kumparan
12 Nov 2018 17:15 WIB

Jarviz Build Lv 60 - Zero DEX Biar Greget!

Hunter AD atau ADL terlalu biasa buat saya. Coba main hunter tanpa DEX. Greget kan?
Hunter merupakan salah satu karakter favorit di Ragnarok Mobile (ROM) Eternal Love. Selain memiliki kecepatan AGI tinggi, hunter juga bertahan hidup dengan DEX yang pukulannya lumayan sakit.
ADVERTISEMENT
Gravindo sendiri di awal menyarankan ada tiga jenis build hunter yang cukup populer di Ragnarok Mobile.
  • BEAST - Hunter tipe beast ini mengandalkan 112 INT dan 112 DEX dalam hidupnya. Dengan skill andalan Falcon Assault serta Beastmatery, tipe ini mampu menghajar monster dengan sekejap.
  • DPS - (Damage Per Second) adalah tipe yang berfokus pada 99 AGI, 99 DEX, serta 65 LUK . Nama lain dari build ini adalah Hunter ADL (AGI DEX LUK). Sebagai informasi ini adalah tipe hunter yang paling banyak digunakan orang-orang. Karena pada dasarnya ini adalah karakter hybrid terkuat. Bisa PVP, MVP, maupun PVE.
  • TRAP - Build ketiga ini dinamakan trap. Entah apa asiknya, namun hunter tipe ini mengandalkan 112 INT dan 112 DEX juga seperti tipe beast. Bedanya skill buildnya berfokus pada trap. Tiga trap andalannya adalah claymore trap, frost trap, dan ankle snare. Dalam WOE nanti ini adalah tipe paling banyak dibutuhkan sebagai sebuah tim.
ADVERTISEMENT
Ketiga build di atas menurut saya terlalu biasa. ROM adalah sebuah game yang membutuhkan presestensi dan determinasi luar biasa di hape. Kita musti betah menyalakan hape berlama-lama untuk leveling. Terutama untuk seorang hunter yang gemar bersolo karir.
Banyak jalan menuju roma. Banyak build digunakan untuk menuju level akhir yang semuanya rata-rata pengen menjadi DPS Hunter. Namun cara yang ditempuh pasti lain-lain.
Ada yang fokusnya nge-gedein burung --eh-- maksudnya LUK, ada yang full DEX, ada yang full AGI juga. Tidak ada yang salah. Yang penting fun.
Di sini saya akan sharing mengenai build yang saya bikin hingga mencapai level 60 dalam 2 minggu. Coba perhatikan stat build berikut ini.
ADVERTISEMENT
*LOL 0 DEX? Yang Bener Mas?
Betul. Saya memang tidak menaikan DEX. Loh kenapa? Ada yang salah? Bukannya seorang hunter itu ultimate skillnya di DEX. Mungkin benar bagi yang mengandalkan build DPS AGI/DEX.
Cuman coba dipikir. Hunter AGI/DEX yang sukses itu itemnya mahal bos. Saya sendiri pernah menjadi AGI/DEX di level 30-50. Terakhir Damage panah saya (Falcon Bild +4) rata-rata mencapai 1,000. Serem sih emang (awalnya). Tapi efeknya kita jadi nafsu ngejar item bagus. Item bagus itu mahal dan butuh banyak zeny (nama mata uang virtual di Ragnarok). Akhirnya saya jadi sultan deh tiap hari beli zeny untuk upgrade.
Sampai akhirnya saya mikir. Wait..im a player not a payer, wah udah ga sehat nih, dalam 2 minggu bisa habis Rp 1 Juta buat beli Zeny. Trial and error , eksperimen ini itu. Ini mah gila.
ADVERTISEMENT
Akhirnya saya melakukan riset dan meditasi serta perenungan selama dua hari. Saya pikir ini bisa jadi solusi biar tetep bisa main happy tapi ga nguras kantong. Solusi pun keluar.
  1. AGI full terus sampai 70. Aspd is everything. Makin cepat Aspd, makin cepet keluar Falcon kita.
  2. DEX tidak perlu naik karena by default, DEX hunter itu udah 63. Lumayan loh.
  3. LUK musti di angka 56 kalau dalam sekali serang monster mid-high, Falconnya keluar sebanyak 3-4 kali.
  4. Di level 60 INT saya emang masih kecil. Nah dari lv 60-70 (sebelum jadi hunter). Plan saya akan hajar full INT. Setelah saya hitung ternyata +9 INT = 250 Atk. Hitung sendiri di level 70 nanti.
  5. Ini adalah stat build ekonomis yang damagenya bisa ngalahin damage DEX hunter. Ingat falcon itu elemental. Jadi semua monster yang disamber falcon angkanya sama.
ADVERTISEMENT
Tapi buat yang imannya tidak cukup kuat dan sabar, saya tidak menyarankan untuk mengikuti build ini. Bayangin bos hunt archer dengan DEX 0 itu ibarat neraka. Susah di awal, namun enak di akhir.
Terus Skill Andalannya Apa Nih?
Falcon Assault (FA). Itu aja. Cukup pasang Falcon assault di kolom auto plus dengan Aspd default yang tinggi hasilnya adalah Hunter dengan Aspd tinggi (222%) panahnya kenceng, FA jalan terus sampai SP habis. Kalaupun SP habis, kecepatan panah tetap bisa menutupi kekurangan build ini.
Wah! berarti boros SP dong. Ya memang sih. Tidak ada yang sempurna. INT kecil pasti SP bocor-bocor. Tapi tenang saya sudah menyiapkan jawaban bagi yang pengen hijrah mengikuti build ini tapi masih mikir SP bocor.
ADVERTISEMENT
Sampeyan tau formula penghitungan SP di Ragnarok? Berdasar data iRO berikut penghitungannya.
SP regen happens every 4 seconds while sitting and every 8 seconds while standing or walking. The skill Magnificat halves these times. Being in a fort owned by the player's guild doubles SP regen.
var SPR = 1;
SPR += Math.floor( MAX_SP / 100 );
SPR += Math.floor( INT / 6 );
SPR = Math.floor( SPR * (1 + SPR_MOD * 0.01) );
if (INT >= 120) {
 SPR += 4;
 SPR += Math.floor(INT / 2 - 60);
}
SPR_MOD : Sum of modifiers
Base value of 1. Then +1 for every 100 SP and +1 for every 6 INT. Increase by modifiers. Finally, if INT is at least 120, +4 and another +1 for every 2 INT above 120.
Note: Prior to renewal, modifiers were applied as the final step in the calculations. Thus, high-INT characters currently recover less SP over time than their pre-renewal counterparts.
Intinya apa? Jangan terlalu khawatir SP bocor. Diemin aja juga naik sendiri kalau INT udah di atas 30. Kalau tak cukup sabar sampeyan bisa duduk. SP regen bakal cepet pulih dengan duduk kok.
Seperti inilah penampakannya.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan