Tentang KamiPedoman Media SiberKetentuan & Kebijakan PrivasiPanduan KomunitasPeringkat PenulisCara Menulis di kumparanInformasi Kerja SamaBantuanIklanKarir
2024 © PT Dynamo Media Network
Version 1.87.1
Konten dari Pengguna
KKN Undip Sumber Surakarta: Kartu Asyik Tingkatkan Minat Belajar Bahasa Inggris
19 Agustus 2024 16:03 WIB
·
waktu baca 2 menitTulisan dari Fatma Rosa Maulida tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Surakarta (18 Agustus 2024) – Mahasiswa KKN Undip menginisiasi program kreatif untuk meningkatkan minat belajar bahasa Inggris anak-anak di lingkungan RW 01, Kelurahan Sumber. Melalui permainan kartu teka-teki bergambar, anak-anak diajak untuk memperkaya kosakata bahasa Inggris mereka secara menyenangkan.
ADVERTISEMENT
Ide ini muncul dari pengamatan bahwa minat belajar bahasa Inggris di kalangan anak-anak di wilayah tersebut masih rendah. Untuk mengatasi hal ini, mahasiswa jurusan Sastra Inggris, Fatma Rosa Maulida, yang tergabung dalam Tim II KKN Undip di Kelurahan Sumber mengembangkan permainan kartu teka-teki yang menggabungkan unsur edukasi dan hiburan.
Permainan ini dirancang dengan konsep yang sederhana namun efektif. Kartu-kartu berisi gambar-gambar yang mewakili berbagai kategori seperti hewan, transportasi, benda, dan makanan. Setiap kartu dilengkapi dengan teka-teki sederhana dalam bahasa Inggris yang harus dipecahkan oleh pemain.
"Dengan cara ini, anak-anak belajar sambil bermain. Mereka tidak hanya menghafal kata-kata, tetapi juga melatih kemampuan berpikir kritis untuk memecahkan teka-teki," jelas Fatma.
Anak-anak sangat antusias
Antusiasme anak-anak terhadap permainan ini sangat tinggi. Awalnya, hanya beberapa anak yang tertarik untuk ikut bermain. Namun, seiring berjalannya waktu, jumlah peserta terus bertambah. Hal ini menunjukkan bahwa permainan kartu teka-teki ini berhasil menarik minat anak-anak untuk belajar bahasa Inggris.
ADVERTISEMENT
Selain itu, program ini juga berhasil meningkatkan rasa ingin tahu dan aktifitas anak-anak dalam bertanya. Mereka semakin tertarik untuk mempelajari kata-kata baru dan melatih pengucapannya. Bahkan, banyak anak yang berhasil menebak ejaan kata dengan benar setelah mendengar pengucapan yang diberikan.
Program ini membuktikan bahwa pembelajaran bahasa Inggris dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan efektif. Dengan metode yang tepat, anak-anak dapat belajar dengan mudah dan tanpa merasa terbebani.
Keberhasilan program ini membuktikan bahwa pembelajaran bahasa Inggris dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan efektif. Pendekatan melalui permainan tidak hanya membuat anak-anak lebih antusias, tetapi juga meningkatkan pemahaman mereka terhadap kosakata baru. Inovasi permainan kartu teka-teki ini menjadi contoh nyata bahwa dengan sedikit kreativitas, kita dapat menciptakan metode pembelajaran yang menarik dan berdampak bagi generasi muda.
ADVERTISEMENT