Pencarian populer

War of Roti Nogat, Camilan Klasik Terbaik di Tanah Air

The War of Roti Nogat

Akhir tahun kemarin, sempat muncul tren roti nogat di ibu kota lantaran sebuah kedai roti di daerah Tangerang Selatan yang menjadi pionir terkenalnya jenis roti satu ini. Padahal sebenarnya roti nogat sendiri merupakan suatu hidangan klasik yang sudah ada dari dahulu lho, kenapa bisa jadi tren, ya? Buat yang belum tahu, Nogat itu adalah kacang tanah yang dimasak dengan gula sehingga berkaramel kemudian dihancurkan, sehingga rasa kacang karamel ini memberi sensasi sendiri bagi para pecintanya. Kalian suka roti nogat? Bagaimana kalau kita bahas roti nogat terbaik di negeri ini?

Roti Nogat Meses + Susu Kental Manis

Salah satu artikel yang akan aku sampaikan setiap bulan adalah 'war', jadi setiap bulannya aku akan memilih makanan-makanan seru sejenis, kira-kira siapa yang punya cita rasa paling enak, dan episode pertama ini kita akan mulai dengan roti nogat! Buat next-nya, kalian bisa bantu komentar di bawah ya ;)

Kalau mau dibilang ropang, sebenarnya roti ini enggak masuk golongan ropang sih, karena secara sizing mereka lebih cocok untuk dibawa pulang dan disantap bersama dengan keluarga atau teman sambil berkumpul. Tapi enggak banyak juga yang punya tempat makan proper untuk bersantai. Ya sudah, enggak pakai lama, inilah dia “War of Roti Nogat” .

1. Kedai Roti Nogat

Kita mulai dengan yang OG nih, enggak pakai basa-basi, tempat ini to the point banget dengan nama tempatnya yaitu Kedai Roti Nogat, meski sebenarnya enggak cuma roti nogat aja yang mereka sajikan. Bisa dibilang mereka lah yang mengangkat nama roti nogat, lokasinya ada di Pasar 8 Alam Sutra dan BSD, merambah daerah di luar Jakarta, justru membuat kedai ini menarik minat para warga Jakarta, termasuk aku warga Jakarta Timur yang rela merantau demi menikmati roti nogat mereka yang tersohor. Supaya enggak berujung kecewa, ada baiknya kalian ingat jam buka mereka, yaitu dari pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB setiap harinya, untuk Sabtu dan Minggu mereka juga buka jam 18.00 WIB hingga malam, jadi jangan sampai kalian datang dan gigit jari karena sudah tutup ya.

The OG
Base Roti Nogat

Tempatnya sederhana, jauh dari kesan mewah, menempati sebuah ruko di kompleks Pasar 8 Alam Sutra, aroma bakaran roti tercium menggoda ketika kita sudah dekat areanya, yang membuat tempat ini beda adalah penggunaan roti jadul yang justru lebih dry dibanding roti jaman sekarang, tapi hal itu yang membuat tempat ini spesial. Selesai dipanggang, lapisan cream mocca membuat ngeces seketika, dan taburan nogat melimpah, uh! Luar biasa, begini saja kalian sudah bisa enjoy, atau bisa juga mengombinasikannya dengan meses cokelat.

Roti Milo
Roti Nogat!
Best served with Milo Dinosaur

Aku merekomendasikan untuk makan roti nogatnya pas baru matang, jadi masih ada garingnya, terus aroma nogatnya lebih keluar, rotinya enggak sampai yang lembut banget, kerasa jadul pas makan, dinikmati sama segelas es kopi atau es milo dinosaurus nikmat banget, sih! Eh ya, kalau kalian mau mau mencicipi menu lain di sini, aku rekomendasikan Roti Milo nya! Mantap juga!

2. Kedai Kokoho

Tempat ini mempunyai cabang yang cukup banyak, mungkin ada 10 kali, ya? Salah satu tempatnya yang paling luas berada di BSD, cuma yang paling dekat itu Muara Karang kalau di Jakarta, lokasinya di pasar Muara Karang tepatnya, biarpun kecil tapi selalu ramai, menu andalannya? Roti Nogat juga, bedanya mereka mempunyai ciri khas yaitu roti gempal, karena memang ukuran roti yang tebal dan gendut, enggak salah sih disebut dengan roti gempal, secara texture roti mereka lebih lembut dibanding Kedai Roti Nogat, filling-nya juga enggak kalah generous sih, cuma secara rasa nogat, karamelnya kurang punch sih, lebih ke kacang saja cita rasanya, kurang cita rasa burnt, tapi untuk cream mocca-nya di sini lebih light, enggak bikin lengket di bibir.

Roti Nogat
Add some cheese dan jadi Roti Martabak!
Must order : Es Alpukat Kopi

Selain, Roti Nogat mereka punya banyak menu menarik! Harus coba selai sarikaya mereka yang menurut aku masih tradisional banget rasanya. Oh ya buat yang hidangan asin, bisa coba juga Abon & Telor Kornet! Kalo mau lebih kenyang, Indomie Goreng Kokoho-nya wajib sih, enaknya kelewatan! Padahal cuma Indomie..haha Es Alpukat Kopi juga bisa jadi teman terbaik buat nyantai di sini, meskipun Roti Nogat-nya belum ngalahin yang OG, tapi overall buat nongkrong ramai-ramai sama teman, I’ll choose this spot!

