Tips Agar Tidak Kecanduan Handphone di Usia Muda

Fedia Alkautsar
Mahasiswi Desain Produk Universitas Pembangunan Jaya
Konten dari Pengguna
1 September 2023 14:54 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Fedia Alkautsar tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Sumber : Dokumen Pribadi
zoom-in-whitePerbesar
Sumber : Dokumen Pribadi
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Seiring berkembangnya zaman, handphone menjadi barang yang sering digunakan oleh banyak orang. Bisa dibilang sebagian besar kalangan mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa pasti memiliki handphone. Handphone memiliki banyak pengaruh bagi kehidupan kita. Entah untuk kebutuhan sekolah, kerja, berkomunikasi, membaca berita dan lain sebagainya. Remaja saat ini tentunya banyak yang menggunakan handphone. Handphone akan memiliki manfaat yang baik jika para remaja menggunakan handphone tersebut dengan benar. Tentunya baik atau buruk tergantung pada pengguna handphone itu sendiri. Berikut merupakan beberapa pengaruh positif dan juga pengaruh negatif handphone bagi remaja :
ADVERTISEMENT
Pengaruh Positif
Sumber : Dokumen Pribadi
Memudahkan dalam mencari referensi untuk keperluan kerja atau tugas, mempermudah dalam berkomunikasi atau berinteraksi dengan kerabat, menjadi sumber bisnis misalnya seperti berjualan online, menjadi sumber hiburan untuk melepas penat dengan cara menonton film atau mendengarkan musik dan lain sebagainya.
Pengaruh Negatif
Kecanduan bermain gim pada anak yang dapat merusak konsentrasi, bermain sosial media hingga lupa waktu sehingga mengakibatkan sering begadang atau susah tidur, banyak berita hoax yang bermunculan, akan menimbulkan rasa malas dan sebagainya.
Selain pengaruh positif dan negatif handphone bagi remaja, berikut merupakan tips agar tidak kecanduan bermain handphone di masa muda :
Hindari Bermain Handphone Sampai Larut Malam
Sumber : Dokumen Pribadi
Agar tidak menimbulkan kecanduan bermain handphone. Cara pertama yang bisa kalian lakukan, yaitu, hindari bermain handphone sampai larut malam. Usahakan satu jam sebelum tidur kalian tidak bermain handphone, jika sebelum tidur tetap bermain handphone biasanya rasa ngantuk akan berkurang. Hal tersebut membuat kita tidak bisa tertidur hingga ujung-ujungnya bedagang.
ADVERTISEMENT
Jangan Bermain Handphone Ketika sedang Belajar
Sumber : Dokumen Pribadi
Cara yang kedua, yaitu, jangan bermain handphone ketika sedang belajar. Ketika kita sedang belajar tentu saja membutuhkan waktu untuk bisa fokus dalam mengerjakan sesuatu, bermain handphone ketika sedang belajar hanya akan membagi fokus diri kamu kepada dua hal sehingga belajar menjadi kurang optimal.
Batasi Waktu Bermain Gim
Siapa anak muda yang suka bermain gim? Tentu saja kebanyakan anak muda di zaman sekarang pasti menyukai bermain gim pada handphone mereka. Perlu diingat, bermain gim tentu saja diperbolehkan, asal ketika bermain gim tidak berlebihan. Kalian bisa membatasi waktu bermain gim dalam sehari supaya lebih terkontrol dan terjadwal.
Isi Waktu Luang dengan Hobi Anda
Sumber : Dokumen Pribadi
Jika anda memiliki waktu yang cukup luang, usahakan untuk tidak bermain handphone. Cobalah untuk mengisi waktu tersebut dengan hobi yang anda miliki. Misalnya, anda bisa mengisi waktu luang dengan menggambar, memasak dan kegiatan positif lainnya.
ADVERTISEMENT
Pergi ke Luar Rumah untuk Refreshing
Sumber : Dokumen Pribadi
Nah, jika kamu bosan melakukan hobi, kamu bisa mencoba untuk pergi refreshing ke luar rumah. Misalnya, kamu bisa pergi jalan-jalan bersama teman atau kerabat, melakukan olahraga seperti jogging, bulu tangkis, tenis dan sebagainya.
Sekian pembahasan mengenai tips agar tidak kecanduan handphone di usia muda. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencoba berbagai macam tips di atas? Tentunya, ada banyak cara supaya kamu tidak kecanduan handphone di usia muda. Yuk, isi hari mu dengan kegiatan yang positif.