kumparan

3 Rekomendasi Mexican Food yang Anti-Mainstream

Aloha! Eh, ini bukan salam orang Mexico ya? Hahaha, biar pun gue enggak bisa bahasa Mexico, tapi I’m sure I can recommend you the best taste of Mexico di Jakarta! Yep di edisi kali ini, I’m gonna share tempat-tempat rekomendasi buat kalian menikmati makanan Mexico!
ADVERTISEMENT
Pastinya bukan yang mainstream kalau dari The Hungry Doctor mah, ya kan?
Well, sebenarnya hidangan Mexico itu salah satu hidangan yang cukup tricky untuk lidah kita para orang Indonesia. Mungkin satu sisi, kita akan match banget sama rempah kuat dan cita rasa pedas yang sering kali mereka tawarkan, namun kadang ada rasa asam yang lumayan punchy nih di masakan Mexico yang itu membuat panganan khas Mexico agak tricky.
Tapi buat kali ini gue cukup yakin, semua pasti bakalan bisa terima cita rasanya, so ini dia rekomendasinya!
  1. Taco Local
Taco Local (source : @filipusverdi)
Tempat ini mungkin salah satu tempat paling asyik buat menikmati makanan Mexico, karena style-nya memang santai banget, enggak terlalu “old” karena kan restaurant berbasis Mexican dish itu biasa punya dekorasi dan ambiance yang agak tua gitu (macem film-film Desperado *ketauan umur gue ya* hahaha)
ADVERTISEMENT
Nah, tempat ini memberi gaya berbeda dengan kesan muda dan kekinian banget, lokasinya pun ada di area Pelaspas Dharmawangsa yang merupakan salah satu tempat berkumpulnya makanan-makanan enak!
Nah, Taco Local ini satu lokasi dengan Bao Ji , so kalian bisa nikmati Taco ini dalam versi Mexico atau Chinese, seru banget enggak tuh?
Sesuai dengan namanya, tempat ini punya spesialisasi di Taco! Taco ini basic-nya adalah tortilla wrap, kalian bisa pilih biasanya either soft taco atau crispy taco, both of them great, tapi personally gue lebih suka yang crispy karena lebih bertekstur gimana gitu.
Isinya pun sudah lengkap banget, biasa kalian tinggal pilih dagingnya,mostly dibakar sih, dagingnya sudah dibumbui dengan rempah khas kemudian diberi saus salsa yang terdiri dari campuran tomat, bawang, dan cilantro, guacamole (smashed avocado) dan biasa simple salad seperti potongan kol.
Di gigitan pertama, kalian akan langsung diberikan rasa yang nendang dari saus BBQ-nya itu. Tapi setelahnya akan langsung lidahmu akan bertemu dengan segala kesegaran dari saladnya dan sour cream.
ADVERTISEMENT
Kalau gue, biasa tambahin lagi perasan jeruk nipis supaya rasanya jadi makin segar, mantap. Kalau kalian enggak terlalu suka dengan cita rasa yang over, cobain deh Asian version-nya, soft bao dengan daging bakar plus kulit goreng. Uh lovely!
  1. Poblano
Selain Taco, makanan khas Mexico lainnya adalah Burrito. Bedanya dengan Taco adalah Burrito ini merupakan wrap (kayak kebab gitu) tapi Mexican version, isinya pun berbeda dengan kebab, isinya jauh lebih kompleks dan salah satu tempat makan paling recommend buat Burrito adalah Poblano.
Tempat ini memang tidak setenar restaurant Mexico lain tapi mereka punya konsep on the go yang menurut gue cocok dengan menu andalan mereka, yaitu Burrito. Lokasinya ada di Pacific Place yang kebetulan memang salah satu busiest district nih. Sebenarnya selain Burrito mereka juga menyediakan beragam menu mexico lainnya seperti Taco, Nachos, hingga Churros.
Buat kalian yang butuh quick lunch, Burrito bisa jadi pilihan pas, jadi isiannya adalah brown rice atau cilantro rice. Biasanya kemudian ada kacang merah, jagung, guacamole, salsa, sayuran, keju, black olive, daging (sesuai pilihan), sour cream, dan pastinya saus pilihan kalian.
ADVERTISEMENT
Menurut gue, rasanya tidak terlalu strong dan cenderung balance gitu, karena ada nasinya dijamin pasti kenyang and I love their rice yang nasinya itu pera (enggak nempel-nempel) plus gurih karena sudah dibumbui, semua sayuran yang digunakan segar dan pastinya porsinya gede banget.
Menurut gue sih bisa banget di-share up to 2 orang, belum lagi kalian bisa pesan extra chips di sini, makin asyik kan?
  1. Gonzo’s Tex Mex Grill
Welcome to Mexican Bar! Yes, Gonzo’s Tex Mex adalah salah satu fusion restaurant yang menyajikan hidangan Mexico dan Texas, memang sebenarnya root-nya enggak terlalu berbeda, karena Mexico sendiri memang masih bagian dari Amerika.
Tapi menurut gue, cita rasanya tidak sekental tempat makan Meksiko lainnya, justru mereka menawarkan versi yang lebih light in a good way of course!
ADVERTISEMENT
Spesialisasi di tempat ini memang Margarita dan Nachos. Gokil sih menikmati dua hidangan ini sambil menikmati alunan musik santai ala Mexican Bar! Yes! Lokasinya ada di Lotte Shopping Avenue selain ada dining area mereka juga punya secret bar loh di area belakangnya, nice enggak tuh buat hangout!
Margarita Selections
Nachos FTW
Can you resists this?
Sweet Quesadillas to end your dinner!
Salah satu favorit gue di sini pastinya Nachos ya, karena rasanya yang autentik Tex Mex! Tortilla chips-nya home made dengan taburan con carne (daging cincang), guacamole, salsa, cheese sauce, dan sour cream plus kalian bisa add-on mozzarella cheese! Uh yeah!
Menikmati Nachos memang paling pas dengan segelas Margarita, ralat deh segelas mah enggak akan cukup hahaha, let’s cheers! Eh iya, mereka juga banyak menu makanan seru loh kayak pasta dan steak buat yang pengen makan kenyang. So, kalau weekend ini mau hangout yang asyik langsung aja pergi ke Gonzo’s Tex Mex!
ADVERTISEMENT
***
So, itu lah tadi 3 tempat seru buat menikmati sajian khas Mexico yang anti-mainstream! Sebenernya sih, masih banyak lagi ya restaurant Mexico yang seru dan dengan rasa makanan autentik tapi kali ini I’m gonna share with you beberapa rekomendasi yang justru agak beda.
So, buat kalian yang baru first timer nyobain makanan Mexico, gue rasa tempat-tempat ini akan cocok dan nyaman-nyaman aja! Remember, stay hungry, stay healthy!
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan