kumparan

Menjelajahi 6 Kuliner Hits Khas Singapura di Jakarta

Food Galore!
Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin. So, I Just back from Singapore dan langsung nulis di kumparan demi para pembaca setia sekalian! Yes, kalau kalian follow IG aku di @filipusverdi pasti tahu aku abis #JelajahSG nih!
ADVERTISEMENT
Semua gara-gara keseringan baca artikel di kumparan tentang Singapura ini, jadi karena dapet jatah libur sebelum kembali shift di rumah sakit. Nah buat kalian yang pengin ikutan kulineran ala Singapura kayak aku tapi enggak sempat ke sana, jangan khawatir! Karena artikel kali ini akan membahas rekomendasi kuliner Singapura yang ada di Jakarta!
Eits, tapi enggak sekadar makanan Singapura, tapi ini benar-benar cabang dari sana! Mantap, kan? Bahkan sampai ada yang Michelin Star juga! Penasaran? Berikut ulasannya.
1. Old Chang Kee
Kita mulai dengan snack yang mass-product! Old Chang Kee, enggak di Singapura, enggak di Jakarta, tempat makan ini memang sangat mudah ditemukan. Apalagi di Singapura, hampir di semua mal atau stasiun MRT pasti ada Old Chang Kee.
ADVERTISEMENT
Secara varian memang beda jauh banget sih antara yang di Singapura dan Jakarta, tetapi kalian tetep bisa enjoy beberapa signature menu mereka, kok, don’t worry! Aku pun pertama kali makan Old Chang Kee itu di Singapura dan pas di Jakarta baru sadar mereka juga ada dan tempat ini memang sudah jadi tempat makan favoritku kalau lagi cari camilan.
Fish Ball
Fish Roll
Best Curry Puff!
Dari sekian banyaknya pilihan di Old Chang Kee, favoritku adalah Curry Puff, Fish Ball, dan Squid Head. Selain karena paling enak, 3 menu ini juga best seller di Singapura. Curry Puff sendiri kalau secara local, kita kenal dengan sebutan pastel!
Bedanya kalau pastel isinya sayuran, ini isinya chicken curry dan sayuran gitu, bahkan kalau di Singapura isiannya pakai ikan sarden! Rasanya enak banget! Di Jakarta juga ada pilihan isian Ayam Lada Hitam dan Ayam Panggang, semuanya enak!
ADVERTISEMENT
2. Taste Good
Best Salted Egg Chicken in Singapore
Taste Good!
Singapura adalah asal mula tren salted egg! Yes, ayam telur asin itu nge-hits banget di sana, dan akhirnya banyak banget yang jual di Jakarta, tapi ada satu tempat asli dari Singapura di Jakarta yang memang spesialisasinya di salted egg. Bahkan di Singapura pun mereka bukan tempat makan biasa, melainkan tempat paling hits juga!
Jadi enggak usah deh jauh-jauh ke Singapura karena mereka sudah buka cabang di Muara Karang! Gokil banget, kan? Tempatnya sederhana, enggak jauh beda sama yang ada di Sim Lim Square, Singapura.
Salted Egg Chicken
Cereal Prawn
Kalian harus banget coba Chicken Salted Egg-nya! Beda banget sama tempat lain, creamy-nya dapat, asin dan manisnya pas! Tapi ada satu condiment yang wajib kalian tambahkan ke dalam sajian ini, yaitu cabe rawit dan kecap asin! Pas dicampur, astaga enaknya! Udah enggak paham lagi!
ADVERTISEMENT
Terus makin creamy setelah kena telur mata sapinya. Eh iya, ada lagi nih menu secret sebenernya, yaitu Cereal Chicken (ini aku lebih favorit personally), bisa diganti dengan udang juga biar lebih mantap! Sumfeh ini enaknya out of the box! Cita rasa gurih berpadu tekstur crispy dan aroma bawang putih, cabe plus rempah, mantap luar biasa! Wajib pesan! Rasanya? Sama kayak yang di Singapura!
3. Song Fa Bak Kut Teh
Bak Kut Teh
Tahu yang namanya Bak Kut Teh? Ini salah satu sup yang terkenal banget di Singapura, tapi sayang ini merupakan kuliner yang enggak halal, karena ini adalah sup yang berbahan dasar dari iga babi. Hidangan ini hampir mustahil untuk diganti dengan daging lain sih seperti sapi atau ayam, karena secara rasa dan tekstur benar-benar beda.
ADVERTISEMENT
Jadi buat teman-teman pembaca kumparan yang beragama muslim bisa langsung pindah ke nomor 4! Tapi karena ini hidangan khas Singapura yang punya sejarah panjang di sana, rasanya enggak mungkin aku skip, apalagi mereka sudah buka cabang di Jakarta hehe. Lokasinya ada di Pantai Indah Kapuk, Hayam Wuruk dan Central Park Mall.
Pork Soup
Braised Pork Belly
Chinese Tea
Menu andalannya adalah Bak Kut Teh itu sendiri, sup yang dimasak dengan kaldu yang luar biasa nikmat dengan banyak mengandung rasa lada. Yes, tipikal sup mereka memang peppery, dagingnya udah lembut banget dan bahkan lepas dari tulangnya! Nikmat banget sih, apalagi dimakan dengan cakwe gorengnya yang masih panas! Kalau suka yang manis-manis bisa pesan braised pork belly juga.
4. Toast Box
Toast Box!
Kaya Toast on progress!
Kaya Toast juga udah jadi tren di Singapura, apalagi brand Toast Box ini! Sebenarnya di Jakarta kalian lebih mudah menemukan Ya Kun Kaya Toast yang juga merupakan brand asli dari Singapura. Tapi di Singapura, brand satu ini lebih digemari dan lebih menarik karean, secara tempat, mereka hadir ala kafe gitu tapi harganya masih '11-12' sama Ya Kun Kaya Toast yang exactly kayak di Jakarta yang lebih kecil tempatnya.
ADVERTISEMENT
Well, Toast Box di Jakarta, baru ada di 2 tempat: Gandaria City dan Kota Kasablanka, yang sayangnya harganya lumayan jauh lebih mahal dibanding di Singapura (tapi ya, daripada ke Singapura langsung). Sebagai gambaran saja, di Singapura, 1 piece Kaya Toast harganya SGD 1.80, sedangkan di Jakarta harganya IDR 30.000. Hampir dua kali lipatnya!
Kaya Toast Set
Milk Tea + Coffee Jelly & Ice Coffee
This is how you eat kaya toast perfectly!
So, kali ini aku pesan 2 set Kaya Toast dengan pilihan minum es kopi dan es milk tea dengan coffee jelly! Kaya Toast di sini kalian bisa pilih roti biasa atau roti gandum, klasiknya sih roti biasa ya, benar-benar garing sih toast-nya dan manis selai srikayanya pas banget!
Berpadu sama potongan butter yang tebel bikin rasanya jadi super banget! Aku punya trik nih, kalau makan Kaya Toast cocoknya dioles ke telur setengah mateng kemudian habis itu diseruput deh kopinya. Asli, nikmat tiada tara!
ADVERTISEMENT
5. Tai Hwa Bak Chor Mee
Best Selling Bak Chor Mee
LEGIT!
Singapore Michelin Star is here! Michelin Star adalah penghargaan untuk tempat makan terbaik yang biasanya lebih ke resto ala fancy gitu. Tapi uniknya, mereka ini street food tapi bisa dapat Michelin Star. Luar biasa, ya?
Dulu, sebenarnya ada beberapa Michelin Star Restaurant yang buka cabang di Jakarta, tapi sekarang udah pada enggak ada, tersisalah si Tai Hwa ini! Sayangnya, lagi-lagi menu ini non-Halal.
Bak Chor Mee ini adalah mie khas Singapura yang berbahan dasar pork. Tempat makan ini udah dapet banyak banget penghargaan dan mereka udah ada sejak tahun 1939! KACAU!
Mee Pok
Look at that spicy seasoning!
Fried Wonton
Penampilan minya memang sangat menarik, ada yang tipis, lebih khas yang tebal. Isiannya ada daging cincang, daging iris, hati, bakso dan pangsit rebus. Supaya makin mantap kalian harus pesan juga pangsit gorengnya! Wajib pokoknya.
ADVERTISEMENT
Rasanya asin gurih, dominan bawang putih dan minyak cabe. Sayangnya, kuahnya itu kurang enak, karena agak fishy soalnya pakai rumput laut. Porsinya juga gede banget! Kalian bisa pesan 1 dan share up to 2 orang, sih. Wajib, wajib, wajib! Kapan lagi kan nyobain Michelin Star di Jakarta?
6. Joe & Dough
Life Begins After Coffee
Coffee understand
BONUS! Sebenarnya tadi cuma pengin 5 aja, tapi akhirnya memutuskan untuk memasukan salah satu kafe yang baru buka juga di Jakarta. Cabang ke-3 mereka ada di Kota Kasablanka, baru buka sekitar sebulan. Namanya adalah Joe & Dough.
Kenapa kafe ini spesial? Karena di Indonesia justru menu mereka lebih beragam dibandingkan di Singapura.
Di Singapura mereka lebih ke to-go konsepnya, dilengkapi dengan beberapa seat aja, sedangkan di Jakarta mereka punya space yang luas banget, benar-benar proper café.
Pastry is here!
Special in Jakarta
The best Bluberry Tart!
Menu yang mereka sajikan di sini pun banyak yang dibuat spesial untuk market Indonesia, seperti Bolu Pandan dan Emping Nachos! Menarik kan? Kalau menu classic mereka itu lebih ke pastry dan bakery-nya serta kopi.
ADVERTISEMENT
Kopi mereka itu aku suka, karena ada acidity-nya dan susunya itu juga pas, kalian wajib pesan blueberry tart, black sesame cake, dan DR. Joe alias Double Ristretto untuk kopinya! Minum di pagi hari dijamin segar banget!
So, itulah tadi beberapa tempat makan hits asal Singapura yang bisa kalian temukan di Jakarta! Pastinya ini tempat makan yang gak sekedar berasal dari Singapura, tapi di sana mereka memang hits!
Jadi gimana? Enggak perlu beli tiket pesawat kan buat kulineran ala Singapura? Cukup keliling aja nih di Jakarta, cita rasanya pun sama kok ;) Selamat berakhir pekan! Stay Hungry, Stay Healthy
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan