kumparan

5 Kafe di Jakarta yang Ramah Lingkungan

Dok: Filipus Verdi
Belakangan ini mungkin kalian sering mendengar jargon 'save our environment atau let’s less waste, yes' salah satu gerakkan untuk mengurangi jumlah sampah plastik.
ADVERTISEMENT
Kampanye ini digerakkan karena untuk mengurangi penggunaan sampah plastik. Pasalnya sampah plastik membawa dampak buruk bagi lingkungan.
Sampah plastik yang paling banyak digunakan ialah sedotan plastik. Sedotan yang sudah terpakai tidak akan dipakai ulang oleh orang selanjutnya, hal ini menyebabkan penumpukkan sampah plastik.
Oleh karena itu, kini banyak kafe atau restoran yang menyajikan konsep strawless ataupun mengganti sedotannya dengan bahan stainless sehingga dapat mengurangi sampah plastik tersebut. Berikut beberapa kafe asik yang mendukung gerakan ini!
1. Kopi Pono
Dok: Filipus Verdi
Anak Kemang pasti sudah tak asing dengan tempat yang satu ini, salah satu kafe paling instagenic di Kemang.
Warna pastel mendominasi pada dekorasi kafe tersebut. Tiap spotnya unik, bahkan kerap kali dijadikan pengunjung untuk foto Outfit Of The Day (OOTD).
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, kafe ini juga menggunakan konsep stainless straw dengan konsep warna "bunglon" yang cukup catchy!
Dok: Filipus Verdi
Dok: Filipus Verdi
Dok: Filipus Verdi
Dok: Filipus Verdi
Minuman yang mereka tawarkan pun variannya cukup banyak mulai dari kopi, teh, hingga mocktails dan punch yang pastinya membuat segar dahaga.
Dok: Filipus Verdi
Dok: Filipus Verdi
Selain itu, kafe ini juga menyajikan hidangan makanan ringan termasuk cake seperti nutella cheesecake. Rasanya tak perlu diragukan, cake teresebut enggak bikin eneg saat diamakan.
2. Kilo Kitchen
Masih dari daerah Kebayoran, ada satu tempat makan yang lagi hits juga nih! From Singapore to Jakarta, inilah dia Kilo Kitchen.
Di restoran ini kalia bisa menikmatin Asian fusion cuisine dengan tempat yang terlihat mewah dan cozy.
Setiap minuman yang disajikan di Kilo Kitchen menggunakan stainless straw berwarna bronze yang memberi kesan mewah dan elegan juga.
Dok: Filipus Verdi
Dok: Filipus Verdi
Dok: Filipus Verdi
Salah satu minuman yang segar adalah calamansi, minuman ini terbuat dari perasan jeruk sehingga rasanya asam manis segar, jika ingin yang lebih creamy, kalian bisa mencoba minuman berbasis kelapa yang biarpun lebih heavy tapi tetap segar.
Dok: Filipus Verdi
Soal makanan, Kilo Kitchen ini mungkin akan masuk dalam top restaurant in 2019! Karena makanan mereka bener-bener BOMB banget!
ADVERTISEMENT
Black squid ink rice-nya patut dicoba. Nasi yang yang wangi dan cumi goreng yang renyang, bikin kalian ketagihan bila mencobanya.
3. Copper Club
Dok: Filipus Verdi
Copper Club, salah saatu kedai kopi di Kelapa Gading yang patut kalian coba. Meski tempatnya sulit dicari, tetapi variasi rasa kopi yang disaajikan tidak akan mengecewakan.
Dok: Filipus Verdi
Dok: Filipus Verdi
Dok: Filipus Verdi
Sesuai dengan namanya copper yang berarti tembaga, sedotan yang mereka gunakan di sini juga terbuat dari tembaga, tak hanya itu sendok garpunya juga menggunakan bahan yang sama, lho.
Minuman yang ditawarkan di kedai kopi ini juga menarik, salah satunya kopi soda yang dicampur nanas. Rasa asam segar ikut mendominasi saat masuk dalam tenggorokan.
4. Trafique
Dok: Filipus Verdi
Masih diseputaran kedai kopi, kali ini dari daerah Senayan, ada satu kedai kopi favorit, tepatnya di Jl. Hang Tuah, namanya adalah Trafique Coffee.
ADVERTISEMENT
Sesuai dengan namanya tempat ini ada di area dengan traffic atau macet yang cukup tinggi.
Dari awal mereka buka kedai kopi ini, mereka selalu menyajikan minuman dengan strawless, lho.
Dok: Filipus Verdi
Dok: Filipus Verdi
Dok: Filipus Verdi
Tak hanya menawarkan kopi, di kafe ini juga menawarkan minuman dengan variasi coklat.
Salah satunya Hot Choco Brulee, di mana ini minuman coklat panas yang atasnya diberi krim kemudian diberikan taburan gula pasir dan di torch sehingga ada crème brulenya di atas sajian minuman.
Saat pertama kali sampai di meja terkesan sangat manis, namun ketika diminum rasanya pas, lho. Rasa coklatnya yang sedikit pahit berpadu dengan nikmatnya brule di atas, cucok!
5. Banban Tea
Dok: Filipus Verdi
Nah , kalau 4 rekomendasi tempat di atas itu berupa kafe dan kedai kopi, kali ini ini sedikit berbeda. Banban Tee, patut kalian kunjungi!
ADVERTISEMENT
Meski tidak setenar Chatime atau KOI, tapi teh di sini memiliki rasa yang menarik. Tehnya sanagat berasa, susunya pun terasa meski tidak mendominasi. Tak hanya itu, bobanya pun super lembut dan manisnya pas.
Namun, jika kalian mau minuman lain yang segar bisa coba si berry berry cheese ini yang punya perpaduan antara berry juice dan cream cheese, uh lovely!
Dok: Filipus Verdi
Dok: Filipus Verdi
Dok: Filipus Verdi
Uniknya di sini kalian menikmati minumannya tanpa sedotan, karena cup-nya di desain sedemikian rupa sehingga langsung diuyup, dan bisa ditutup lagi.
Botol yang mereka gunakan juga proper, lho, bahkan bisa reuseable. Meskipun masih menggunakan sendok plastik tapi di sini cukup unik karena sendok dan garpunya menjadi satu sehingga bisa mengirit pembuangan sampah juga ya, good job!
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan