Pencarian populer

5 Rekomendasi Restoran Sate Kambing Terenak Se-Jakarta

Sate kambing.
Back to classic, yep ketika mendengar kata kambing, di bawah alam sadar pikiran kita akan memproses suatu imajinasi berbentuk sate kambing, hidangan ini sangat populer dan sangat mudah ditemukan. Tapi manakah di antara sate-sate kambing di Jakarta yang memilik rasa paling spesial?
ADVERTISEMENT
Pasti selalu ada yang lebih baik di antara yang baik. Kali ini, The Hungry Doctor akan memberikan lima rekomendasi sate kambing terbaik mulai dari style Jakarta, Cirebon hingga Tegal!
  1. Sate Palmerah Kim Tek
Sate Palmerah / KIM TEK
Jika harus memilih sate kambing yang terbaik di Jakarta, tampaknya saya tak perlu ragu untuk menyebut Kim Tek sebagai jawaranya! Namanya terdengar unik ya? Sate ini sudah ada sejak 1971, didirikan oleh Tan Kim Tek. Meskipun sempat ganti nama menjadi 'Sate Palmerah', nama 'Kim Tek' sudah terlanjur melekat di telinga masyarakat sehingga nama tersebut kembali digunakan.
Saking terkenalnya, saat jam makan siang, jangan ditanya sepanjang apa antrenya? Bisa bikin macet Jalan Panjang!
Lokasi Sate Kambing Kim Tek berada di daerah Palmerah menuju ke arah Kebon Jeruk. Dari luar tampak sederhana namun tempat ini punya cita rasa yang begitu mewah (re: harganya juga sih).
Food Galore!
Sate kambing IDR 80.000
Sop kambing IDR 50.000
Ada beberapa alasan yang membuat saya merekomendasikan Sate Kambing Kim Tek ini. Pertama, karena kualitas dagingnya yang baik. Kedua, mereka juga punya menu sate-sate jeroan. Hmmm... jarang-jarang kan ada di warung sate yang menyediakan sate jeroan selengkap di Sate Kambing Kim Tek.
ADVERTISEMENT
Karena pemilihan daging yang baik serta cara pengolahan yang tepat kalian enggak akan mencium bau “prengus” pada setiap olahan masakannya. Mulai dari sop hingga gulai semua terasa clear dan sudahlah juara pokoknya!
Dari segi harga memang Sate Kamabing Kim Tek dibanderol di atas rata-rata bahkan bisa menyaingi harga sate di restoran, but yeah you got what you paid.
  1. Sate Tegal H. Sadjim
Spanduk Sate Tegal H. Sadjim
Melancong ke daerah Pejompongan, Jakarta Pusat, kalian akan menemukan deretan penjual sate kambing. Namun tempat yang satu ini bisa kalian jadikan rekomendasi utama, yup! Sate Tegal H. Sadjim ini tak pernah sepi pengunjung, terutama saat jam makan siang.
Kombinasi perfect di tempat ini adalah sate, tongseng dan tahu goreng. Tempatnya lumayan luas dan kalian bisa langsung melihat proses pembuatan sate dan tongseng yang menggugah selera! Sambil menunggu pesanan datang kalian bisa menyantap tahu goreng panas yang dicocol ke sambal kecap pedas, mantap!
Tahu goreng as starter!
Sate kambing IDR 55.000
Tongseng kambing IDR 35.000
Sate kambingnya juga sangat empuk! Terus daging kambingnya sama sekali tidak berbau. Dalam pengolahannya, mereka menggunakan daging kambing muda sehingga serat dagingnya lebih halus dan lemaknya lebih sedikit, kalian juga bisa memilih sate tanpa lemak.
ADVERTISEMENT
Sate kambing di sini disajikan dengan bumbu kecap yang diulek dengan cabe rawit. Katanya, sambal ulek ini yang jadi ciri khas sate Tegal menurut. Sebagai menu pendampingnya, kali ini saya memilih tongseng. Uniknya sebelum ditumis dengan bumbu, daging kambingnya dibakar terlebih dahulu sehingga rasanya lebih "smokey", asik!
  1. Sate Keroncong Sederhana
Cara masak tradisional dengan arang
My personal favorite! Meski bukan yang terbaik banget buat satenya, tapi ini salah satu tempat yang gue sering balik haha karena dekat dengan rumah dan rasanya yang memang enak. Sate ini 'bergaya' Klaten, beda lagi kan? Sate di sini punya potongan yang besar dan pastinya ada lemaknya biar makin mantap! Bayangin dong, lemaknya pecah di mulut pas digigit bersamaan dengan dagingnya. Terus baru deh berpadu sama kecapnya!
