Berkarya dan Berinovasi: Perlombaan Nasional Bisnis Plan dari HIMAMA UMY

Fikri Ferdiansyah
Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Konten dari Pengguna
24 Mei 2024 10:50 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Fikri Ferdiansyah tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Himpunan Mahasiswa Manajemen FEB UMY mengadakan perlombaan  Nasional Business Plan Competition 2024. Sumber gambar: dokumentasi pribadi
zoom-in-whitePerbesar
Himpunan Mahasiswa Manajemen FEB UMY mengadakan perlombaan Nasional Business Plan Competition 2024. Sumber gambar: dokumentasi pribadi
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Setiap tahun, mahasiswa dari seluruh penjuru negeri berkumpul untuk menampilkan bakat dan inovasi mereka dalam dunia bisnis melalui sebuah ajang yang bergengsi: Lomba Bisnis Plan Nasional. Di tengah semangat berkarya dan berinovasi, Himpunan Mahasiswa Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menjadi tuan rumah bagi ajang prestisius ini, menghadirkan wadah bagi generasi muda untuk merintis langkah dalam dunia kewirausahaan.
ADVERTISEMENT
Perlombaan bisnis plan tidak hanya sekadar ajang kompetisi, tetapi juga menjadi panggung bagi mahasiswa untuk mengekspresikan ide-ide kreatif mereka dalam menciptakan konsep bisnis yang inovatif dan berkelanjutan. Tahun ini, Himpunan Mahasiswa Manajemen UMY kembali menggelar lomba ini dengan semangat yang lebih besar, memperluas jangkauan peserta dan memperkaya pengalaman peserta serta penonton.
Salah satu keunikan Lomba Bisnis Plan Nasional dari Himpunan Mahasiswa Manajemen UMY adalah fokusnya pada solusi bisnis yang berkelanjutan. Peserta didorong untuk tidak hanya menghasilkan rencana bisnis yang menguntungkan secara finansial, tetapi juga memiliki dampak positif pada lingkungan dan masyarakat sekitar. Dengan demikian, mahasiswa yang berpartisipasi tidak hanya mengasah keterampilan bisnis mereka, tetapi juga menjadi agen perubahan dalam masyarakat.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya itu, Lomba Bisnis Plan Nasional ini juga menyediakan platform untuk membangun jejaring dan kemitraan antara mahasiswa, perusahaan, dan komunitas bisnis. Para peserta memiliki kesempatan untuk bertemu dengan para profesional industri, investor potensial, dan mentor yang dapat memberikan wawasan berharga serta dukungan untuk mengembangkan ide bisnis mereka menjadi kenyataan.
Selain itu, keberhasilan acara ini tidak lepas dari kerjasama antara Himpunan Mahasiswa Manajemen UMY dengan berbagai pihak, termasuk lembaga pendidikan, perusahaan, dan pemerintah. Dukungan dari berbagai stakeholder ini menjadi bukti komitmen bersama dalam mendukung perkembangan kewirausahaan di kalangan mahasiswa.
Bagi para peserta, Lomba Bisnis Plan Nasional ini bukan hanya sekadar kompetisi, tetapi juga sebuah perjalanan pembelajaran yang berharga. Mereka belajar untuk bekerja dalam tim, mengembangkan ide-ide kreatif, dan menyusun strategi bisnis yang efektif. Bahkan bagi yang tidak meraih kemenangan, pengalaman yang diperoleh dari proses ini tidak ternilai harganya dalam mempersiapkan mereka untuk tantangan di dunia nyata.
ADVERTISEMENT
Dengan demikian, Lomba Bisnis Plan Nasional dari Himpunan Mahasiswa Manajemen UMY bukan hanya tentang meraih gelar juara, tetapi juga tentang merangsang kreativitas, memupuk semangat kewirausahaan, dan mendorong perubahan positif dalam masyarakat. Dengan semangat "berkarya dan berinovasi", para peserta diharapkan dapat menjadi agen perubahan yang membawa dampak positif bagi bangsa dan negara.
Fikri Ferdiansyah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta