kumparan
KONTEN PENGGUNA

10 Rekomendasi Kuliner di Sekitar Stasiun MRT

FSRT5412.JPG
MRT is here baby!
MRT! Enggak bisa mendeskripsikan gimana senengnya saat uji coba naik MRT! Ya ampun, akhirnya Kota Jakarta tercintaku punya MRT juga yang super keren, enggak kalah sama negara tetangga!
ADVERTISEMENT
Meskipun rutenya masih belum banyak, tapi jalur Bunderan HI – Lebak Bulus ini menurut gue udah salah satu line central yang tepat karena berada di pusat. Bayangkan, biasa kalian kalo naik kendaraan bermotor bisa hampir 2 jam, apalagi di peak time, pakai MRT jadi cuma 30 menit, lho!
FGCU3496.JPG
Stasiun Blok A
OIOZ4939.JPG
Satu-satunya Stasiun MRT yang berhubungan sama mal
Buat kalian yang udah coba naik MRT, pasti enggak sedikit kan yang menggunakan MRT sebagai wisata, buka buat daily basis kalian. Nah, makanya daripada keliling tanpa tujuan, mending sekalian kulineran! Bener enggak?
Nah, kali ini aku mau kasih rekomendasi 10 tempat makan seru dan affordable di dekat stasiun MRT! Yes, enggak tanggung-tanggung langsung aku kasih 10 dan pastinya ini yang di luar mal ya, kalo di mal mah udah mainstream kan? Enjoy!
ADVERTISEMENT
  1. Ratangga Coffee & Bites
TQLT4899.JPG
Mandatory photo
Buat yang udah explore MRT Jakarta pasti tahu kalo MRT kita itu punya nama, lho! Yes, namanya adalah Ratangga yang diambil dari bahasa Jawa kuno yang berarti “kendaraan beroda” atau “kereta”.
Nah, persis di bawah Stasiun MRT Blok A, ada satu coffee shop bernama Ratangga! Sounds like official MRT coffee shop, makanya wajib nih buat dateng ke tempat ini. Coffee shop yang berdiri baru sekitar 3 bulan ini memang menjadi salah satu spot yang seru banget buat kalian explore, meski tempatnya yang tidak begitu besar tapi ambiance yang ditawarkan cukup nyaman, lho.
VAOP1155.JPG
Cozy ambiance
FSUF9925.JPG
Es Kopi Susu Ratangga
Kalau mampir ke sini jangan lupa buat pesan Es Kopi Susu Ratangga (IDR 18.000) yang menjadi signature-nya, kopi lokal bercampurkan susu segar dan gula aren ini telah menjadi tren yang terus tumbuh.
ADVERTISEMENT
Aku suka dengan komposisi kopi yang pas, sehingga rasa kopinya masih keluar banget dan selain kopi mereka juga punya cake, pastry, hingga makanan berat. Jadi buat yang pengen makan kenyang, juga bisa! Eh iya, uniknya lagi tempat ini juga jadi satu dengan salon yang khusus untuk treatment rambut keriting, lucu ya?
  1. Nasi Liwet Warung Teteh
AJWH7750.JPG
Salah satu spot terbaik buat Bukber
Tempat ini berlokasi 400 meter saja dari Stasiun MRT Blok A. Well, tempat ini memang punya kekayaan kuliner yang menurut aku lumayan seru sih yang biasanya jarang di explore nih sama para pecinta kuliner. Hidden gem satu ini mungkin one of the best nasi liwet khas Sunda di Jakarta!
Oh iya, berhubung sekarang lagi bulan Ramadan juga, tempat ini super penuh sama acara bukber, apalagi di akhir pekan, jadi aku sarankan buat reservasi dulu sebelum datang ke tempat ini. Meski bener-bener cuma rumah sederhana tapi suasana makan di tempat ini begitu hangat dan seru banget, apalagi makan liwetan gini memang lebih seru beramai-ramai.
ANUU6034.JPG
Paket Buka Puasa Nasi Liwet - IDR 120.000
LZBI9658.JPG
Ikan Asin Peda - Ikan Dendeng Manis - Ikan Nila Goreng Krispi
WCZU4140.JPG
SAMBAL JUARAK!
Hidangan yang ditawarkan sudah pasti Nasi Liwet khas Sukabumi! Untuk bisa disajikan di atas daun pisang seperti ini kita minimal memesan 4 porsi dengan harga IDR 120.000! Menurut aku sih ini worth it banget karena nasinya itu wangi maksimal, disajikan dengan ikan asin peda, ikan nila goreng kering, ikan dendeng manis, tahu, tempe, pencok kacang, lalapan dan sambal.
ADVERTISEMENT
Yang cukup menjadi perhatian aku adalah ikan dendeng manis, jadi rasanya seperti dendeng sapi manis tapi ini dibuat dari ikan, sambalnya juara banget. Sumpah ini enaknya sih luar biasa! Kalian juga bisa tambah lauk lain seperti ayam goreng, ikan bakar, cumi goreng, udang, hingga sayur asam juga. Kalau kata urang Sunda mah, ngeunah pisan! Buat kalian yang ke sini sendiri mereka juga bisa kok disantap personal, namun tidak dengan cara diliwet, melainkan di piring.
  1. Bakmi Jhon Melawai
MFCR5813.JPG
One of the legend in Blok M
Enggak tahu kenapa tapi kalo ngomongin stasiun tuh kayak identik banget sama mie ayam, it’s like commuter food. Zaman dulu suka naik kereta ke Depok juga pasti nyarinya mi ayam atau bakso, bener enggak tuh para pengguna transportasi umum?
ADVERTISEMENT
Soal bakmi gerobakan yang menurutku mantap dan beda dari yang lain ya, Bakmi Jhon Melawai! Tempat ini cuma berjarak 2 kali muterin lagu 'Sayang'-nya Via Vallen hahaha. Atau sekitar 250 meter, deket abis! Tempat ini ada di depan Bank Danamon kalau enggak salah, cari aja gerobak yang ramai pokoknya.
XDNL7700.JPG
Rame banget kan? Liat aja jumlah porsi yang dibuat!
MUFC3896.JPG
Bakmi Ayam Bakso IDR 22.000
ITBV1412.JPG
FOODPORN!!
Bakmi Jhon ini sudah ada cukup lama di Blok M dan terkenal! Jadi kalau ke Blok M belum coba sih belom afdol, berbeda dengan mie ayam gerobakan lainnya yang biasa pake ayam kecap dengan cita rasa manis dan berempah di sini menggunakan daging ayam yang asin gurih.
Minyak ayamnya pun kerasa gurih banget dan juga disajikan dengan pangsit goreng, sehingga ada tekstur crispy-nya! Nikmat! Oh iya, bisa minta ekstra bakso sapi atau pangsit rebus juga ya. Satu porsi mi ayam dibanderol dengan harga Rp 16.000 bahkan kalau kalian minta ekstra bakso pangsit jadi seharga Rp 22.000 saja. Mantap bukan?
ADVERTISEMENT
  1. Bakwan Pabean
VDCF1288.JPG
Been here since 1990 , Legend.
Menurutku, selain mi ayam, yang identik juga dengan stasiun gini adalah bakso. Secara bakso itu banyak jenisnya kan mulai dari bakso Solo, bakso Wonogiri, bakso Pontianak, bakso Medan, bakso Malang dan masih banyak lagi deh.
Karena The Hungry Doctor anti sama makanan yang biasa, nih aku kasih salah satu legend-nya, Bakwan Pabean! Bakso Malang yang juga terkenal di Surabaya ini sudah ada di Jalan Panglima Polim, Jakarta Selatan, sejak 1990. Udah hampir 30 tahun di Jakarta, kalau kamu belum pernah coba sih parah! Lokasinya cuma 700 meter dari Stasiun MRT Blok A kok, enggak kerasa lah jalan segitu demi bakso yang menurutku enak banget.
RQNN3157.JPG
Bakso Bakwan Campur - IDR 30.000
MEFA3395.JPG
THE BEST! 10/10
Jenis baksonya memang dengan kuah bening namun gurih, 1 porsi Bakwan Campur (Rp 30.000) berisikan bakso daging, bakso urat, bakso goreng, tahu bakso, dan siomai goreng. Enaknya parah. Semuanya terasa kenyal maksimal, dagingnya tuh bener-bener tebal enggak cuma tepung. Kacau sih, terbaik! Terus, mereka ada saus tomat merah khas yang cuma bisa ditemuin di bakwan khas Surabaya.
ADVERTISEMENT
  1. Tongseng & Sate Kambing BRI Cipete
OTWV2274.JPG
Bahagia itu Sederhana, Tongseng BRI
Berpindah lagi ke stasiun MRT Cipete, ini adalah pertama kalinya aku ke sini karena sempet posting di Instagram mau cari tempat makan enak yang deket sama stasiun MRT, akhirnya terpilihlah ini sebagai salah satu yang banyak direkomendasikan. Namanya Tongseng BRI karena lokasinya di depan Bank BRI Cipete, persis di depannya ada pikulan dan meja panjang dengan si bapak yang senantiasa memasak tongsengnya dengan telaten, bener-bener pinggir jalan namun I have a good feeling for their quality.
JARL8397.JPG
A bowl full of Tongseng!
JVNG6295.JPG
Nasi + Tongseng Kambing - IDR 22.000
MMIQ9254.JPG
Sate Kambing - IDR 20.000
Tongseng BRI ini buka dari jam 17.00 – 02.00 , luar biasa kan jam bukanya? Tempat ini menjual tongseng, gulai, dan sate. Sebenarnya base tongseng itu adalah gulai yang berisian jeroan nah dagingnya ini dimasak dengan beberapa rempah lagi ditambahkan kol dan tomat menjadi tongseng.
ADVERTISEMENT
Aromanya dahsyat sih, kuahnya itu enggak terlalu kental tapi rasanya rich banget! Parah! Dagingnya juga super empuk enggak nyangka sih hanya dengan Rp 22.000 sudah dapat 1 porsi tongseng lengkap denga nasi, kalau kalian pengen lauk tambahan lain bisa nih pesen sate kambingnya. Seporsi hanya Rp 20.000 saja! Potongan dagingnya besar, kecapnya meresap, sumpah ini enak sih!
  1. Kepiting Cipete
QIHV1309.JPG
Seafood Platter - IDR 150.000
Masih dari Cipete nih, cuma berjarak 450 meter aja dari stasiun MRT kalian bisa makan seafood rame-rame puas hanya dengan Rp 150.000. Dengan harga segitu, kalian dapet kepiting, lobster, dan kerang. Gila enggak tuh?
Nama tempat ini Kerang Cipete. Tempatnya sederhana aja gitu tapi cukup nyaman dan bisa menampung banyak pengunjung, tempat ini selalu rame, baik dari dine-in ataupun ojek online. Seafood di sini terjamin kesegarannya dan memang secara harga ini luar biasa, 1 porsi ini bisa banget dimakan up to 4 orang loh!
KGDK3379.JPG
Freshly made Seafood!
IKWF7032.JPG
Octopus Satay - IDR 10.000
DCGV7762.JPG
FRESH LOBSTER!
Kepiting di sini segar banget karena disajikan dalam keadaan hidup, meskipun bukan kualitas super yang dagingnya tebel maksimal, tapi secara rasa cukup manis dan yang penting enggak amis sama sekali, yang menurutku jadi bintangnya ya lobster.
ADVERTISEMENT
Mereka pakai lobster laut berukuran jumbo, dagingnya padat, kenyal dan manis, apalagi berpadukan dengan saus Padang yang pedas manis dan gurihnya pas banget. Untuk pilihan kerangnya ada kerang dara, kerang hijau, kerang tahu, dan kerang bambu. Dua varian ini termasuk cukup mahal sih dibanding kerang dara dan hijau, kualitasnya juga beda. Bener-bener jatuh cinta sama tempat makan ini!
  1. Sunyi Coffee & House of Hope
DNLK8869.JPG
One of the coolest spot!
Kalau tadi udah ada coffee shop yang namanya sesuai dengan nama MRT kita, kini ada lagi coffee shop yang unik, jaraknya ini ya sekitar 10 menit berjalan kaki dari stasiun MRT Fatmawati. Sunyi Coffee & House of Hope, hmmm apa ya itu kok namanya unik
ADVERTISEMENT
Ternyata tempat ini mempekerjakan orang dengan keterbatasan dalam bicara dan mendengar, mereka lebih senang disebut dengan #TemanTuli , di sini kalian akan dilayani dengan bahasa isyarat, kalo mau tau kayak gimana bisa cek Instagram aku di @filipusverdi
RUJA4396.JPG
Proper coffee machine
HFVY9107.JPG
Kopi + Susu + Gula Aren
IBMM7561.JPG
Es Kopi Susu Sunyi - IDR 18.000
Tempatnya cozy banget dan aku yakin kalian akan betah duduk di sini sambil kerja atau ngobrol sama temen, dan di dindingnya ada huruf braile juga, menarik konsepnya. Menu yang mereka tawarkan enggak cuma kopi tapi ada makanan ringan hingga berat.
Untuk kopinya sendiri, specialty mereka adalah Kopi Susu Sunyi, well ini jenis kopi susu dengan gula aren, aku suka sih amount of coffee-nya dengan susu yang creamy! Aroma gula arennya juga pas sih. Oh iya, mereka juga punya Es Kopi Pandan yang menjadi edisi Ramadan, tapi menurut aku wanginya agak overpowering, sehingga agak eneg kalo minumnya cepet-cepet.
ADVERTISEMENT
  1. Myayam Mie Ayam Siantar
20180416_121952.jpg
MyaYam
Mi ayam lagi? Yes, tapi ini beda banget karena Myayam ini spesifik menyajikan mi Siantar yang biasanya identik dengan hidangan nonhalal tapi mereka punya yang versi halal! Sumpah ini langka banget, mungkin enggak ada yang menyajikan mi khas Siantar tapi pake ayam. Lokasinya enggak jauh dari Nasi Liwet Warung Teteh, hanya beda 150 meter saja. Asyik kan? Tempat mi satu ini cukup asik, bisa buat nongkrong juga selain buat makan enak.
LSYW9499.JPG
Mie Siantar Pangsit - IDR 28.000
VHGT9900.JPG
Minuman asli Siantar - BADAK!
SVLK5181.JPG
Es Badak is the best!
Seporsi mi ayam di sini dipatok Rp 28.000 lengkap dengan pangsit rebus dan pangsit goreng. Wangi mi ini beda banget, aroma gurihnya kerasa banget, terus topping-nya manis, jadi perpaduan rasanya pas. Pangsit rebusnya juara sih, isiannya beda banget sama pangsit rebus tempat lain.
ADVERTISEMENT
Salah satu yang terbaik pangsit rebusnya, ada satu lagi yang khas banget sama mie Siantar, minuman Badak! Kalau bukan asli Siantar enggak akan ada minuman ini sih, minuman sarsaparilla ini rasanya memang beda maksimal. Cocok banget diminum habis jalan dari stasiun MRT Blok A ini, mantap!
  1. Gultik Blok M
DSCF7998.JPG
Gulai Tikungan Blok M
Satu kata yang tepat buat tempat ini, legend! Tempat ini udah jadi tongkrongan aku dari zaman SMA, makanya ini kayaknya wajib jadi list makanan seru yang ada di dekat MRT Blok M. Meski sebenarnya stasiun ini persis di dalam Blok M Plaza yang juga banyak makanan seru, tapi lebih asik kalau makannya yang di luar, ya kan?
ADVERTISEMENT
Buat yang belum tahu, Gultik ini singkatan dari Gulai Tikungan! Yep, kalau tadi ada hidangan gulai kambing, mereka di sini semua menggunakan daging sapi. Meski sebenernya banyak banget yang menjual gultik, favoritku dari dulu adalah yang ada di depan Hanamasa, mereka juga ada meja makannya, jadi proper banget.
DSCF8134.JPG
Cari pikulan ini, terbaik!
DSCF8011.JPG
How to spend IDR 10K perfectly!
DSCF8137.JPG
Extra Sambal, Kecap, dan Kerupuk
Menu yang mereka sajikan ya nasi yang disiram dengan kuah gulai yang berempah banget tapi encer dan enggak terlalu bersantan layaknya soto ataupun gulai kebanyakan, cenderung segar gitu rasanya, potongan dagingnya juga cukup sih, selain daging juga ada jeroan, mantap!
Tapi susah milih sih biasanya, jadi ya sudah terima aja dapatnya part apa haha. Terus jangan lupakan kerupuk yang banyak, bercampur kecap manis dan juga cabai biar makin sedap! Seporsi ini cuma Rp 10.000, mantap kan! Murah meriah, tapi kalau kalian lagi lapar banget kayaknya sih satu enggak cukup hahaha.
ADVERTISEMENT
  1. Bansan
CILZ8107.JPG
BANSAN!
Last but not least, back to Cipete. Mungkin MRT Cipete ini menjadi hot spot banget buat kulineran yang deket sama stasiun MRT, karena cuma jalan dekat aja udah ketemu surga kuliner! Salah satu yang menjadi highlights dalam kuliner MRT ini adalah Bansan!
Tempat makan ini jauh dari kesan mewah, karena area makan yang kecil, di dalamnya hanya ada 3 meja, namun ramainya dahsyat dan menu yang mereka tawarkan juga menarik banget. Kalau tadi udah Indonesia banget, ini menu masakan Jepang.
RSGS6281.JPG
Simple tapi nyaman!
DGKR5600.JPG
Chicken Nanban - IDR 40.000
OOAX3741.JPG
Roast Beef with Truffle Sauce - IDR 55.000
Menu spesialnya adalah Chicken Nanban dan Roast Beef with Truffle Sauce. Di Jepang, hidangan ini sudah menjadi comfort food, tapi di sini belum terlalu familiar, basic-nya Chicken Nanban ini ayam yang digoreng ala karage. Ayamnya crispy banget di luar dan juicy di dalam, plus saus Nanban-nya itu manis asam pas.
ADVERTISEMENT
Kayaknya baru di sini deh yang menyajikan Chicken Nanban sebagai rice bowl. Belum cukup dengan kepuasan itu, Roast Beef-nya lebih dahsyat lagi, dagingnya lembut dengan bumbu yang meresap, sausnya itu ada truffle-nya juga, gokil. Harganya juga termasuk murah lho, karena isian dagingnya sangat berlimpah! Pokoknya salah satu yang WAJIB!
Meski sebenernya masih banyak lagi tempat makan seru yang dekat dengan MRT, tapi 10 tempat makan ini yang menurutku harus banget kalian coba karena punya value yang lebih dari tempat makan lain. Semoga artikel ini bisa jadi referensi kalian buat kulineran yang within walking distance dari stasiun MRT. Kalau ada lagi yang seru, komen di bawah ya! Stay Hungry, Stay Healthy!
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan