Hal yang Perlu Kamu Ketahui dari Omega 3

A full-time traveling journalism scholar from South Jakarta. A part-time writer and illustrator.
Konten dari Pengguna
22 November 2022 16:14
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Fishya Elvin tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Hal yang Perlu Kamu Ketahui dari Omega 3 (Layout: Fishya Elvin)
zoom-in-whitePerbesar
Hal yang Perlu Kamu Ketahui dari Omega 3 (Layout: Fishya Elvin)
ADVERTISEMENT
Pasti Anda sering mendengar sebuah zat lemak tak jenuh dengan nama omega 3 dalam kandungan sebuah suplemen kesehatan. Makanan yang mengandung zat ini juga disebut sebagai makanan yang harus dikonsumsi manusia karena menyehatkan. Lantas, apa saja hal yang perlu kamu ketahui dari omega 3?
ADVERTISEMENT

Khasiat dari omega 3

Omega 3 merupakan zat yang tergolong dalam kelompok asam lemak tak jenuh atau lemak baik yang menyehatkan. Seperti yang diketahui, tidak semua lemak berdampak buruk bagi tubuh Omega 3 merupakan salah satu kandungan yang terbukti dapat mengurangi risiko kematian mendadak yang disebabkan oleh aritmia atau gangguan pada irama jantung secara signifikan.
Kematian mendadak yang juga banyak disebabkan oleh penyakit jantung koroner juga dapat diminimalisir dengan pemenuhan kebutuhan zat omega 3. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa omega 3 berperan besar dalam proteksi kardio. Dosis asam lemak omega 3 yang lebih tinggi diperlukan untuk mengurangi kadar trigliserida yang tinggi untuk mengurangi kekakuan di pagi hari dan masalah persendian pada pasien rheumatoid arthritis, hiperlipidemia, dan hipertensi.
ADVERTISEMENT
Selain itu, omega 3 dapat menurunkan tekanan darah, menghambat pembentukan trombus pada pembuluh darah, dan bersifat antiinflamasi. Banyak bukan khasiatnya bagi kesehatan tubuh? Tenang saja, Anda dapat memenuhi kebutuhan omega 3 tubuh Anda dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan di bawah ini.

Makanan yang mengandung omega 3

Banyak makanan yang mengandung asam lemak omega 3. Mulai dari ikan-ikanan dan makanan laut lainnya, sampai biji-bijian dan kacang-kacangan. Untuk memenuhi kebutuhan hidup dan menghindari berbagai penyakit yang sudah disebutkan di atas, Anda dapat mengonsumsi beberapa makanan di bawah ini:

1. Ikan-ikanan

Ikan-ikanan yang kaya akan omega 3 di antaranya ada ikan salmon, ikan sarden, ikan teri, dan ikan kembung. Seperti yang Anda ketahui, ikan salmon memang ikan yang sudah kaya akan nutrisi, mulai dari vitamin D dan selenium, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung, demensia, dan depresi. Satu ekor ikan sarden juga dapat memenuhi nutrisi yang diperlukan tubuh Anda, seperti vitamin B12, vitamin D, dan juga selenium.
ADVERTISEMENT
Ikan teri adalah ikan yang penuh rasa, Anda bisa mengonsumsinya baik secara dikeringkan atau sebagai tambahan bumbu masakan agar lebih lezat. Ikan ini mengandung nutrisi yang sama dengan ikan kembung, dimana jenis-jenis ikan ini kaya akan vitamin B12 dan selenium.

2. Minyak hati ikan kod

Berasal dari ikan, minyak hati ikan kod memang menjadi salah satu ekstrak ikan yang lebih banyak dikonsumsi sebagai suplemen. Minyak hati ikan kod tidak hanya tinggi pada kandungan omega 3-nya, tetapi juga vitamin D dan vitamin A. Apabila Anda mengikuti anjuran konsumsi suplemen minyak hati ikan kod ini, Anda dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh Anda.
Namun, minyak hati ikan kod dapat juga menjadi berbahaya bagi tubuh karena kandungan vitamin A nya yang tinggi apabila dikonsumsi berlebihan.
ADVERTISEMENT

3. Kaviar

Siapa yang tidak tahu makanan mewah yang satu ini? Biasanya dikonsumsi dalam porsi kecil atau bahkan hanya sebagai garnish pada hidangan Anda, kaviar juga memiliki kandungan omega 3 yang tinggi. Kaviar merupakan telur ikan tertentu yang biasanya berasal dari ikan sturgeon.

4. Kerang tiram

Berbagai jenis kerang adalah makanan yang dapat Anda konsumsi untuk memperoleh banyak nutrisi untuk tubuh. Kerang tiram salah satu contohnya, dimana jenis kerang ini mengandung zat zinc yang lebih tinggi dibanding makanan lainnya. Dengan mengonsumsi kerang tiram mentah, Anda dapat memenuhi kebutuhan zinc atau seng, tembaga, dan vitamin B12.

5. Chia seeds

Chia seeds atau biji chia adalah salah satu jenis biji-bijian yang kaya akan omega 3. Selain itu, chia seeds juga mengandung zat mangan, selenium, magnesium, dan beberapa nutrisi lainnya.
ADVERTISEMENT

6. Kacang-kacangan

Dua jenis kacang yang mengandung banyak omega 3 adalah kacang kenari dan kacang kedelai. Kacang kenari juga disebutkan tinggi akan zat tembaga, mangan, dan vitamin E. Di sisi lain, kacang kedelai yang bisa menjadi sumber protein harianmu juga dapat menjadi sumber zat folat, vitamin K, magnesium, dan potasium.
Demikian hal yang perlu kamu ketahui dari omega 3. Apabila Anda sudah biasa mengonsumsi makanan-makanan yang disebutkan di atas setiap harinya, maka Anda sudah mencukupi nutrisi omega 3 yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika belum, Anda juga bisa memenuhi kebutuhan tersebut dengan suplemen omega 3 untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.
Keep your healthy mind in your healthy body. (FE)
Sumber:
ADVERTISEMENT
- Covington, M. (2004). Omega-3 Fatty Acids. American Family Physician, 70(1), 133-140.
- Kolanowski, W., & Berger, S. (1999). Possibilities of Fish Oil Application for Food Products Enrichment with Omega-3 PUFA. International Journal of Food Sciences and Nutrition, 50(1), 39-49.
- Simopoulos, A. P. (2002). The Importance of The Ratio of Omega-6/Omega-3 Essential Fatty Acids. Biomedicine & Pharmacotherapy, 56(8), 365-379.