Tekno & Sains
·
17 Oktober 2020 11:17

5 Cara Merawat Laptop Supaya Awet

Konten ini diproduksi oleh Silvia Fibrianti
5 Cara Merawat Laptop Supaya Awet (20121)
sumber foto unsplash.com
Selama kamu melakukan working from home (WFH) atau studying from home (SFH), laptop menjadi salah satu perangkat yang sangat vital untuk mengerjakan pekerjaan atau tugas di rumah.
ADVERTISEMENT

Definisi laptop berdasarkan KBBI adalah komputer pribadi yang agak kecil, yang dapat dibawa-bawa dan dapat ditempatkan di pangkuan pengguna, terdiri atas satu perangkat yang mencakup papan tombol, layar tampilan, mikroprosesor, biasanya dilengkapi dengan baterai yang dapat diisi ulang

Laptop jangan hanya digunakan, tetapi perlu juga dirawat, berikut 5 cara merawat laptop supaya awet:
  1. Jangan menggunakan laptop di atas kasur
5 Cara Merawat Laptop Supaya Awet (20122)
sumber foto unsplash.com
Belajar, bekerja, atau berselancar di dunia maya dengan laptop di atas kasur sangatlah nyaman. Tetapi perlu diperhatikan, bahwa menggunakan laptop di atas kasur menyebabkan udara panas dari dalam laptop tidak keluar dengan sempurna sehingga dapat menyebabkan laptop mengalami overheat.
  1. Jauhkan minuman dan makanan dari laptop
5 Cara Merawat Laptop Supaya Awet (20123)
sumber foto unsplash.com
Menaruh minuman di dekat laptop akan sangat berisiko apabila minuman tersebut tumpah pada laptop dan menyebabkan kerusakan pada perangkat keras. Begitu juga dengan makanan, apabila makanan atau sisa makanan jatuh pada selah keyboard. Hal tersebut dapat mengganggu kinerja keyboard pada laptop.
ADVERTISEMENT
  1. Jangan menaruh barang berat di atas laptop
5 Cara Merawat Laptop Supaya Awet (20124)
sumber foto pixabay.com
Hindari juga menaruh barang berat di atas laptop, karena akan menyebabkan kerusakan pada layar atau komponen laptop. Simpan laptop pada tempat yang tidak terpapar sinar matahari langsung dan masukan ke dalam tas laptop apabila selesai digunakan.
  1. Jangan sembarangan mengunduh perangkat lunak dari internet
5 Cara Merawat Laptop Supaya Awet (20125)
sumber foto freepik.com
Pasang antivirus pada laptop untuk mencegah masuknya virus, berhati-hati dalam mengunduh perangkat lunak. Unduh perangkat lunak dari situs web resmi. Gunakan perangkat lunak yang sesuai dengan kebutuhan, terlalu banyak perangkat lunak yang terpasang pada laptop akan membuat kinerja laptop menjadi berat.
  1. Perhatikan suhu laptop
5 Cara Merawat Laptop Supaya Awet (20126)
sumber foto nemolaptops.com
Menggunakan laptop terlalu lama akan membuat laptop mengalami overheat dan akan membahayakan komponen di dalam laptop seperti harddisk dan motherboard. Perhatikan suhu laptop dengan memasang perangkat lunak yang dapat memonitor suhu laptop.
ADVERTISEMENT
Dengan informasi 5 hal cara merawat laptop di atas, kamu bisa menjaga dengan baik laptopmu dan mendukung pelaksanaan WFH dan SFH kamu. Selamat bekerja dan belajar.