan aktivitas komunikasi jarak yang lebih dekat antarnegara untuk menjalin kerja sama melalui teknologi pendukung sampai pada penyerangan dan pengaruh kepada eksistensi budaya lokal. Pengaruh dan penyerangan tersebut tidak semua dapat diterima dengan serta merta.
ADVERTISEMENT

Glokalisasi yang Melokalisasi

Salah satu strategi yang tepat dan banyak diterapkan oleh perusahaan internasional dalam memasarkan produknya lintas negara seperti strategi “Glokalisasi”. Glokalisasi adalah sebuah strategi perusahaan dengan mengadaptasi metode, produk, budaya, layanan bahkan strategi pemasaran agar sesuai dengan pasar setempat. Sederhananya glokalisasi adalah proses penawaran atau masuknya produk global dan kebutuhan konsumen dengan memperhatikan konteks budaya lokal. Produk global tersebut tetap menggunakan global brand yang dimiliki, namun harus melakukan adaptasi sesuai preferensi budaya lokal tertentu. Sehingga, penawaran perusahaan akan lebih menarik bagi konsumen di masing-masing negara dengan memperlihatkan identitas kelokalan produk. Glokalisasi merupakan gabungan dua kata berikut “Globalisasi” dan “Lokalisasi”. Di mana “globalisasi” melibatkan strategi pemasaran ke seluruh dunia dan “lokalisasi” melibatkan adaptasi sesuai kebutuhan lokal atau negara tertentu. Maka dari itu, strategi glokalisasi penting dilakukan untuk ekspansi perusahaan dan memperluas peluang sukses bisnis. Keberhasilan strategi ini berasal dari kepekaan perusahaan dalam melihat selera, kebutuhan, peluang dan memahami kebiasaan konsumen suatu negara.
ADVERTISEMENT

Glokalisasi di Indonesia

  • Keberhasilan KFC di Indonesia ditandai dengan adanya tambahan menu nasi di setiap produk ayam. Hal ini penting, karena orang Indonesia tidak dianggap makan tanpa adanya nasi. Budaya ini yang kemudian dilirik oleh KFC dan diterapkan. Berbeda dengan KFC di negara lain seperti Jepang dan India yang hanya menyediakan kentang sebagai pendamping ayam.
  • Produk steak yang disantap dengan nasi. Tidak bisa lepasnya orang-orang Indonesia dengan nasi menjadikan banyak hal harus disantap bersamaan. Seperti halnya steak yang kita tahu khususnya negara Barat dan Amerika menyantap steak biasanya bersamaan dengan kentang goreng dan beberapa sayuran saja.
  • Batik yang melokal dengan menambahkan logo klub-klub luar negeri sesuai favorit masing-masing individu. Batik memang budaya Indonesia, namun adanya pengaruh dari luar dalam hal sepak bola menciptakan suatu ide yang menarik untuk memadukan kedua hal tersebut tanpa menghilangkan budaya Indonesia dan memiliki nilai bisnis.
  • McDonald’s memberikan paket berbuka puasa kepada konsumen saat bulan Ramadan. Ini merupakan strategi yang lumayan berhasil diterapkan, karena McDonald’s mampu membaca budaya Indonesia saat bulan Ramadan. Banyak masyarakat Indonesia berpuasa dan melakukan buka bersama saat magrib tiba. Hal ini akan menarik animo masyarakat untuk memilih paket berbuka puasa McDonald’s sebagai salah satu opsi bersama keluarga.
  • Burger King menyediakan menu khas Indonesia yaitu Rendang Burger. Salah satu inovasi terbaik yang dimiliki perusahaan tersebut karena memadukan burger dengan rendang yang merupakan masakan khas Padang dan pernah menjadi masakan terenak di Dunia. Hal ini tentu sangat menarik perhatian masyarakat untuk menikmati menu tersebut.
ADVERTISEMENT
Begitulah gambaran dari bagaimana Glokalisasi yang terjadi di Indonesia. Masuknya glokalisasi memiliki peluang besar bagi perusahaan untuk memperkenalkan produk globalnya dengan memperhatikan identitas lokal. Kepekaan tersebut tidak lepas dari riset pasar yang dilakukan, mencari peluang dan kelemahan kompetitor yang tentunya melihat dari preferensi kebutuhan budaya lokal.