Inovasi Simple Pencegahan Penyakit Kardiovaskular Melalui Program SMARThealthy

S1 Mahasiswa Kesehatan Masyarakat. Di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju
Konten dari Pengguna
23 Juli 2022 21:52
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari NURUL PITRIANI S tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
sumber foto : dokumen pribadi
zoom-in-whitePerbesar
sumber foto : dokumen pribadi
ADVERTISEMENT
Penyakit kardiovaskular terkhusus jantung koroner serta stroke mengakibatkan matinya sepertiga jiwa manusia di bumi (WHO:2017). Di Indonesia, penyakit jantung koroner serta stroke sebagai penyakit yang mematikan paling tinggi semenjak periode 2013. Menurut Riskesdas (2013) memberikan laporan 7,2 juta (42,3%) yang meninggal di indonesia dikarenakan penyakit jantung koroner serta 6,7 juta (38,3%) dikarenakan stroke. Dalam periode 2013 diberikan diagnosis satu dari 200 penduduk Indonesia menderita jantung koroner. Kelaziman penyakit jantung koroner memberikan peningkatan sejalan pada tuanya umur, didapati keumuman bahwasanya paling tingi pada umur 65-74 tahun, 2% dari jumlah masyarakat berusia itu diberikan diagnosis menderita jantung koroner. Hipertensi itu di antara faktor inti stroke serta serangan jantung pada Indonesia. Hipertensi dapat dilakukan pencegahan melalui penerapan life style yang sehat serta ataupun mengobati dengan terus, melalui pengobatan yang benar.
ADVERTISEMENT
Untuk mencegah penyakit kardiovaskular yang baik memerlukan sistem pelayanan kesehatan asas yang kokoh. sistem layanan Kesehatan asas yang terdapat di Indonesia sekarang amat bergantung dalam tersedianya dokter pada Puskesmas. Melalui total serta volume dokter Puskesmas yang amat minim, butuh terdapatnya siasat untuk memenuhi tenaga ahli terobosan.
SMART healty adalah program pteknologi yang dimaksudkan untuk memberikan peningkatan mutu layanan kesehatan asas untuk khalayak. memberikan dukungan layanan Kesehatan pencegahan pada khalayak serta rumah tangga dengan menguatkan serta memberdayakan kesisteman layanan Kesehatan asas yang telah terdapat.
SMART healthy merupakan alternatif terbaru pelayanan asas penataan pelaksanaan risiko penyakit jantung guna mencegah negatifnya pelayanan Kesehatan pada desa khusus pada negara berkembang. SMART healthy mempunyai kelebihan inti: inovasi, simple, memiliki basis teknologi handphone yang murah, mengikut sertakan tenaga ahli yang relative banyak melalui harga yang relative terjangkau, kesisteman pemerolehan ketetapan klinis dengan basis elektronik, serta dengan basis bukti, mutu diberikan Kontrol jaminan melalui pembiayaan yang murah.
ADVERTISEMENT
SMART healthy memberikan ketersediaan program dengan basi pada smartphone yang memberikan tersediaan catatan riwayat Kesehatan elektronik, diagnosis dengan basis elektronik, untuk mengukur risiko nya kardiovaskular dengan basis elektronik serta memberikan kemungkinan mengelola penderita risiko jantung tinggi dengan bertahap. Program SMART healthy melakukan pekerjaan melalui pedoman “Pendelegasian tugas” yang mana di antara kewajiban pasti dokter serta perawat diberikan pada kader Kesehatan yang sudah dilatih. Hal tersebut bisa dilaksanakan dikarena program teknologi digital yang di desain sederhana, memberikan kemudahan untuk dipakai, inovasi ini dapat dijangkau tetapi bisa memberikan tersediaan sistem memperoleh ketetapan klinis untuk dokter dengan baik.
SMART healthy memberikan kepastian rasa aman serta mutu pelayan. Kemudian, program tersebut tersedia juga program yang memberikan dukungan guna melakukan perbaikan sistem administrasi pelayanan kesehatan dengan e-supply/chain serta memberikan peningkatanan volume tenaga ahli dengan bertahap dengan pelatihan online.
ADVERTISEMENT
Program SMART healthy memberikan kemungkinan kader Kesehatan telah dilatih untuk melaksanakan skrining risiko jantung dengan basis elektronik dengan tepat melalui tolak ukur faktor kerisikoan penyakit jantung terbarukan melalui WHO. Dengan program tersebut pendataan penderita dengan otomatis ter unggahkan pada program pencatatan medis penderita pada Puskesmas yang dapat dilakukan akses oleh dokter guna menangani serta memberikan obat dengan mendetail. Kemudian, kader Kesehatan mendapatkan feedback Ketika menangani melalui dokter yang memberikan untuk monitoring penderita dengan terus-menerus. Dengan program, dokter bisa melakukan pengiriman pada kader terkait diagnosis serta mengelola penderita dengan terus-menerus.
Melalui SMART healthy memberikan perbaikan sistem pelayanan Kesehatan dengan: 1) Menyediakan alat medis inti yang bisa dipakai kader Kesehatan, perawat serta dokter Puskesmas guna melakukan pengukuran kerisikoan penyakit, 2) Menyediakan komputer tablet dengan program yang memberikan kemungkinan kader Kesehatan guna melakukan pengumpulan menginformasikan keadaan risiko penyakit kardiovaskular, 3) Menyediakan sistem perekaman medis elektronik yang memberikan kemungkinan pendataan medis pasien terkirimkan dengan aman serta bisa dilakukan akses melalui server tersentral.
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020