3. Kedai Roti Kobi

Mungkin ini salah satu tempat nongkrong roti nogat favorit aku, karena.. dekat rumah! (haha fokus-fokus, enggak boleh bias ini review-nya) Lokasinya ada di Kelapa Gading dan Pluit, tempatnya sih pewe banget, beneran, sebenarnya ini rumah yang dijadikan rumah makan, di bagian belakangnya ada outdoor space, keren juga buat OOTD. Sambil menunggu, kita bisa melihat proses pembuatan roti dan minumannya, yang kayak begini nih yang bikin ngiler, menu favoritnya sudah pasti Roti Nogat! Roti di sini punya tekstur yang lembut banget, love it meski again untuk topping kacangnya masih kurang rasa karamelnya sih, tapi karena mocca, meses, dan kacangnya balance jadi tetap enak!

Roti Nogat is Ready!
Es Kopi
Look at that!

Karena pas lagi ke sini mereka punya menu baru, langsung kita coba deh, jadi ini Gula Aren Series, so simple, roti lembutnya dibakar dengan butter dan gula aren, klasik banget rasanya, terus dikasih kelapa. Menikmati roti di sini enggak lengkap, kalau enggak pakai segelas Kopi Susu Aren khas Kobi, mereka sekarang juga ada Kopi Cendol! Menarik enggak tuh? Kalau penasaran langsung saja cus ke Kobi!

4. Wis Ngopi

Tempat berikutnya! Tempat ini masih satu manajemen dengan Padang Merdeka, makanya lokasinya pun bersamaan begitu pun kasirnya. Memang tempat ini lebih ke to-go sih, kalian kalau mau makan bisa di Padang Merdeka, menu yang mereka tawarkan pun kurang lebih sama dengan tempat lain, ada Roti Nogat yang menjadi andalan, terus ada milo, cokelat keju, sarikaya, strawberry, dan masih banyak lagi. Plus, ada juga minuman kayak kopi, cokelat, dan teh. So, pastinya kita pesan roti nogat, ini pertama kalinya aku ke sini dan surprisingly.. I LOVE IT!!!

Find this signage!
Dibakarnya pakai butter
THE BEST!
Kacang berkaramel, part terbaik!

Roti mereka lembut, terus meskipun nogatnya cenderung lebih halus tapi rasa karamelnya benar-benar kerasa! Asik banget sih sumpah rasa nogatnya, kacangnya juga wangi dan manisnya itu lho pas banget, rasa mocca-nya juga lumayan kuat, asli sih ini enak, terus karena tekstur yang lembut, jadi sampai besok pagi pas dimakan masih lembut banget, oh ya kalau ke sini wajib coba es cokelatnya ya, kayak dark chocolate dicampur sama susu, aku suka sih ini meski harganya memang lumayan mahal sih, kalau di tempat lain kisaran Rp 25 ribu, tapi di sini Rp 40 ribu!

5. Kupi Plus Ruti

Last but not least, ada Kupi Plus Ruti yang bisa dibilang paling baru di antara tempat roti nogat lainnya, meskipun masih baru, tapi rasanya enggak kalah lho! Tempatnya ada di Sunter dan Kelapa Gading. Mereka punya pilihan menu yang sangat beragam dan ada inovasi yang seru banget kayak Roti Alpukat Kopi, Roti Salmon Mentai, hingga Roti Jagung Susu Keju! Tapi kali ini kita akan bahas Roti Nogatnya dulu, ya. Untuk rotinya, di sini kalian bisa pilih mau roti biasa atau roti gandum. Ini salah satu plus poinnya, jadi kalian bisa sesuaikan sama selera, pastinya kalau roti gandum akan lebih kering secara tekstur.

Roti Nogat
The best, Roti Alpukat!

Buat krim mocca-nya, mereka punya aroma kopi yang paling kencang menurutku! Jadi secara rasa dia paling enggak manis, lebih balance rasanya, meski aroma karamel pada nogatnya masih lebih kuat di Wis Ngopi, tapi tesksturnya lebih nogat sih, karena kasar. Overall ini enak, tapi star of the day tetap si Roti Alpukat Kopi! Ini jenius banget sih, kalau biasa yang lain ada es kopi alpukat, mereka buat versi rotinya, jadi roti berpadukan cream mocca terus ada alpukat yang di-smashed kemudian dikasih coffee sauce, gokil!

Itulah tadi 'War of Roti Nogat' episode 1, karena rasa adalah selera, jadi kalian bisa tentukan sendiri kira-kira kalau dari deskripsi di atas mana yang paling sesuai dengan selera kalian! Tapi jika harus membuat rank versi aku khusus untuk Roti Nogat, urutannya adalah Wis Ngopi , Kedai Roti Nogat, Kedai Kokoho, Kedai Roti Kobi, dan Kupi Plus Ruti. Meskipun ada urutannya, tapi 5 tempat ini sudah jadi yang terbaik, ya! So, selamat mencoba. Stay Hungry, Stay Healthy!

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.59