kumparan

Rasuna Garden Food Street: Surganya Kuliner!

Rasuna Garden Food Street
Hayo di sini siapa yang ngantor atau ngampus daerah Rasuna or specifically Epicentrum area? Haha, pasti enggak asing deh sama tempat satu ini, atau bahkan enggak tahu?
ADVERTISEMENT
Namanya adalah Rasuna Garden Food Street. Sesuai dengan namanya area ini adalah taman yang isinya makanan semua! Banyak banget sih tenant-nya, mulai dari yang konvensional hingga modern, dari warung pecel lele Lamongan sampe steak house juga ada loh di sini.
Setelah beberapa kali ke sini akhirnya ini dia 10 tempat yang recommended menurut The Hungry Doctor! Oh iya, since banyak juga outlet serupa, jadi aku udah pilihin ya, kurang baik apa coba?
  1. Kedai Tapi Mini
Kedai Tapi Mini
First recommendation! Salah satu yang paling impressive menurutku. Jika kita lihat di sini memang lumayan banyak yang jualan kopi, maklum sih ya kawasan perkantoran. Tapi di sini mereka enggak cuma menyajikan kopi, melainkan ada menu spesial juga berupa daging asap gitu!
ADVERTISEMENT
Menarik banget, di mana yang lain hanya jual rice bowl biasa gitu, namanya tempatnya Kedai Tapi Mini, mungkin mereka ada café juga sebenernya yang namanya Kedai Tapi, makanya ini versi mininya.
Lidah Asap (IDR 30.000)
Sapi Asap (IDR 25.000)
Menu yang mereka sajikan itu ada daging sapi, lidah dan ayam asap! Kalo kalian tahu Se’i makanan khas Kupang, mirip-mirip gitu deh.
Lidah Asap + Nasi Putih
Sambal Matah, TOP!
Sebenarnya dagingnya sudah diasap lama gitu, jadi di sini nanti tinggal dipanasin, so kali ini cobain daging sapi asap dan lidah asap! Kalo ayam agak bosen gitu, haha. Well ,1 porsi daging asap ini udah termasuk tumis bayam gitu loh dan kalian bisa sambal cocolannya, ada sambal merah, ijo dan juga matah. MENARIK banget sih ini parah, aroma pas dimasaknya begitu menggoda.
NIKMAT!
Es Kopi Susu Kampung (IDR 18.000)
Disantap dengan nasi panas enaknya, lebih suka lidah sapinya karena tebal, juicy dan ketemu sambal matahnya tuh pas banget loh. Selain itu pesen es kopi susu mereka dan ya rasanya memang enak, tipikal yang kopi banget instead of creamy and milky, ada aroma brown sugar-nya juga, jadi buat aku ini enak sih! Perpaduan yang pas!
ADVERTISEMENT
  1. Ka-fe-in
Ka-fe-in indoor room!
Nggak jauh dari Kedai Tapi Mini, ada satu tempat yang cukup oke di sini bernama Ka-fe-in, karena konsepnya Rasuna Garden Food Street ini kayak semacam Pujasera, jadinya sebagian besar tenant cuma punya kayak simple dining area gitu, tapi beda sama Ka-fe-in yang punya area indoor ber-AC yang proper!
From Indonesia to Western
Terus menariknya lagi tempat ini punya segala jenis makanan! Bener-bener multi-genre, dari makan Indonesia, Asia sampe Western ada loh, udah gitu masakan Indonesia-nya nggak nyantai juga, bukan sekadar nasi goreng tapi sampai ada Mi Aceh segala! Menarik ya?
Dining area dengan dekorasi menarik
Tempat makan indoor-nya pun didesasin dengan cantik dengan beberapa mural di dindingnya, jadi kerasa ada mini café aja di dalam tempat satu ini, ada perbedaan suasana sama tempat lainnya, aku suka!
Kopi Lokal Indonesia
Well, Terus mereka juga punya kopi yang gak kalah seru loh! Terus karena kabita banget, jadi order banyak di sini! Abisnya menunya itu mengundang untuk dipesan.
Cabe uleg untuk cocolan singkong goreng
Singkong Goreng Cabe Ijo (IDR 15.000)
Jadi sebagai pembuka aku pesen singkong goreng cabe ijo, sebenernya ini ya kayak singkong goreng pada umumnya tapi dikasih cocolan cabe ijo, jadi lebih nendang gitu rasanya!
Mie Goreng Aceh (IDR 18.000)
Ayam Goreng Telur Asin (IDR 28.000)
Pasta Carbonara with Bratwurst (IDR 28.000)
Mie Acehnya surprisingly good! Gak kalah sama yang spesial jualan mi Aceh, kalau Nasi Ayam Telur Asinnya sih biasa aja, cenderung agak oily dan terlalu asin sih, while Pasta Carbonaranya BOMB! Ini enak asli, creamy banget, cheese-nya kerasa dan pake sosis bratwurst loh! Harganya cuma Rp 20 ribuan aja, mantap enggak tuh?
Pisang Bakar!
Pisang Bakar Keju Susu (IDR 17.000)
Es Kopi Hitam (IDR 17.000) + Es Teh Mangga (IDR 10.000)
Kopinya juga seru dan kalian harus coba flavored iced tea-nya yang menyegarkan! Apalagi yang mango! Sebagai penutup jangan lupa pisang bakar keju! Nikmat!
ADVERTISEMENT
  1. Ayam Goreng Pop H. Yogi
Ayam Goreng Pop H. Yogi
Kalau kalian tau Bebek Goreng H. Yogi, nah ini masih segrup kayaknya, abisnya tuh muka si bapaknya sama, hahaha, tapi di Rasuna Garden mereka enggak jual bebek, melainkan ayam pop! Hmm, kok jadi ala-ala makanan Padang ya?
Perfect lunch!
Buat yang enggak tahu ayam pop, ayam ini merupakan jenis ayam goreng tapi digorengnya asal doang, jadi semacam hanya dicelup ke minyak panas and that’s all gitu! Rasanya gurih karena sudah direndam dengan air kelapa.
Ayam Pop (IDR 20.000)
Ayam Pop Telur (IDR 22.000)
SAMBAL!
Tapi di sini gak sekadar ayam pop pada umumnya, di Ayam Goreng Pop H. Yogi mereka punya 2 jenis ayam pop, yang 1 digoreng langsung dan 1 lagi dibungkus dengan telur baru digoreng sehingga jadi bersarang telur gitu! Menarik bukan? Ayamnya juicy dan tasty kemudian dicocol ke sambal ijo dan merah yang pedas namun gurih! Disantap dengan nasi putih, sedap betul!
ADVERTISEMENT
  1. Dock of Tuna
Dock of Tuna
Keseruan dari Rasuna Garden baru saja dimulai, haha. Aku seperti menemukan harta karun, namanya Dock of Tuna. Jarang banget ada tempat yang khusus menjual tuna kayak tempat satu ini, makanya ini menarik sekali.
FRESH TUNA!
Look at that pretty fat!
Mereka menyajikan ikan tuna dengan berbagai cara, mulai dari simply di-grill dengan bumbu khas mereka sampai dibuat menjadi olahan pasta bahkan nasi goreng dan sop tuna loh! Selain bagian badan, ada juga bagian kepala tuna yang dipanggang!
Grill Tuna Breast
Tuna + Nasi + Sambal Dabu
Dari semua menu itu, akupun mencoba menu favorit mereka yaitu Grilled Tuna Breast yang disajikan lengkap dengan sambal dabu, sambal goreng dan nasi putih!
Fresh & Tasty!
Gak kering sama sekali tuna nya, nikmat!
Tunanya sih segar sekali, keliatan saat masih dipotong, kemudian dibakar dengan bumbu minimalis sehingga tidak mengganggu kesegaran dari tuna itu sendiri, juicy gitu deh tuna nya, Terus ya sambal dabunya itu… SEGER BANGET! Kayak baru dibuat rasanya, tapi udah kerasa banget, sambelnya pedas dengan ada aroma kayak sambal roa gitu, suka sih sama Dock of Tuna ini! Harganya juga oke banget loh!
ADVERTISEMENT
  1. Nampol Authentic Rice Box
Nampol Authentic Ricebox
Kalo kalian yang pengen quick lunch, tempat satu ini bisa jadi rekomendasi, namanya Nampol Authentic Rice Box, konsepnya oke sih. Dia bawa nasi goreng to the next level, karena kita bisa pilih jenis nasi goreng apa yang kita mau begitu pun dengan topping-nya, mulai dari nasi goreng rendang, kari, tomyam hingga wijen, selain nasi mereka juga punya mie.