ADVERTISEMENT
Terus disajikan dengan bawang merah, potongan tomat segar, cabe rawit dan taburan bubuk lada!
Sate kambing IDR 55.000
Tongseng dalam proses pemasakan.
The best Tongseng ever IDR 40.000
Sebagai menu pendamping, yang paling spesial di sini adalah tongseng! Satu porsi tongseng kambing di sini berisikan daging kambing, kol, tomat, potongan cabai rawit dan pastinya kuah berbasis santan yang gurih banget.
Menurut saya, belum ada yang bisa mengalahkan sedapnya tongseng di tempat ini, dagingnya pun empuk karena cara memasak rahasia turun-temurun. Selain itu, tongseng di sini selalu freshly made by order, kalian bisa menciumnya sendiri betapa menggodanya aroma tongseng ini saat dimasak, dijamin tambah lapar!
  1. Sate Lamongan Jaya Agung
Lokasi sate Lamongan Jaya Agung.
Buat kalian yang sering kulineran di daerah Sabang, Jakarta Pusat, pasti enggak asing lagi dengan Sate Lamongan Jaya Agung! Meski 'Sate Heri' nampaknya lebih tersohor di sepanjang Jalan Sabang, tempat satu ini bisa dibilang salah satu yang original di daerah Sabang. Tempat makan sate ini bergaya Lamongan, yang membedakannya lagi adalah mereka lebih menggunakan bumbu kacang sebagai dressing untuk satenya. Sedangkan untuk menu pendamping yang berbahan dasar kambing, mereka punya menu gule. Meski lokasinya di pinggir jalan, tapi kebersihan tempat ini cukup terjaga.
Sate Lamongan Jaya Agung.
Sate Lamongan Jaya Agung.
Sate Kambing (IDR 58.000)
Gule kambing IDR 30.000
Sate kambing di sini juga sudah dilumuri dengan bumbu kacang saat proses pembakaran, sehingga lebih mantap dari segi bumbu, kemudian satenya disajikan dengan acar. Tak perlu diragukan lagi, sate kambing di sini dijamin empuk deh terus ya bumbu kacangnya juga gurih dan kalau suka manis bisa extra kecap lagi. Kuah gule di sini juga nikmat, berempah tapi enggak bikin enek, jangan lupa extra sambal dan perasan jeruk nipis supaya makin sedap.
ADVERTISEMENT
  1. Sate Blora Cirebon Rawamangun
Find this yel
Bingung saat mendengar tempat sate ini? Blora atau Cirebon? hmm dua daerah yang terpaut jauh kan? Ternyata sate ini khas Cirebon namun awal mereka buka itu di Jalan Blora sebelum akhirnya digusur dan pindah ke Rawamangun. Sate Blora Cirebon (SBC) sudah ada sejak tahun 1965 loh! Luar biasa kan? Yang membedakan, sate Cirebon di sini adalah penyajiannya yang di atas hotplate, mantap kan tuh? Mereka juga mudah ditemukan karena berada di pinggir jalan, namun kadang jika ke sini saat jam makan siang agak sulit mencari parkir.
Sate Kambing (IDR 50.000)
Cocol ke kecap kental, jangan lupa cabe rawit dan bawang merah
Sop Kambing (IDR 30.000)
Tentu saja gue selalu memesan sate kambing! Kalian bisa pilih antara sate dengan lemak atau tanpa lemak, kalau untuk satenya sendiri mereka cenderung dibumbui dengan minimal, jadi cita rasanya benar-benar keluar dari daging kambingnya itu sendiri dan makannya bisa dicocol ke sambal kecap atau sambal kacang sesuai dengan selera kalian! Kalian tim kecap atau kacang nih? Jika ke sini jangan lupa untuk memesan sop kambingnya, karena rasa kuah yang gurih dan isinya itu balungan alias tulang-tulang kambing seperti iga, saat digigit dagingnya lepas dari tulangnya, gokil!
ADVERTISEMENT
So, itulah tadi Sate Kambing dari 5 daerah yang menurut gw terbaik! Sebenarnya masih banyak sih sate kambing enak di Jakarta, kalau kalian paling suka yang mana? Well, yang agak mengejutkan ternyata harga sate kambing itu mahal-mahal, ya? Haha ingat ya, jangan terlalu banyak juga saat menyantap daging kambing karena kandungan kolesterol yang lumayan tinggi, apalagi di-mix dengan santan.
Stay hungry, stay healthy!
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86