Mengeksplorasi Bahasa Indonesia Timur Melalui Lagu Daerah Angin Mamiri

Mahasiswa Prodi S1 Akuntansi Universitas Pamulang
Konten dari Pengguna
6 Juli 2022 14:44
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Fena Septia Fabrianti tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Lagu adalah bagian penting bagi sebuah daerah untuk mengekspresikan budaya. Melalui lagu, kita dapat memperkenalkan ekspresi masyarakat melalui irama dan nada-nada yang indah. Untuk itulah, setiap daerah pasti memiliki lagu daerahnya masing-masing.
ADVERTISEMENT
Lagu-lagu daerah yang banyak populer di nusantara adalah dari Indonesia Timur. Banyak sekali lagu yang kita kenal berasal dari kawasan ini, salah satunya adalah lagu yang berjudul Angin Mamiri. Lagu ini memiliki makna yang dalam tentang kerinduan kepada seorang kekasih.
Kekayaan Lagu Daerah Indonesia Timur
www.istockphoto.com
zoom-in-whitePerbesar
www.istockphoto.com
Kawasan ini meliputi Papua, Kepulauan Maluku, Kepulauan Nusa Tenggara dan juga Sulawesi.
Pada masa pemerintahan Hindia Belanda, kawasan tersebut pernah menjadi satu wilayah pemerintahan provinsi, yang disebut dengan Timur Raya. Pada awalnya wilayah ini memiliki ibu kota yang dipusatkan di kota Makassar.
Wilayah Indonesia Timur sangat kaya akan lagu daerahnya. Bahkan beberapa lagu daerah dari kawasan ini dikenal secara nasional seperti lagu yang berjudul Angin Mamiri. Tentu saja, sebagai warga negara Indonesia pastinya kita pernah mendengar lagu tersebut, bukan?
ADVERTISEMENT
Bukan hanya itu, masih banyak lagi lagu-lagu lain yang sangat populer. Tema lagu daerah dari Indonesia Timur ini cukup beragam, mulai dari semangat, kerinduan, cinta hingga lagu yang menceritakan tentang alam.
Dalam setiap syair bahasa lagu yang ditulis juga mengandung makna yang dalam. Setiap lagunya disusun dengan bahasa yang mudah dipahami. Tidak heran jika lagu-lagu daerah Indonesia Timur sangat menyentuh hati ketika didengarkan.
Selain lagu Angin Mamiri yang akan kita bahas, Indonesia Timur juga mempunyai lagu-lagu lain yang populer. Lagu tersebut antara lain adalah Sajang Rennu, Ati Raja, Pakarena, Alosi Ri Polo, Balo Lipa dan lain sebagainya.
Eksplorasi Bahasa dan Syair Lagu Angin Mamiri
Salah satu lagu yang berasal dari Indonesia Timur adalah berjudul Angin Mamiri. Lagu ini merupakan lagu tradisional yang dinyanyikan oleh suku Bugis di Makassar, Sulawesi Selatan. Lagu ini memiliki makna yang sangat dalam jika kita eksplorasi dari sisi bahasanya.
ADVERTISEMENT
Lirik lagu Angin Mamiri adalah seperti demikian;
Angin mamiri ku pasang
Pitujui tongtongana
Tusarua takkan lupa
Eaule na mangu rangi
Tutenaya, tutenaya parisina
Batumi angin mamiri
Angin ngerang dingin-dingin
Nama lonta sari kuku
Eaule na mangu rangi
Matolorang, matolorang jenemato
Lagu ini bercerita tentang seseorang yang menyimpan kerinduan kepada seorang kekasih yang jauh berada. Dia tidak bisa menyembunyikan kerinduannya yang begitu dalam dan menyebabkannya melantunkan syair kerinduan di ujung jendela.
Dia meminta kiranya angin dapat menyampaikan kerinduannya pada sang kekasih yang jauh di sana. Tak lama kemudian, ternyata sang kekasih yang dirindukan itu tiba pulang dari perantauan. Kini, istilah Angin Mamiri menjadi simbol kerinduan dan cinta yang dalam.
Lagu ini telah dibawakan oleh banyak penyanyi di Indonesia, yang paling terkenal saat dibawakan oleh penyanyi lokal Nurdin Taqwa, Arshita P. Aziz dan juga Iwan Tompo.
ADVERTISEMENT
Kesimpulan
Indonesia Timur sangat kaya dengan ragam lagu daerahnya. Tidak sedikit lagu-lagu daerah dari Timur yang sangat populer di Indonesia. Bahasa dan syair yang digunakan dalam setiap lagu juga memiliki makna yang menyentuh hati. Terlebih ketika dibawakan dengan penghayatan maka lagu-lagu tersebut semakin indah untuk didengar.
Kekayaan dan ragam lagu tersebut tentu saja menjadi bagian dan bentuk ekspresi warga Timur. Mereka bercerita tentang alam, cinta dan pengorbanan. Nah, Anda sendiri lagu apa yang disukai dari Indonesia Timur?
editor-avatar-0
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020