Fresh seasoning
Pilihan isian
Saat aku ke sana mereka juga punya menu baru yaitu nasi sosis bratwurst dengan keju mozzarella, sayangnya udah keabisan! Sad :(
Nasi Goreng Rendang (IDR 25.000)
Sosisnya gede!
Dari banyaknya pilihan itu, aku pun memilih nasi goreng rendang! Menu makanan ini disajikan dalam box karton ala chinese fast food di luar negeri, wangi rendangnya begitu terasa medok dengan topping telur dan sosis yang aku pilih.
free-flow Kerupuk
Ambilnya di sini ya!
Kemudian juga dengan Rp 25.000 sudah termasuk free flow kerupuk dan minum loh! Jadi good deal banget menurutku. Nasi gorengnya pas dengan bumbu rendang yang enggak overpowering, jadi masih nyaman banget, dan pedasnya pun bisa kita pilih! Terus ya yang bikin bomb adalah acarnya yang pake nanas dan bawang merah! NIKMAT dan NAMPOL POL POL!
ADVERTISEMENT
  1. Toothless Burger
Toothless!
Mungkin salah satu makanan yang cukup banyak di sini adalah burger ya, setelah ambil sampling 3 tempat makan burger di sini, akhirnya aku pun memilih Toothless sebagai yang terbaik!
Tempat makan nyaman
Open kitchen!
Faktor tersebut salah satunya adalah area makan yang again indoor dan nyaman betul layaknya di sebuah café tersendiri dan dengan konsep open kitchen itu juga nilai plus karena kita bisa lihat proses pembuatannya, haha, seru sendiri dan aku liat semuanya home made gitu loh. Enggak ada pake produk frozen, even buat fries-nya!
Looking Good!
Toothless Burger (IDR 50.000)
Tentunya aku pesan Toothless Burger yang sudah dibuat set menu lengkap dengan fries dan juga es teh jumbo! Burgernya itu ENAK! Beneran deh, menurut aku bahkan lebih enak daripada café-café di sekitar sini or lets say brand yang udah top kayak Burger King or Carl’s Jr!
Lembut banget bun-nya
Bun-nya itu soft dan sangat buttery terus beef patty-nya perfectly cooked dengan aroma grill yang pas, melted cheese yang premium, tambahan tekstur dari onion ring dan campuran mayo mustard yang pas, serta selada dan tomat segar! Udah enak banget tanpa chilli sauce sekalipun!!! Fries-nya juga enak ya ampun, huhu, ke mana aja selama ini baru tahu ada burger enak di sini!
ADVERTISEMENT
  1. Kebab AB Mayestik
Kebab Mayestik
Kalo pengen makan yang dibisa dibawa tapi bukan nasi, mungkin pilihannya ya kebab sih, sejujurnya again ada beberapa tempat makan kebab di Rasuna Garden ini, namun yang enak menurutku ya Kebab AB Mayestik.
Kebab!
Banyakin sayuran supaya segar
Sebenernya ada satu tempat asli Turki gitu, but somehow rasanya terlalu strong jadi aku kurang suka, jadi lebih pilih mereka yang rasanya lebih pas buat aku. Sesuai dengan namanya ini cabang dari Mayestik Blok M, mereka ini tipe kebab yang udah di-adjust dengan lidah kita sebagai orang Indonesia.
Dipanggang dulu biar nikmat
Kebab Sapi Keju (IDR 22.000)
Kebab di sini punya pilihan daging sapi, ayam hingga domba, saya pun memilih daging sapi saja, kulitnya cukup pas, gak terlalu tebal dan gak terlalu tipis juga, isian topping-nya melimpah mulai dari selasa, tomat, saus, irisan daging kebab, dan keju yang melimpah!
Keju Parut melimpah!
ENAKNYO!
Yes, I ask for more cheese supaya lebih mantap rasanya, haha, setelah digulung nanti akan dibakar lagi supaya lebih mantap rasanya dan si kejunya agak meleleh gitu , enaknyo!
ADVERTISEMENT
  1. Steak Be Pe Je Es
Steak BPJS
Mau makan steak? Ada kok di sini jangan khawatir! Eh, tapi kantong lagi seret nih, hmmm jangan khawatir sekali lagi, karena kalian bisa bayar pake BPJS (?) , enggak deh, becanda, haha.
