kumparan
search-gray
Food & Travel17 Oktober 2019 23:42

10 Kuliner Sedap Hasil Blusukan di Pasar Muara Karang

RVFQE7046.JPG
Pasar Muara Karang
Pasar! Merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli serta menjadi salah satu pusat pergerakan ekonomi di Indonesia. Tempat yang selalu diidentikan dengan keramaian ini sejatinya memang merupakan sebuah denyut perekonomian.
ADVERTISEMENT
Bicara soal pasar, pasar itu enggak cuma sekadar menjadi distributor antara pihak produsen dengan konsumen melainkan banyak juga komoditi yang bermain, salah satunya kuliner. Tak sedikit pasar yang menyimpan segudang kuliner seru dan unik untuk dicoba.
Buat saya, salah satu pasar terbaik untuk kuliner adalah Pasar Muara Karang. Pasar ini terletak di Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara.
Ini pastinya bukan pertama kali, saya cukup sering 'blusukan' ke Pasar Muara Karang karena bisa menemukan berbagai makanan enak. Meski pasar identik dengan kegiatan yang berlangsung pada pagi hari, di sini kalian bisa menemukan aneka kuliner seru mulai dari pagi hingga malam hari! Pastinya juga berbeda lho jenis makanannya.
Mau tau apa saja kuliner seru yang harus kalian coba di Pasar Muara Karang?
ADVERTISEMENT
1. Kedai Kopi Aceh
XOTT4830.JPG
Kedai Kopi Aceh
Siapa di sini yang kalau tiap pagi udah kebiasaan harus minum kopi? Kalau kalian cari tempat ngopi dengan suasana seru, tradisional, dan pasti rasa kopinya mantap, ini pilihan tepat!
Namanya Kedai Kopi Aceh. Sesuai dengan namanya mereka menyajikan minuman dengan biji kopi dari Aceh. Kalau kalian ke sini pas weekend, pasti bakal merasakan ambiance yang luar biasa Tempatnya ramai dengan aroma kopi yang menusuk!
Kalian bisa lihat cara pembuatan kopinya yang masih jadul dengan teknik saringan.
QHUZ0278.JPG
Tradisional
RNCK8319.JPG
Kopi Hitam!
HMKZ9938.JPG
Telur setengah matang to complete your breakfast
Layaknya di sebuah kedai kopi bergaya pecinan, menu yang ditawarkan oleh tempat ini hanya kopi hitam dan kopi susu, bisa disajikan panas ataupun dengan es batu.
Kalau kalian pesan yang panas, maka akan menggunakan cangkir tebal sehingga lebih lama menahan panas dari kopinya. Kopi mereka ini secara rasa memang strong!
ADVERTISEMENT
Meskipun pesan kopi susu yang menggunakan kental manis, rasa kopinya masih dominan dan enggak terlalu manis.
DZIO6465.JPG
Cakwe & Kue Bantal (IDR 7.000/pc)
MHDW9903.JPG
Es Kopi Hitam (IDR 16.000)
AHOR7013.JPG
UNIK! Cakwe yang asin gurih berpadu dengan kopi susu
Sebagian besar pengujung di sini juga menikmati kopi dengan cara yang unik, dengan cakwe dan kue bantal! Cakwe dan kue bantal ini bahkan disantap dengan dicelupkan ataupun disiram ke atas gorengan tersebut, bukan dengan saus merah pedas justru dengan kopi! Unik!
2. Chong Fan Wei Wei
AVMB8352.JPG
Chong Fan Wei Wei
Salah satu yang ter-hits di Pasar Muara Karang! Makanannya paling cepat habis ini haha. Jadi, kalau kalian datang ke sini mending antri ini duluan deh, haha sebelum pada kehabisan.
Tempatnya cuma menempati sebuah kedai sederhana, dan uniknya Chong Fan di sini selalu dibuat fresh setiap kali kita pesan, sehingga selalu terjaga kehangatan dan teksturnya.
UPSI4669.JPG
Chong Fan Ayam Jamur (IDR 30K)
LOMY3505.JPG
Padat banget isiannya!
Buat yang belum tahu, Chong Fan ini hidangan yang terbuat dari tepung beras, yang biasanya dipotong tipis-tipis seperti kwetiau, kemudian dicampur dengan berbagai topping dan bawang goreng kemudian saus.
ADVERTISEMENT
Di Chong Fan Wei Wei ini unik, karena chong fan-nya digulung dengan isian ayam 3 jamur! Ini juara banget! Kulit luarnya lembut dan di dalamnya padat banget si ayam dan jamur kuping, jamur champignon dan jamur hioko-nya!
Wajib banget kalian makan pokoknya. Selain itu bawang goreng dan saus cocolannya membuat rasanya semakin nikmat!
