Meningkatkan Kualitas Pembelajaran: Peran Program Organisasi Penggerak

Fikri Ahmad Faadhilah
Hobi: rebahan dan baca buku. Profesi : Mahasiswa. Insitusi Pendidikan: UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
Konten dari Pengguna
1 April 2024 14:45 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Fikri Ahmad Faadhilah tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pendidikan ialah salah satu aspek terpenting dalam pembangunan suatu negara. Kualitas pembelajaran yang diterapkan dalam sistem pendidikan akan sangat mempengaruhi kemajuan dan kualitas sumber daya manusia di masa depan. Salah satu upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran adalah melalui program organisasi penggerak. Program organisasi penggerak bertujuan untuk mendorong inovasi, kreativitas, dan pembaruan dalam dunia pendidikan guna meningkatkan efektivitas pembelajaran di berbagai tingkatan. Strategi efektif yang diterapkan dalam program organisasi penggerak dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Salah satu strategi efektif yang dapat dilakukan adalah dengan memperkuat kolaborasi antara berbagai pihak terkait, seperti Guru, Kepala Sekolah, Orang Tua, dan Komunitas. Kolaborasi antar stakeholder ini dapat membantu dalam merancang program pembelajaran yang relevan, memberikan dukungan yang kokoh bagi implementasi program, serta memperluas akses sumber daya dan informasi yang diperlukan.
ADVERTISEMENT
Menurut penulis, Program Organisasi Penggerak dirancang dengan tujuan mulia untuk mendorong inovasi, kreativitas, dan pembaruan dalam dunia pendidikan. Dengan memperkuat kolaborasi antara Guru, Kepala Sekolah, Orang Tua, dan Komunitas, program ini memberikan landasan kokoh dalam merancang program pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan sekarang dan masa depan. Hal ini membuka pintu bagi kontribusi yang signifikan dalam peningkatan kualitas pembelajaran di berbagai tingkatan.
Kategori Program Organisasi Penggerak, seperti Gajah, Macan, dan Kijang, memberikan beragam peluang bagi organisasi pendidikan untuk turut serta dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Dari peningkatan hasil belajar siswa hingga pengembangan praktik pembelajaran inovatif, program ini memberikan dukungan dan insentif bagi lembaga-lembaga pendidikan yang berkomitmen untuk berprestasi.
Dampak positif dari Program Organisasi Penggerak tidak hanya tercermin dalam perubahan langsung di sekolah, tetapi juga dalam transformasi sosial yang lebih luas. Melalui contoh nyata dari para pemimpin pendidikan, seperti yang disampaikan oleh Ketua Program dari EQUIC Indonesia, Zamhari, terjadi gelombang positif dalam kondisi pembelajaran di sekolah. Keterlibatan aktif dari kepala sekolah baru, kesinambungan program unggulan, serta mengundang sekolah-sekolah lain untuk bergabung dalam komunitas belajar menjadi pendorong utama dalam memajukan kualitas pendidikan.
ADVERTISEMENT
SD Negeri 1 Pujon Lor, Kabupaten Malang, Jawa Timur, adalah contoh nyata dari sekolah yang telah berhasil menerapkan Program Organisasi Penggerak dengan sukses. Melalui kerjasama yang kokoh antara berbagai stakeholder, sekolah ini berhasil menciptakan lingkungan belajar yang progresif dan inklusif. Prestasi siswa dalam berbagai bidang merupakan bukti nyata dari keberhasilan implementasi program ini. Ditambah lagi, Melalui terus berlakunya Program Organisasi Penggerak, diharapkan terjadi perubahan positif yang lebih luas dalam dunia pendidikan Indonesia. Partisipasi aktif dari berbagai organisasi dalam tiga kategori yang berbeda, yaitu Gajah, Macan, dan Kijang, menjadi tonggak penting dalam mencapai tujuan Merdeka Belajar. Melibatkan seluruh lapisan masyarakat dalam merancang kebijakan dan melaksanakan program pendidikan merupakan langkah strategis dalam meraih kualitas pendidikan yang merata dan bermutu di seluruh tanah air.
sumber foto: www.pixabay.com
Dalam visi untuk menciptakan pendidikan yang unggul dan berdaya, kerja sama yang kuat dan kemitraan yang strategis antara pemerintah, lembaga pendidikan, organisasi profesi, serta seluruh elemen masyarakat sangatlah penting. Dengan kepedulian, kolaborasi, dan penguatan kapasitas, kita dapat bersama-sama merajut masa depan pendidikan yang lebih baik, lebih inklusif, dan lebih berpihak kepada kemajuan negeri ini. selain itu ada tujuan lainnya, yakni; untuk meningkatkan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa. Organisasi yang berpartisipasi dapat menerima dana pemerintah dalam tiga kategori: Kategori I (Gajah), Kategori II (Harimau), dan Kategori III (Rusa). Organisasi Enabler hadir sebagai lompatan dan perwujudan inovasi pembelajaran untuk menjawab tantangan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan berfokus pada literasi, numerasi, dan pendidikan karakter. Tantangan dalam implementasi Merdeka Belajar menyoroti kurangnya keterlibatan stakeholder utama seperti guru, kepala sekolah, dan masyarakat. Upaya konkret perlu dilakukan untuk meningkatkan partisipasi mereka. Evaluasi dan monitoring berkala, sinergi antar berbagai pihak terkait, serta program pelatihan dan pengembangan kompetensi merupakan langkah yang harus diambil untuk menjaga konsistensi dan kesinambungan program ini.
ADVERTISEMENT
Semangat untuk terus berinovasi dan menciptakan perubahan positif dalam dunia pendidikan merupakan kunci menuju masa depan yang lebih terang benderang. Bersama, mari kita terus dukung Program Organisasi Penggerak dalam menjadikan pendidikan di Indonesia menjadi semakin gemilang!