kumparan
search-gray
Food & Travel18 November 2019 2:08

5 Kuliner Daging Kambing Terbaik di Jakarta

JPFN3721.JPG
KULINER KAMBING!
Siapa yang suka kambing? I believe kambing itu menjadi salah satu alternatif protein yang banyak disukai banyak orang setelah ayam dan sapi, benar? Nah kalau sate dan tongseng atau gule kan sudah biasa, kali ini saya akan membagikan beberapa tempat makan kambing favorit saya! Pastinya banyak yang unik, enggak cuma nasi goreng dan sate saja, mau tahu di mana saja? Berikut lima tempat olahan daging kambing terbaik di Jakarta.
ADVERTISEMENT
1. Sop Kaki Kambing Bang Anen
IDFW7860.JPG
Sop Kaki Kambing Bang Anen
Mari kita mulai dari salah satu yang agak mainstream tapi mungkin enggak semua orang suka, yaitu sop kaki kambing! Mendengar nama makanan satu ini, tidak semua orang menyukainya dan tak sedikit juga yang merasa jijik, tapi ini salah satu makanan favorit saya. Di Jakarta, ada banyak tempat makan sop kambing yang terkenal, namun jika harus memilih dari sekian banyaknya pilihan, nampaknya saya akan memilih Sop Kambing Bang Anen yang berlokasi di Fatmawati.
CZTX7923.JPG
ALL THE GOODNESS
UPXQ8102.JPG
Sop Kambing (IDR 65.000)
NGKP7957.JPG
Look at that fatty & juicy Kaki Kambing!
Meskipun biasanya hidangan sop identik dengan kuah yang bening dan gurih, namun sop kambing ini menggunakan santan ataupun susu dan biasanya dicampur. Nah, untuk Sop Kambing Anen mereka mencampur santan dan susu untuk kuahnya, tapi lebih didominasi dengan susu sehingga lebih thick rasanya. Kuahnya itu bener-bener rich banget, parah enaknya! Terus yang membuat nikmat lagi adalah sentuhan dari minyak samin yang memberi cita rasa gurih yang ekstra!
ADVERTISEMENT
PZUF9202.JPG
Jangan lupa pake emping!
HBPU7528.JPG
Jangan banyak-banyak ya friends makannya :)
EXEK2663.JPG
Sate Kambing (IDR 65.000)
Pilihan isi sop kambing ini sangat variatif, mulai dari daging, paru, babat, usus, tulang muda, kaki pastinya, otak, hingga mata! Semua orang kambing ada di sini hiiiiiiii berani gak tuh makan semua organ kambing ini? Hahaha menikmati sop kambing tidak lengkap tanpa sate kambing. Meski harga sop dan sate kambing di sini terbilang lumayan mahal tapi selalu ramai, tidak jarang para pejabat negara kita makan di sini loh ;)
2. Kambing Bakar Cairo
FWOZ9407.JPG
Kambing Bakar Cairo
Masih di sekitaran Jakarta Selatan, ada satu tempat makan kambing yang udah lumayan lama dan outletnya enggak cuma di Jakarta tapi ada juga di Bandung dan beberapa kota di luar Jabodetabek, namanya Kambing Bakar Cairo! Saya yakin banyak dari kalian sudah enggak asing sama tempat satu ini, meski kadang membuat kita bertanya apakah ini beneran dari Mesir?
ILMV2401.JPG
Tempatnya nyaman
IOOC4168.JPG
Kambing Bakar + Gulai
Ternyata tidak juga, ini adalah produk lokal dan cita rasanya pun menurut saya lokal banget, gak ada yang aneh, semua terasa biasa saja haha yang paling penting, di sini kambing bakarnya tidak bau prengus kambing sama sekali!
OUNV5893.JPG
Iga Bakar (IDR 72.000)
NUNJ3930.JPG
Paha Bakar (IDR 73.000)
Mereka punya pilihan bagian kambing yang sudah diseleksi, ada bagian paha, iga dan punggung, semuanya dimasak dengan cara dibakar dan di sajikan di atas hot plate sehingga aromanya begitu nikmat. Makan kambing bakar ini disantap dengan cocolan kecap manis yang sudah dicampur dengan merica dan cabe ijo.
WKQZ6973.JPG
Juicy meat
NUJG3511.JPG
Daging yang sudah dipadukan dengan kecap
Kalau kalian suka makan yang lebih daging, cocok banget pesen yang bagian paha dan sebaliknya jika kalian suka bagian daging yang berlemak, bisa pesan iga. Supaya gak seret, kalian juga bisa pesan kuah gulai loh jika enggak pengin ambil dagingnya. Wajib coba!
ADVERTISEMENT
3. Alahap
DVVI2786.JPG
Alahap
Beralih ke daerah Kemang, ada satu tempat makan kambing favoritku, yaitu Alahap yang kalo kita baca terbalik jadi pahala, bagus banget ya pengambilan namanya? Selain itu juga bisa diartikan makan dengan lahap, namanya saya suka banget. Biarpun tempat makannya gak gitu luas tapi nyaman dan interiornya menunjukkan jenis makanan di sini yang bergaya Timur Tengah.
