kumparan
KONTEN PENGGUNA
15 Mei 2018 17:47

Gaji 3 Jutaan Mau Beli Apartemen? Ini Tipsnya!

Apartemen mahal? Ya, sebagian.
Apartemen hanya untuk orang yang berpenghasilan tinggi? Nggak, salah besar!
ADVERTISEMENT
Banyak yang bilang kalau apartemen hanya bisa dimiliki oleh orang-orang berpenghasilan tinggi. Padahal, dengan gaji 3 jutaan per bulan pun kamu tetap bisa membeli apartemen lho! Nggak percaya? Yuk, simak tips-tipsnya di bawah ini.
Tentukan Harga Apartemen
Pertama, tentukan harga apartemen yang kamu inginkan. Mengapa harus melakukannya? Karena hal ini berkaitan dengan budget yang nantinya harus kamu kumpulkan. Maka dari itu, pilihlah apartemen yang harganya on budget atau sesuai dengan kemampuan. Jangan sampai karena harganya terlalu tinggi, keuanganmu jadi terganggu.
Manfaatkan KPA
Selanjutnya, kamu bisa memanfaatkan fasilitas KPA dari bank. KPA sendiri memang dirancang untuk memudahkan masyarakat dalam membeli apartemen. Program ini membantu masyarakat berpenghasilan kurang dari 3 juta rupiah untuk mendapatkan hunian vertikal ini.
ADVERTISEMENT
Siapkan Uang Muka (DP)
Uang muka alias DP adalah biaya yang harus disiapkan di awal. Untuk KPA sendiri, uang muka yang harus disiapkan adalah 20-30% dari harga apartemen serta 10% untuk membayar biaya notaris dan pajak-pajak.
Dana ini bisa dipersiapkan dengan menabung 1-3 tahun sebelumnya. Agar lebih cepat, konsentrasikan bonus, THR, dan pendapatan sampingan untuk tabungan ini.
Menabung
Yang terpenting dari semuanya adalah menabung. Namun, kamu nggak bisa asal menabung tanpa melakukan perencanaan. Sebisa mungkin sisihkan pendapatan bulanan minimal sepertiga dari total gaji. Dengan begini, impian untuk memiliki apartemen akan lebih cepat tercapai.
Bebas dari Hutang
Jika memiliki hutang, prioritas pertamamu pastinya adalah untuk melunasi hutang sesegera mungkin. Jika begini, keuanganmu untuk membeli apartemen jadi terganggu. Terlalu banyak cicilan akan membuatmu kesulitan membagi dana untuk membayarnya.
ADVERTISEMENT
Berhenti Menggesek Kartu
Konsumtif menjadi kebiasaan buruk sebagian orang Indonesia. Agar apartemen impian bisa cepat terbeli, mulailah untuk menggunakan uang tunai dan meninggalkan kartu kredit. Dengan begitu, kamu dapat memonitor persediaan uang yang sebenarnya sehingga pembelian barang-barang masih bisa terkendali.
Itulah beberapa tips membeli apartemen dengan gaji 3 jutaan. Asalkan kamu tekun dan konsisiten dalam menjalankan tips-tips di atas, apartemen impian pasti akan kamu miliki. Selamat mencoba dan good luck!
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan