Buzz
·
20 Mei 2021 17:33

Tips Menjaga Tali Silaturahmi di Masa Pandemi

Konten ini diproduksi oleh Farhan Firmansyah
Tips Menjaga Tali Silaturahmi di Masa Pandemi (110911)
searchPerbesar
Ilustrasi silaturahmi. Foto: Shutterstock
Pandemi COVID-19 masih belum juga usai. Kita masih harus mematuhi peraturan pemerintah untuk menerapkan protokol kesehatan, yaitu memakai masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak, dan menghindari kerumunan. Tentu saja pandemi ini membatasi kita dalam beraktivitas seperti biasanya, termasuk dalam menjalankan tradisi silaturahmi.
ADVERTISEMENT
Silaturahmi merupakan tradisi yang tentunya sudah biasa kamu lakukan, yaitu berkunjung kepada saudara, kerabat, atau sahabat yang bertujuan agar hubungan kekeluargaan, kekerabatan, dan persahabatan selalu terjalin dengan baik. Silaturahmi perlu kamu lakukan, karena penting bagi kamu untuk menjalin hubungan baik dengan orang-orang terdekat kamu.
Kamu tentunya sudah mengetahui bahwa silaturahmi memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah mempererat tali persaudaraan. Dan masing-masing dari kamu pasti punya cara tersendiri untuk menjalankan tradisi silaturahmi. Seperti berkumpul bersama saudara, kerabat, dan lain-lain.
Di masa pandemi COVID-19 sekarang ini, memang tradisi silaturahmi cukup sulit dilaksanakan, karena kita tidak bisa berkumpul untuk bercengkrama seperti biasanya. Sedangkan, masing-masing dari kamu pastinya ingin sekali untuk bersilaturahmi dengan mengunjungi sanak saudara dan kerabat. Pastinya kamu pun sudah rindu dengan suasana berkumpul seperti sebelum COVID-19 melanda.
ADVERTISEMENT
Jadi, bagaimana cara menjaga tali silaturahmi di masa pandemi COVID-19?
Berikut ini ada beberapa tips yang saya lakukan untuk menjaga tali silaturahmi di masa pandemi COVID-19. Dan tentunya tips ini bisa kamu terapkan juga ya.
1. Memaksimalkan komunikasi melalui media sosial
Tips pertama yang bisa kamu lakukan untuk menjaga tali silaturahmi di masa pandemi adalah menggunakan media sosial yang kamu miliki untuk berkomunikasi dengan kerabat serta sahabat. Mengingat bahwa sulit untuk bertemu secara langsung, maka media sosial bisa dijadikan alternatif yang bisa kamu manfaatkan untuk bisa saling berkomunikasi. Kamu bisa sekadar menanyakan kabar, atau membicarakan suatu topik yang menarik untuk dibahas.
2. Silaturahmi melalui video call
ADVERTISEMENT
Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk bersilaturahmi di tengah pandemi adalah melalui video call. Meskipun tidak bisa bertemu secara langsung, kamu tetap bisa bertatap muka dengan melakukan video call. Hal ini pastinya bisa mengobati kerinduan kamu kepada orang-orang terdekat. Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk melakukan video call, seperti WhatsApp, Zoom, Google Meet, dan lain-lain. Melalui video call, kamu juga bisa tetap bersosialisasi dengan teman-teman kamu, agar tidak merasa bosan.
3. Mengirimkan barang atau makanan melalui layanan ojek online
Tips selanjutnya, yaitu kamu bisa mengirimkan barang atau makanan untuk orang-orang terdekat kamu melalui layanan ojek online. Sama-sama kita ketahui, bahwa layanan ojek online sudah tersedia di mana saja dan tentunya sangat membantu kita dalam melakukan aktivitas di tengah pandemi, seperti untuk mengirimkan barang dan membeli makanan secara online.
ADVERTISEMENT
Kamu pun bisa memanfaatkan layanan ojek online untuk menjaga tali silaturahmi dengan orang-orang terdekat kamu. Contohnya, karena sulit untuk bertemu secara langsung, kamu bisa mengirimkan hadiah atau makanan kesukaan orang-orang terdekat kamu melalui layanan ojek online.
4. Silaturahmi secara langsung dengan menerapkan protokol kesehatan
Tips terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan menerapkan protokol kesehatan jika ingin bertemu secara langsung. Mengingat bahwa saat ini masih dalam masa pandemi COVID-19, maka kamu wajib menerapkan protokol kesehatan jika ingin bertemu langsung dengan orang-orang terdekat kamu. Protokol kesehatan yang dimaksud yaitu memakai masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Hal tersebut penting kamu lakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19.
Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk tetap menjaga tali silaturahmi di masa pandemi COVID-19. Semoga tips yang saya berikan dapat bermanfaat dan tentunya bisa kamu terapkan juga ya!
ADVERTISEMENT
Jangan biarkan pandemi COVID-19 ini memutuskan tali silaturahmi kamu dengan keluarga, kerabat, serta sahabat. Karena silaturahmi memiliki banyak makna yang tentunya baik untuk kita semua.