3. Bihun Kari Boz Resto
GXXB0318.JPG
Boz Resto
Sebagian besar pengunjung sini mungkin memang orang Medan. Tak heran jika melihat berbagai tempat makan bergaya Medan, salah satunya ada Bihun Kari.
Hidangan ini menjadi salah satu daya tarik dari Pasar Muara Karang, pasalnya tak sedikit kedai yang menyajikan bihun kari. Namun, setelah minta rekomendasi beberapa temen, akhirnya kita cobain Boz Resto yang sebenarnya bukan resto juga haha, cuma lebih bersih aja areanya.
WUWT8488.JPG
Bihun Kari (IDR 45.000)
MTPO3678.JPG
Thick curry!
Bihun kari di sini akan dibuat ketika kita pesan, jadi pastinya selalu fresh! Bihunnya style Medan yang kenyal dan cukup padat, terus dikasih suwiran ayam yang sudah dimasak dengan kuah karinya, serta ada kentang juga.
ADVERTISEMENT
Kuah kari-nya kaya banget akan rasa dan juga rempah! Secara konsistensi, buat saya cukup pas, tidak terlalu encer dan enggak terlalu kental sehingga bikin enek.
Seandainya mereka menyediakan daging sengkel sapi pasti bakal lebih gokil!
4. Mie Sapi 69
TAPW6077.JPG
Bakmi 69
Di lorong Pasar Muara Karang, ada suatu tempat bernama Kedai Kopi Teratai. Di sini kalian bisa menikmati berbagai tempat makan, salah satunya adalah Mie Sapi 69. Biasanya, kita lebih sering ketemu dengan mi ayam, di sini jual mi dengan topping daging sapi.
HXMU7929.JPG
Busy morning
NARW7316.JPG
Mie Sapi (IDR 35.000)
HIDW8677.JPG
Tekstur pas, rasa pas
Tekstur mi kenyal dengan ukuran yang tidak terlalu tebal ataupun tipis, semuanya terasa sempurna saat digigit. Selain itu bumbunya juga cukup berani, dan minyak wijen serta bawang putihnya begitu ramai dan menggoda.
ADVERTISEMENT
Daging sapinya dimasak tidak terlalu lama, jadi masih lembut dan juicy gitu dagingnya, plus babat serta uratnya juga kenyal pas. Nikmat parah sih ini! Kalian wajib lah ya pesen.
5. Bubur Ikan Botak
Bubur Ayam 68
Enggak perlu jalan jauh-jauh deh! Tinggal langsung di sebelah Mie Sapi 69 tadi, ada satu tempat yang menjual bubur. Kalau biasanya kita cuma nemuin bubur ayam, di sini mereka justru spesialnya di bubur ikan. Salut sih sama Pasar Muara Karang, karena banyak sekali penjual yang berdedikasi.
AHDO7931.JPG
Ikan kakap segar
FRWF6156.JPG
Misua!
Buburnya selalu baru dimasak by order, terus selain bubur, kalian di sini boleh juga cobain misua yang katanya enak banget loh! Apalagi dimasak bersamaan dengan ikan dan telur sesuai request.
BDIB8680.JPG
Bubur Ikan (IDR 25K)
MSTK9235.JPG
Look at that porridge!
Pilihan tapi jatuh pada bubur ikan. Ikan yang mereka gunakan adalah ikan kakap segar! Dimasaknya pun pas, sehingga ikannya masih lembut banget dan sama sekali enggak amis lho.
ADVERTISEMENT
Buburnya bisa kita bilang tidak begitu encer ataupun kental. Terus aroma yang dominan muncul adalah dari minyak wijen dan bawang putih goreng. Satu porsi bubur juga sudah dilengkapi dengan cakwe dan sambal, enak!
6. Nasi Galung Anai
CXMS6279[1].JPG
Nasi Anai Galung
Tadi, saya sempat singgung tentang warga sekitar Pasar Muara Karang yang sebagain besar adalah orang Medan, dan kini ada makanan khas dari Pematang Siantar, itulah dia Nasi Galung Anai.
Sebenarnya apa ya itu Nasi Galung? Hidangan ini tak lain tak bukan adalah nasi rames gitu, tapi mereka punya sedikit perbedaan.
KMJX2850.JPG
Nasi Galung Anai (IDR 40.000)
Biasanya begitu pesan, saya akan langsung minta dirames aja. Porsinya biasa jadi lebih banyak juga, yang bikin mereka berbeda itu ada beberapa masakan dengan tauco dan juga soun goreng serta sambal yang menggoda!
ADVERTISEMENT
Kalau pengin makan yang fully-meal ini sih cocok! By the way, cobain juga ayam gorengnya! Enak!