Nama tempat satu ini adalah Steak Be Pe Je Es, karena harganya yang murah, mulai dari harga Rp 20 ribuan aja kalian udah bisa mendapatkan seporsi steak dengan rata-rata berat daging 150 gram, jadi lumayan banget kan? Mereka ini tipikal tempat makan steak yang dari segi rasa udah disesuikan dengan lidah Indonesia yang tasty!
Sirloin Steak (IDR 35.000)
Steak + Mashed Potato + Veggies
Aku pun memesan seporsi Sirloin Steak yang disajikan dengan bendera Indonesia di atasnya. Hormat… Grak! Haha. Dagingnya sih lumayan besar untuk harga 35 ribu, hehe, dan disajikan dengan saus mushroom dengan aroma lada hitam yang cukup kuat, kemudian disajikan juga dengan mashed potato dan sayuran tumis!
ADVERTISEMENT
Buat aku sih rasanya not bad at all, dagingnya enggak alot, terus sausnya itu enak! Kerasa banget! Memang sih dagingnya enggak juicy banget, but yeah you got what you paid :)
  1. Loma
LOMA
Kalau ditanya ada berapa brand rice box di sini pasti bakal susah jawab deh, karena ada banyak! Namun yang trusted dan unik ya Loma ini sih menurutku mah. Kalau yang lain paling jual nasi ayam yang boring, di Loma ini mereka punya menu spesial yaitu nasi paru!
Well-packed
Loma ini mungkin salah satu yang ramai di kawasan Rasuna Garden ini karena pilihan menu yang menarik, buat kalian yang enggak suka jeroan tapi mau coba, boleh banget loh, karena paru sapi mereka udah dibumbui dengan berbagai rempah sehingga enggak bau sama sekali.
ADVERTISEMENT
Selain Nasi Paru, mereka punya beberapa menu lain sih kayak nasi cakalang atau nasi ayam suwir, namun menu yang paling menonjol memang sih nasi paru nya, simple banget padahal.
Nasi Paru (IDR 30.000)
Nasi hangat dikasih potongan paru sapi yang dimasak dengan bumbu manis gurih, kemudian dikasih sambal bawang pedas! Parunya bukan tipe yang garing, ini kenyal-kenyal gitu, biasanya aku enggak suka kalau makan paru tapi gak garing, namun di sini aku suka loh! Jadi udah terbukti lah ya!
  1. Tahu Pak De’
Tahu Pak De'
Terakhir! Sebelum kalian pergi dari Rasuna Garden entah itu pulang atau balik lagi ke kantor abis makan siang, mampirlah ke tempat satu ini. Tahu Pak De’ bungkusin deh buat nyemil di kantor sambil kerja, asik banget! Terdengar sederhana ya? Cuma Tahu Goreng tapi beda loh!
Tenda sederhana, rasa luar biasa
Tahu baru goreng!
Tahu mereka ini merupakan tahu kriuk, jadi tahunya terlapisi oleh kriukan yang begitu pas karena diproses 2 kali menurut yang jualnya. Terus ya kalau tahu itu kadang suka asam dan agak bau, di sini enggak ada rasa itu sama sekali karena pake tahu asli dari Sumedang! Mantap kan?
Tahu Krispy Pak De' (IDR 23.500)
Tahunya gak kopong!
Seporsi tahu ini dihargai Rp 23.500 berisi 10 tahu goreng super crispy! Beneran tapi tahu mereka sih garingnya bukan main, banyak juga kan tuh sekarang yang jualan tahu kriuk tapi enggak ada sih yang seenak mereka, Tahu Pak De’ the best sih!
Enak banget!
Apalagi dimakan pake cabe rawit gitu, seandainya mereka punya kecap pedas kayaknya seru juga ya, eh tapi hati-hati sih kalo makan di sini, bakalan nagih! 10 doang sih enggak bakalan cukup, haha, kemarin pas sampe mobil langsung balik lagi beli 30 tahu buat nonton bola dan masih garing banget dong, haha, terbaik!
ADVERTISEMENT
-----------------------
Masih kurang juga? cobain sendiri aja ya! haha. Itulah tadi 10 tempat yang kurekomendasikan di sini. Udah terjamin lah enak-enak, hehe.
Harganya pastinya juga oke banget dan masuk ke kantong kok buat mahasiswa juga masuk, jangan khawatir! Jadi enggak usah bingung lagi ya kalau lagi di Rasuna Garden mau makan apa. Stay Hungry, Steay Healthy!
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan