Pencarian populer

Jelajah Rasa, Mengunjungi 5 Kedai Gelato di Kota Malang

Berbagai varian rasa Gelato (Foto: Fery Arifian)

Dibandingkan kota-kota besar lain di Jawa Timur, Kota Malang terkenal memiliki hawa yang sejuk. Namun, kalian tetap bisa menemukan kuliner es krim yang nikmat dan menyegarkan, lho. Selain Es Krim, kuliner dingin yang sedang ramai diminati anak-anak muda dan para pelancong yang berkunjung ke kota jujukan para pelajar dan mahasiswa ini adalah Gelato.

Sedikit intermezzo, antara Gelato dengan Es Krim memiliki perbedaan pada bahan-bahan dan cara pengolahan. Es Krim biasanya lebih menonjolkan rasa krim dari campuran susu, gula, dan kuning telur. Sementara Gelato rasanya lebih ringan, sehingga lebih cocok jika mau dicampur dengan bahan-bahan pendukung lain. Tak heran, kini sudah banyak varian rasa Gelato, mulai dari rasa buah-buahan, kacang-kacangan, bahkan rasa sayur-sayuran.

Dari segi tekstur, Es Krim cenderung lembut dan mudah cepat meleleh. Sedangkan Gelato teksturnya lebih padat dan beku. Arti kata "Gelato" sendiri dalam Bahasa Italia adalah "Beku". Jadi tak heran kalau keduanya berbeda.

Teruntuk kamu yang kebetulan mampir ke Kota Malang dan ingin mencicipi Gelato, berikut lima rekomendasi kedai Gelato yang bisa kamu datangi.

  1. Bvgil Gelato & Friends

Gelato rasa Kemangi dan Roselicious (Foto: Fery Arifian)

Bvgil Gelato & Friends bisa dibilang adalah pioneer kuliner Gelato di Kota Malang. Kehadirannya ternyata menarik minat para foodlovers. Kedai Gelato yang letaknya berada persis di depan Pasar Oro-oro Dowo, Jalan Guntur, Kota Malang, ini kerap ramai didatangi para pencinta Gelato.

Setiap harinya, Bvgil Gelato & Friends menghadirkan sekitar 24 varian rasa berbeda. Uniknya, di sini kamu juga bisa mencoba varian rasa yang anti-mainstream, seperti rasa Kemangi dan Roselicious yang saya pesan. Awalnya, saya mengira rasa Kemangi bakal aneh dan enggak cocok di lidah. Tapi saya malah ketagihan. You must try this one!

Suasana Bvgil Gelato & Friends saat sore hari (Foto: Fery Arifian)

Rasa Roselicious juga tidak kalah unik. Rasa anggur, susu, dan bunga mawar bercampur menjadi satu dan membuat rasa yang baru. Jika kamu mencobanya, kamu juga akan merasakan tekstur kelopak bunga mawar dan irisan anggur. Benar-benar unik.

Harga untuk satu scoop gelato di sini adalah Rp 13.000 (dengan cone), dan kamu bisa meminta tambahan topping sesuai selera. Kamu juga bisa memesan Gelato dengan rasa unik lainnya, seperti Guava Sorbet, Lime, Ubi, dan banyak rasa lainnya. Bvgil Gelato & Friends ini buka setiap hari dari pukul 09.00-21.00 WIB.

  1. Koono Gelato

2 cup Gelato premium dengan 3 varian rasa. (Foto: Fery Arifian)

Meskipun terbilang baru opening sekitar bulan Mei 2018, tetapi eksistensi Koono Gelato juga tidak kalah dengan kedai-kedai Gelato lainnya. Kedai yang berada di Jalan Bromo, no. 19, Kota Malang, ini menghadirkan suasana nyaman dengan konsep vintage. Ya, Koono Gelato menempati bangunan klasik berarsitektur khas Belanda.

Tidak hanya itu, bahkan Koono Gelato menghadirkan chef pembuat Gelato langsung dari Italia. Namanya Giacomo Schiavonm yang mungkin masih belum familiar di telinga para pencinta kuliner Kota Malang. Tapi fotonya sering dijumpai di papan-papan Billboard dan video advertorial mereka.

Koono Gelato menyajikan rasa Gelato asli dari Italia, seperti rasa Hazelnut dan Pistachio. Tidak heran jika bahan-bahan yang digunakan didatangkan langsung dari Italia. Saya memesan 3 scoop Gelato dengan tiga rasa berbeda, yaitu rasa Almond, Matcha, dan Durian. Dari ketiga rasa ini, saya paling suka rasa Almond. Ada pula rasa Chocolate Chasew yang saya pesan lagi, bisa dibilang rasa ini jadi rasa kedua yang saya sukai.

