kumparan
8 Des 2018 8:48 WIB

LordJarviz Hybrid DPS/Tanker Build - Part 1

"Ngapain sih sih jadi knight? Cuman jadi samsak tau!"
Prologue
ADVERTISEMENT
"Ngapain sih sih jadi knight? Cuman jadi samsak tau!" , ujar seorang teman satu guild ketika saya sedang PVP. Teman saya ini seorang hitters. Maklum buat hiters (tugas karakter yang mengeksekusi damage besar dalam Ragnarok) damage adalah Tuhan Yang Masa Esa. Mereka memang tidak berfokus ke defense.
Tapi buat kami yang membangun stat di atas VIT, defense adalah yang utama. Nah, apa jadinya kalau kita punya karakter yang super tank (VIT 99) dan serangannya pun masuk kategori DPS (STR 99). Jawabannya adalah artikel ini.
Kalau nanti memang udah jadi dengan full equip, teman saya ini akan merasakan sakit yang luar biasa ketika ditusuk oleh 'sebuah samsak yang mengendarai Peco-Peco'.
Kenapa sih milih karakter Knight?
ADVERTISEMENT
Sederhana saja. Knight adalah karakter pertama saya ketika mengenal Ragnarok Online saat SMA. Saya ingin kembali bernostalgia dengan karakter yang memiliki HP terbesar di game ini. Knight juga memiliki tunggangan semacam burung dodo bermuka bego namanya Peco-Peco (saya sebut saja Pekok ---goblok dalam bahasa Jawa).
Tipe Pedang atau Spear?
Kali ini saya jatuh cinta pada spear. Pedang udah banyak yang bikin. Sebagai seorang pemegang tombak kita cuma harus fokus ke skill Spear Mastery dan Pierce ketike menjadi Knight. Damage Spear juga cukup sakit loh! Karakter Spear lebih lambat dari pedang yang memiliki Aspd lebih cepat.
Kelemahan Spear itu apa?
Boros SP. Serangan spear akan jadi sangat lemah dan geli-geli jika tidak dipasangkan dengan skill Pierce. Seorang knight spear wajib mengambil pierce jika hunting ingin terasa enteng. Skill lain? Itu sifatnya hanya tambahan di level-level awal. Senjata yang wajib diperjuangan adalah membeli sebuah Halberd. Jenis tombak ini memiliki skill pengurangn SP hingga -50%.
ADVERTISEMENT
Kelebihan Spear itu apa?
  • Damage Melee terbesar (rata-rata Patk mencapai 200 by default)
  • BIsa DPS Dengan skill Pierce untuk monster tipe large 3 hit dalam sekali tusuk
  • Investment item lebih murah dari sword
Stat Buildnya Gimana ?
(maaf agak kurang jelas .gif nya ga tau apa yang salah nih. Mungkin jelasnya simak calc. stat di bawah ini)
Summary
Gimana udah paham sekilas hybrid build yang saya jalani di atas? At the end of day, saya hanya mau menyindir mereka-mereka yang sukanya bilang begini. "Ngapain sih jadi knight? Cuman jadi samsak tau?"
Silakan dijajal samsak yang nanti kalau udah jadi bisa nembus Damage di atas 10k waktu PVP atau PVE.
ADVERTISEMENT
...bersambung part 2 (item, rune, grinding, ET, PVP)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan