Bisnis
·
21 November 2020 16:04

UMKM Perekonomian Indonesia Yang Mengalami Inflasi Di Masa Pandemi Covid-19

Konten ini diproduksi oleh Ferdiansyah Septiano
Adanya pandemi Covid-19 membuat aktivitas perekonomian terganggu, dan berdampak pada banyaknya perusahaan yang tidak dapat melakukan aktivitas ekonomi seperti biasa.
ADVERTISEMENT
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu yang terkena dampak negatif dari pandemi Covid-19 ini. Para pelaku UMKM di Indonesia saat ini resah karena semakin lama usaha mereka semakin menurun dikarenakan Covid-19 yang belum berhenti sampai saat ini. Hal ini disebabkan karena aktivitas masyarakat di luar ruangan dibatasi karena adanya covid-19 yang mengharuskan masyarakat indonesia untuk tetap berada di rumah masing masing.
Maka dari itu para pelaku UMKM merasa kesulitan dalam memenuhi kebutuhan operasional produksinya .
Salah satu cara yang diambil oleh pemerintah yaitu dengan memberikan subsidi bunga dan melakukan penundaan pembayaraan cicilan pokok UMKM .
Selain itu, penggunaan beragam platform digital juga sangat membantu keberadaan UMKM dimasa sulit seperti pandemi saat ini. UMKM perlu untuk mengoptimalkan penggunaan platform digital khususnya disaat pandemi seperti ini. Mengingat saat ini semua hal dapat dimudahkan dengan teknologi.Bahkan saat ini UMKM juga dapat menggunakan teknologi sebagai sarana prasarana di saaat pandemi covid-19 ini.
ADVERTISEMENT
Selain pada UMKM, adanya pandemi Covid-19 ini akan berdampak pada terjadinya inflasi di beberapa daerah. Seperti yang kita ketahui bahwa inflasi merupakan suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus (continue), kenaikan harga dari satu atau dua barang saja tidak dapat disebut inflasi kecuali bila kenaikan itu meluas (atau mengakibatkan kenaikan harga) pada barang lainnya.
Pada umumnya inflasi terjadi ketika jumlah uang yang beredar di masyarakat lebih banyak daripada yang dibutuhkan. Jika sudah terjadi seperti itu maka Bank sentral dapat mengambil keputusan untuk mengurangi uang yang beredar dengan jalan menetapkan persediaan uang yang beredar dan menetapkan persediaan uang kas pada bank-bank.
Dalam upaya pengendalian yang dilakukan pemerintah melakukan pengendalian harga akan . Bagaimana caranya? yaitu melalui penguatan perlindungan sosial serta dukungan terhadap sektor UMKM.Pemerintah daerah pun diharapkan dapat memperkuat kebijakan pemerintah pusat dengan mempercepat realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), terutama belanja bantuan sosial (bansos) dan belanja modal yang mendukung pemulihan ekonomi termasuk sektor UMKM.
ADVERTISEMENT
Oleh: Ferdiansyah Septiano/Mahasiswa Pendidikan Manajemen 2020 Universitas Muhammadiyah Malang
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white