Suasana Koono Gelato Malang (Foto: Fery Arifian)

Tekstur Gelato yang begitu lembut saat masuk ke mulut benar-benar memanjakan lidah saya. Ditambah lagi, suasana tempat yang lucu dan cocok untuk dijadikan spot foto.

Untuk harga Gelato di sini memang sedikit pricey:

  • Small cup Gelato 2 rasa: Rp 18.000 (regular) sampai Rp 23.000 (premium)

  • Medium cup 3 rasa: Rp 25.000 (regular) sampai Rp 32.000 (premium)

  • Pint 3 rasa: Rp 78.000 (regular) sampai Rp 100.000 (premium)

Varian rasa reguler dan premium pun juga berbeda. Tapi menurut saya harganya worth it karena mereka menggunakan bahan-bahan yang sangat berkualitas. Koono Gelato ini buka dari jam 10 pagi hingga 10 malam, sedangkan hari senin kedai ini tutup.

  1. Kepo Gelato

Gelato rasa Thai Tea (Foto: Fery Arifian)

Rekomendasi Gelato yang ketiga ini letaknya ada di Jalan Soekarno Hatta No. 504D, Kota Malang. Berada di lantai atas sebuah clothing store, membuat suasana tempat ini lebih asyik dan seru jika dikunjungi ramai-ramai dengan teman ataupun keluarga.

Saya memesan satu cup Gelato rasa Thai Tea, sebuah rasa unik lain yang bisa kamu pesan juga di sini. Di sini, kamu juga bisa menemukan mural yang bagus untuk dijadikan spot foto. Harga satu scoop Gelato-nya cukup terjangkau, hanya Rp 13.000.

Suasana Kepo Gelato & Cafe yang berada di Jalan Soekarno Hatta Kota Malang(Foto: Fery Arifian)

Selain menyediakan menu Gelato, di sini kamu juga bisa memesan menu lain seperti kopi, makanan ringan sampai makanan berat pun ada. Kepo Gelato ini buka dari pukul 11.00-23.00 WIB.

  1. Teppan Gelato

Teppan Gelato dengan varian rasa Matcha (Foto: Fery Arifian)

Satu lagi kuliner Gelato yang mudah kalian temukan adalah Teppan Gelato. Berada di Food Court Malang Town Square (Matos) lantai UG, Gelato yang satu ini bisa kalian cicipi sembari shopping di kawasan Mall Matos.

Tak perlu khawatir mahal, harga satu scoop Gelato-nya hanya Rp 13.000 plus bonus satu buah topping yang bebas buat kamu pilih. Kamu pun juga bisa memesan 2 rasa dengan ukuran medium yang harganya hanya Rp 22.000,. Sedangkan untuk 3 rasa harganya Rp 30.000.

Nah, kebetulan saya memesan rasa Matcha, karena saya memang suka sekali dengan rasa Matcha. Rasanya pas, tidak terlalu manis atau pahit, karena biasanya rasa Matcha ini cenderung sedikit pahit. Ada juga rasa lain yang bisa kalian pesan di sini seperti Cappuccino, Pina Colada, Tokyo Banan, Mojito, dan masih banyak pilihan rasa lainnya.

  1. Malang Strudel Gelato

Blackforest Gelato (Foto: Fery Arifian)

Setelah terkenal dengan oleh-oleh strudelnya yang khas dan selalu dicari pengunjung, Malang Strudel juga menghadirkan varian menu baru berupa Gelato. Meskipun tidak semua outlet oleh-oleh khas Malang ini menyajikan Gelato, tapi sudah banyak peminat yang mencicipi menu baru ini.

Malang Strudel Gelato bisa kamu cicipi ketika mampir atau melewati outlet Malang Strudel Singosari yang ada di Jalan Raya Singosari dan outlet Malang Strudel Semeru yang ada di Jalan Semeru Kota Malang. Kedua outlet ini memang letaknya berjauhan, tapi jika kamu kebetulan berada di Kota Malang saya sarankan untuk ke outlet Semeru saja karena lebih dekat.

Tapi jika kamu kebetulan melewati Jalan Raya Singosari (rute menuju Surabaya), kamu juga bisa mampir di outlet Singosari untuk menikmati Gelato-nya. Rasa Gelato yang dihadirkan sekitar 20 varian rasa berbeda. Namun untuk outlet Semeru baru menyajikan 6 rasa saja.

Harga satu cup Malang Strudel Gelato adalah Rp 25.000 untuk satu varian rasa. Kamu juga bisa memilih 2 topping berbeda yang disajikan di atasnya. Beberapa varian rasa, seperti Vanilla, Strawberry, Mangga, Black Forest, dan masih banyak rasa lainnya.

Nah, itu tadi beberapa rekomedasi Gelato yang ada di Kota Malang. Kalau kamu kira-kira suka varian rasa Gelato yang mana? Share di kolom komentar ya!

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57