Opini & Cerita
·
28 Juli 2019 17:28

5 Rekomendasi Kuliner Halal di Sekitar Pasar Besar, Malang

Konten ini diproduksi oleh Fery Arifian
5 Rekomendasi Kuliner Halal di Sekitar Pasar Besar, Malang (206918)
Beberapa menu Doan Restaurant Malang (Foto: Fery Arifian)
Selain berburu pakaian, peralatan rumah tangga, dan jadi tujuan wisata belanja murah meriah, kawasan sekitar Pasar Besar Kota Malang juga menjadi andalan wisatawan untuk berburu kuliner. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya pilihan tempat kuliner yang tersebar di setiap penjuru daerah Pasar Besar Malang.
ADVERTISEMENT
Salah satunya adalah beberapa pilihan kuliner halal. Sebagai negara yang mayoritas berpenduduk muslim, tentu kuliner atau masakan halal menjadi prioritas wisatawan sebelum menyantap makanan. Selain karena memakan makanan halal memang diwajibkan bagi setiap muslim, makanan halal pun juga memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh.
Nah, kali ini saya akan memberikan beberapa rekomendasi kuliner halal yang ada di sekitar daerah Pasar Besar Kota Malang. Kira-kira apa saja 5 rekomendasi kuliner halal tersebut? Yuk, simak ulasan berikut.
  1. Doan Restaurant
5 Rekomendasi Kuliner Halal di Sekitar Pasar Besar, Malang (206919)
Suasana Doan Restaurant Malang (Foto: Fery Arifian)
Menyajikan berbagai olahan masakan Timur Tengah, Doan Restaurant bisa menjadi salah satu pilihan jika ingin menyantap makanan halal khas Timur Tengah. Doan Restaurant menyajikan berbagai olahan menu Timur Tengah seperti Nasi Mandhi, Kebab, Nasi Bukhari, Nasi Zurbiyan, Mugalga, Salad Arab, Sambusa Daging, Roti Maryam, dan lain-lain.
5 Rekomendasi Kuliner Halal di Sekitar Pasar Besar, Malang (206920)
Nasi Mandhi Kambing (Foto: Fery Arifian)
Resto ini berlokasi di Jl. Kapten Piere Tendean No.8 C, Kasin, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Buka setiap hari dari pukul 09.00 hingga 22.00. Harga menu yang ditawarkan memang sedikit pricey, mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 1.150.000.
ADVERTISEMENT
Namun, harga tersebut bisa disesuaikan dengan pesanan yang pengunjung inginkan, dan dengan kisaran harga tersebut pengunjung tidak akan kecewa karena bahan-bahan yang digunakan pun juga berkualitas seperti daging kambing dan rempah-rempah khas yang menambah cita rasa makanannya.
5 Rekomendasi Kuliner Halal di Sekitar Pasar Besar, Malang (206921)
Nasi Zurbiyan Ayam (Foto: Fery Arifian)
Pengunjung bisa memesan beberapa menu seperti Nasi Mandhi dan Nasi Zurbiyan dengan pilihan daging kambing ataupun ayam. Dan bisa menyesuaikan porsi yang ingin dipesan seperti 1 porsi, 1/4 ekor, 1/2 ekor, atau 1 ekor utuh. Nuansa Timur Tengah pun juga bisa dirasakan di resto ini, mulai dari ornamen, tempat duduk lesehan, dan lantunan ayat-ayat suci Alquran.
  1. Rumah Makan Cairo
5 Rekomendasi Kuliner Halal di Sekitar Pasar Besar, Malang (206922)
Suasana Rumah Makan Cairo (Foto: Fery Arifian)
Berada di sebelah barat Doan Restaurant, rumah makan yang sudah ada sejak tahun 1953 ini termasuk salah satu kuliner legendaris yang berada di sekitar Pasar Besar Malang. Lokasinya berada di Jl. Kapten Piere Tendean No.1, Kasin, Kecamatan Klojen, Kota Malang, daerah ini biasanya terkenal dengan Embong Arab. Yang mana pada zaman kolonial Belanda dulu, daerah ini memang sudah menjadi pemukiman warga Arab dan Timur Tengah.
5 Rekomendasi Kuliner Halal di Sekitar Pasar Besar, Malang (206923)
Nasi Rames Rumah Makan Cairo (Foto: Fery Arifian)
5 Rekomendasi Kuliner Halal di Sekitar Pasar Besar, Malang (206924)
Nasi Goreng Kambing 'Cairo' (Foto: Fery Arifian)
Buka setiap hari mulai pukul 08.00 - 22.00 (kecuali Jumat, buka pukul 13.00 - 22.00), pengunjung bisa memesan beberapa menu makanan khas Timur Tengah seperti Nasi Goreng Kambing 'Cairo', Nasi Rames, Nasi Marak, Nasi Samin, Sate dan Gulai Kambing. Di sini pun juga menjual martabak dengan daging kambing.
ADVERTISEMENT
Tenang saja, olahan daging kambing di sini dijamin bertekstur lembut dan tak berbau. Harga menu yang ditawarkan di Rumah Makan Cairo berkisar dari Rp 5.000 - sampai Rp 50.000 saja.
  1. Indian Resto
5 Rekomendasi Kuliner Halal di Sekitar Pasar Besar, Malang (206925)
Suasana Indian Resto (Foto: Fery Arifian)
Tak jauh dari Rumah Makan Cairo, ada sebuah resto yang juga menyajikan masakan halal khas Timur Tengah dan India, yaitu Indian Resto. Berlokasi di Jl. Yulius Usman No.22, Kasin, Kecamatan Klojen, Kota Malang, resto yang baru buka di tahun 2018 ini menyajikan masakan khas India yang wajib kamu coba. Resto ini buka setiap hari mulai pukul 11.00 hingga 22.00.
5 Rekomendasi Kuliner Halal di Sekitar Pasar Besar, Malang (206926)
Menu Indian Thali (Foto: Fery Arifian)
Resto ini didirikan oleh sepasang suami istri keturunan Pakistan dan Arab, sehingga masakan khas Timur Tengah menjadi andalan di resto ini. Namun, ada menu baru yang harus dicoba saat berkunjung ke resto ini, yaitu Indian Thali, masakan khas Indian yang disajikan di atas sebuah piring besar atau nampan. Berisi Roti Prata, Chicken Curry, Daal, Chutney, dan Alu Kima. Pengunjung pun bisa memesan nasi sebagai pengganti Roti Prata.
5 Rekomendasi Kuliner Halal di Sekitar Pasar Besar, Malang (206927)
Kulfi Ice Cream (Foto: Fery Arifian)
Selain Indian Thali, ada juga olahan minuman Kulhi Shake dan Kulfi Ice Cream yang merupakan dessert atau makanan penutup tradisional India dan terbuat dari susu sapi dan dicampur dengan kacang dan rempah-rempah. Beberapa bahan dan bumbu yang digunakan langsung didatangkan dari Timur Tengah, dan dijamin halal. Harga yang ditawarkan resto ini juga relatif terjangkau, mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 45.000 saja.
ADVERTISEMENT
  1. Martabak Agung
5 Rekomendasi Kuliner Halal di Sekitar Pasar Besar, Malang (206928)
Martabak Agung tampak depan (Foto: Fery Arifian)
Satu lagi resto yang menyediakan olahan daging kambing dan berlokasi di sekitar Pasar Besar Kota Malang, yaitu Martabak Agung. Lokasinya berada di Jl. Merdeka Timur No.2F, Kiduldalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang, dan buka setiap hari dari pukul 09.00-21.00. Martabak Agung keberadaannya mulai tersohor sejak tahun 90-an. Tak heran jika tempat ini selalu ramai dan tak pernah sepi.
5 Rekomendasi Kuliner Halal di Sekitar Pasar Besar, Malang (206929)
Nasi Briyani Kambing (Foto: Fery Arifian)
5 Rekomendasi Kuliner Halal di Sekitar Pasar Besar, Malang (206930)
Martabak Agung (Foto: Fery Arifian)
Martabak Agung menyajikan beberapa pilihan martabak yang bisa dipesan, mulai dari martabak biasa, malvinas, special, superior hingga bintang lima. Martabak dengan menggunakan bahan daging kambing ini wajib dicoba karena tekstur dagingnya begitu lembut dan tidak berbau.
Selain martabak, pengunjung juga bisa memesan menu lain seperti masakan Timur Tengah dan masakan Jawa. Harga yang ditawarkan di tempat ini mulai dari Rp 5.000-35.000.
ADVERTISEMENT
  1. Warung Sate & Gule Kambing Bang Saleh
5 Rekomendasi Kuliner Halal di Sekitar Pasar Besar, Malang (206931)
Warung Sate Gule Bang Saleh (Foto: Fery Arifian)
Berlokasi di Jalan Ade Irma Suryani No.42, Kauman, Kecamatan Klojen, Kota Malang, warung sate ini ternyata sudah berdiri sejak 1970-an. Warung Sate & Gule Kambing Bang Saleh memang terlihat sederhana tampak depan, namun jangan salah jika warung satu ini selalu ramai dan tak pernah sepi dari pengunjung. Bahkan menjadi rujukan favorit para wisatawan dan pejabat daerah dari berbagai kota.
5 Rekomendasi Kuliner Halal di Sekitar Pasar Besar, Malang (206932)
Suasana Warung Sate Gule Bang Saleh (Foto: Fery Arifian)
5 Rekomendasi Kuliner Halal di Sekitar Pasar Besar, Malang (206933)
Sate Kambing Bang Saleh (Foto: Fery Arifian)
Yang menjadi andalan di sini adalah sate kambingnya yang lezat dan memiliki tekstur yang mudah dicerna. Daging kambingnya diolah sedemikian rupa hingga tak berbau dan lebih terasa bumbunya. Pengunjung bisa memesan sate kambing dengan atau tanpa lemak, ada juga menu gulai kambing. Harga untuk satu porsi sate kambing mulai dari Rp 35.000 hingga Rp 40.000 untuk 10 tusuk sate.
ADVERTISEMENT
Selain menu sate dan gulai kambing, menu lain yang wajib dicicipi antara lain gulai kambing kacang ijo, sop kaki kambing, kambing goreng, nasi kebuli, nasi gulai, dan nasi sop kaki kambing.
Itu tadi beberapa rekomendasi kuliner halal yang bisa dicoba dan dicicipi di sekitar Pasar Besar Malang. Pastikan kamu mengunjungi beberapa tempat di atas bersama keluarga, teman, ataupun saudara. Kira-kira tempat mana yang ingin kamu kunjungi? Share di kolom komentar ya!