7. Kwetiau Ayong
SSNE0423.JPG
Kwetiau Ayong
Kalau Bogor terkenal sebagai kota hujan, kayaknya Muara Karang tuh kota kwetiau deh haha. Coba nanti ya kalau lewat kalian hitung ada berapa jumlah rumah makan kwetiau haha, mulai dari gaya Medan hingga Pontianak.
IESR8650.JPG
Cooking progress
BHUL5007.JPG
Kompornya terlihat kompleks :)
Kenapa pilih Kwetiau Ayong? Karena salah satu top rated nya di aplikasi ojek online, makanya gak heran pas ke sini tuh banyak yang datang dari TV, plus satu lagi, harganya juga oke banget!
QNKN5524.JPG
Kwetiau Goreng (IDR 51.000)
Kwetiau goreng di sini bisa dibilang lebih mahal daripada tempat lain, namun memang rasa smokey lumayan kencang dan justru itu yang bikin enak! Isian kwetiau di sini ada tiga jenis jamur nikmat.
ADVERTISEMENT
Selain ada isian daging, ada juga udang yang secara ukuran lumayan gede-gede loh! Kwetiau di sini dimasak dengan kematangan sempurna.
8. Bakmi Congsim
XVRX4465.JPG
Congsim!
Sehabis kwetiau, kalian juga bisa temukan berbagai macam bakmi di Pasar Muara Karang. Kalau sebelumnya tadi ada mi sapi, ada lagi tipe mi yang namanya Bakmi Congsim.
Bedanya mungkin cukup banyak ya, pertama tekstur mi yang tipis dan halus, topping variatif perpaduan ayam dan baso ikan serta pangsit rebus!
CANO2985.JPG
Topping melimpah!
MXAV1414.JPG
Bakmi Congsim (IDR 35K)
Pas tersaji memang kering dan agak kurang berani minyaknya, eh tapi pas dimakan ternyata dia itu lembut dan juga wangi mi-nya oke banget!
Hanya saja kurang asin, but again it's back to your own preferences. Selain mi yang hadir dengan rasa enak, kalian juga harus cobain pangsit rebusnya!
ADVERTISEMENT
9. Popia dan Salad Lumpia
EDDR2645.JPG
Salad Lumpia
Pernah dengar popia? mungkin enggak semua ya, tapi kalau lumpia mah tau dong ya haha. Masih di area yang sama dengan Bakmi Chongsim, kalian bisa memesan menu unik yaitu Popia dan Salad Lumpia.
Kalau biasa kita kenal lumpia itu hidangan yang siap saji tinggal digoreng, lain halnya di sini karena mereka kembali lagi membuat hidangan ini secara fresh, apalagi salad lumpia.
MRQY4470.JPG
On Progress!
RYSK6919.JPG
Salad Lumpia (IDR 40.000)
TJBW3049.JPG
Cocolannya juga enak!
Basically, Salad lumpia ini hanya mengganti kulit luarnya saja dari lumpia. Tersaji dalam sebuah wadah (seperti cone ice cream yang sudah mau habis haha), kemudian isinya itu ada sayuran rebus yang terdiri dari wortel dan bengkoang, terus diberi daging kepiting serta cincangan ayam!
ADVERTISEMENT
Terus dikasih selada, plus taburan bawang goreng melimpah yang buat rasanya menjadi wangi dan enak! Saus cocolannya manis, gurih, pedas, asam! Kombinasi rasanya begitu pas!
10. Medan Achui
EKPM6236.JPG
Achui Medan
Last but not least, kita punya Medan Achui! Sebenarnya tempat ini punya beberapa menu unik seperti bihun kepala ikan. Tapi, justru saya memilih satu menu yang mungkin enggak semua dari kita sadar kalau mereka ini bisa dibuat jadi menu lain, Chi Chong Fan goreng dong! Haha.
Kalau tadi udah lihat chong fan digulung, atau di artikel sebelumnya aku pernah ulas chong fan yang ada di pasar PIK.
MUMC3000.JPG
using wok always makes difference
XARE1597.JPG
Chi chong fan goreng (IDR 45.000)
WIOM4939.JPG
Look at that chong fan!
Sekilas, chi chong fan ini tampak seperti kwetiau dengan size yang lebih besar. Tidak bisa dipungkiri memang bahan dasarnya menyerupai, yaitu tepung beras kan?
ADVERTISEMENT
Terus ya, hasil masak di sini tuh dijamin ada rasa smokey dan lebih enak! Percayalah haha oh iya yang agak sedih di sini karena mereka enggak punya acar bawang merah! Padahal itu enak banget kalo ada.
Well, itulah tadi beberapa menu yang bisa kalian coba di Pasar Muara Karang, hasil blusukan saya, jadi kalau dari segi kualitas enggak bakal ada yang kaleng-kaleng haha once again...
Stay Hungry, Stay Healthy!
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white