Pendampingan Sistem Pembayaran Berbasis QRIS Pada UMKM

Fatchur rozy
Mahasiswa D-4 Manajemen & Administrasi Logistik Universitas Diponegoro
Konten dari Pengguna
9 Februari 2024 2:12 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Fatchur rozy tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Desa Majalangu, sebuah perpaduan keindahan alam dan keberagaman budaya, kini tidak hanya menjadi destinasi pariwisata yang menarik tetapi juga tengah mengalami perkembangan ekonomi melalui Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Salah satu langkah krusial dalam mendukung pertumbuhan UMKM di desa ini adalah dengan menerapkan sistem pembayaran berbasis QRIS (Quick Response Code for Indonesian Standard).
poster manfaat pentingnya penggunaan QRIS untuk sistem pembayaran
Pendampingan ini mencakup pelatihan tentang penggunaan teknologi QRIS, pemahaman transaksi elektronik, dan manfaat keamanan yang terkait. Selain itu, UMKM diberikan panduan terkait pemasaran digital untuk meningkatkan visibilitas produk dan layanan mereka.
ADVERTISEMENT
Salah satu UMKM yang berminat menggunakan sistem pembayaran dengan metode QRIS yaitu usaha konveksi dari Bapak Suwarno dikarenakan kebanyakan costumernya memiliki M-banking sebagai pembayaran melalui transfer.
Penyerahan luaran program berupa poster
Dengan terlaksananya program sistem pembayaran berbasis QRIS pada UMKM di Majalangu, Watukumpul, Tim I KKN Undip 2023/2024 berharap bahwa UMKM bisa menerapkan sistem pembayaran berbasis QRIS dikarenakan dapat memudahkan penjual maupun pembeli dalam melakukan pembayaran serta pembukuan usahanya.
Penulis: Fatchur Rozy
DPL: Marwini S.H.I., M.A., M.S.I.