PKTB5950.JPG
LaLi Dabba (IDR 55.000)
EHHF0399.JPG
LaLai Dabba (IDR 55.000)
Menu makanan spesial di sini adalah nasi kebuli kambing. Uniknya, gak cuma nasi kebuli tapi mereka juga punya nasi rempah dan nasi gulai, sebagai pilihan topping ada ayam dan kambing, cuma kalau udah nasi kebuli yang ada rempahnya gitu kayaknya mah memang paling cocok kambing deh.
FTUO4869.JPG
Nasi gurih + daging kambing lembut
PRXD9059.JPG
Makannya wajib pake acar timun, bangkuang, nanas
Nasi kebuli di sini rasanya begitu gurih tapi secara rempah itu yang gak berlebihan, ada aroma wangi minyak samin juga, matang nasinya juga begitu pas nih dan si daging kambingnya itu juga lembut banget! Gila sih ini enaknya luar biasa semua perpaduannya dan jangan lupa pake sambalnya!
KDLU3633.JPG
Sambal merah
Ada sambal merah, ijo ataupun matah. Yang aku suka sih sambal merah dan matahnya yang somehow it works with nasi kebuli. Oh iya, nasi goreng gulai mereka juga enak dan hadir dengan rempah yang lebih kuat loh ternyata, lebih gurih juga! Parah sih ini, a must try when you’re in Kemang!
ADVERTISEMENT
4. Kambing Babeh Dolof
UCLY8133.JPG
Kambing Babeh Dolof
Masih dari Kemang nih, di suatu area car wash ternyata ada tempat makan kambing yang legit. Namanya Kambing Babeh Dolof yang konon katanya ini punya Omesh, salah satu artis Indonesia loh makanya enggak heran dari menu nya ada nama dia haha selain itu ada juga menu yang dibuat spesial oleh Vicky Notogenoro dan juga Peppy.
KGVW8912.JPG
Asik juga buat nongkrong
CVVP8589.JPG
Artsy spot
Di tempat ini menu kambing nya bener-bener unik, ada kambing Italia, kambing Paris sampe ada kambing susu dan lain-lain, pokoknya kalau mau makan kambing yang spesial dan gak ditemuin di tempat lain, harus, kudu, wajib ke sini!
OUYN4167.JPG
Kambing Gemesh (IDR 58.000)
RSJL4690.JPG
SO GOOD!
Menu yang wajib kalian pesan pastinya adalah Kambing Gemesh (Gentong Omesh) , jadi makanan ini tak lain adalah kambing yang dimasak dalam gentong dengan berbagai macam rempah. Rasa bakarannya begitu khas dengan bumbu rempah dan citarasa manis serta minyak yang memberi kekayaan dari cita rasa hidangan satu ini, di dalamnya juga terdapat bawang putih dan merah yang sudah dibakar dan cabe hijau. Menarik banget! Menikmati sajian yang kaya rasa ini sebaiknya dengan nasi putih ataupun dengan roti khas dari Kambing Babeh Dolof.
WUJP4721.JPG
Kambing Italiano (IDR 58.000)
SBHZ3652.JPG
Surprisingly delicious!
Menu berikut yang saya coba adalah Kambing Italiano. Menarik ya? Daging kambing bakar ini dimasak dengan beberapa sayuran kemudian di atasnya diberi lelehan keju mozzarella, kemudian disajikan dengan roti yang sangat enak dan juga telur mata sapi. Asli unik banget dan ternyata rasanya enak juga plus porsinya melimpah! Rasanya cenderung lebih light dan yang terpenting gak ada tuh istilah bau kambing di sini!
ADVERTISEMENT
5. Martabak Puas
DSC03601.JPG
Martabak Puasss
Last but not least, kali ini beranjak ke sisi Timur Jakarta, tepatnya di daerah Condet ada satu tempat makan spesial dan jadi favorit saya, namanya Martabak Puas.. Sesuai dengan namanya abis makan di sini kalian akan dijamin puas. Selain spesial dengan martabak pastinya, mereka juga punya beberapa menu khas seperti nasi goreng kambing, nasi biryani, hingga nasi kebuli pokoknya yang masih berbau kambing deh. Tak heran makanya martabak di sini pun bisa kita pilih dengan isian daging kambing. Oh iya, martabak yang mereka jual ini martabak asin ya alias martabak telur.
DSC03611.JPG
Martabak Lapis (IDR 68.000)
DSC03605.JPG
Nasi Goreng Kebuli Kambing (IDR 40.000)
Menu yang jadi pilihan saya pastinya adalah Martabak Double Super Puas yang bisa kita artikan sebagai martabak beranak haha karena martabaknya berlapis! Jadi di dalam martabak masih ada martabak, gokil ya? Haha dijamin puas karena tebal dan juga isiannya lengkap plus dagingnya ini punya potongan yang agak besar sehingga menggigit banget plus ada bumbu rempah khas nya. Menikmati martabak ini terasa sempurna dengan cocolan saus asam manis dan acar timun! Kalau mau makan yang lebih kenyang bisa banget nih pesen nasi biryani kambing ataupun kebuli kambing!
ADVERTISEMENT
Itulah tadi 5 tempat favorit saya untuk menikmati sajian kambing! Jadi sekarang kalian udah tahu ya kalau kambing enggak cuma enak buat di sate ataupun tongseng tapi ternyata bisa juga loh dimasak dengan gaya Italia ataupun jadi pilihan isian buat martabak. So, mana dulu nih yang mau kalian coba? Stay Hungry, Stay Healthy!
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white