Alfath Mahasiswa BINUS Juara Runner Up Piala Dunia Kewirausahaan EWC 2022

Musisi Komposer Musik dan Programmer Komputer, Founder dan CEO Flemmo Enterprise Music, Jurusan Ilmu Komunikasi, BINUS University, Malang dan Jurusan Sistem Informasi Universitas Presiden, Cikarang Bekasi, Indonesia.
Konten dari Pengguna
30 November 2022 22:06
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Alfath Flemmo Maulasufa tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Maharsyalfath Izlubaid Qutub Maulasufa (Alfath Flemmo) pendiri dan CEO Flemmo Enterprise Music (FEM) - Flemmo Music Global, raih juara Runner-up nasional Entrepreneurship World Cup (EWC) 2022
zoom-in-whitePerbesar
Maharsyalfath Izlubaid Qutub Maulasufa (Alfath Flemmo) pendiri dan CEO Flemmo Enterprise Music (FEM) - Flemmo Music Global, raih juara Runner-up nasional Entrepreneurship World Cup (EWC) 2022
ADVERTISEMENT
Ini adalah storytelling saya sebagai juara Runner-up nasional di ajang kompetisi Entrepreneurship World Cup (EWC) ASEAN Indonesia 2022. EWC merupakan ajang kompetisi kewirausahaan prestisius tahunan yang digelar oleh Global Entrepreneurship Network (GEN).
ADVERTISEMENT
Saya, Maharsyalfath Izlubaid Qutub Maulasufa (Alfath Flemmo), merupakan mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Bina Nusantara (BINUS Malang). Sebagai pendiri dan CEO Flemmo Enterprise Music (FEM) - Flemmo Music Global (FMG), saya meraih juara Runner-up nasional Entrepreneurship World Cup (EWC) ASEAN Indonesia 2022 yang diselenggarakan oleh Global Entrepreneurship Network (GEN), pada Jumat, 25 November 2022 secara virtual.
Ide bisnis saya di bidang music entertainment dengan menerapkan teknologi artificial intelligence (AI) untuk pembuatan lagu original dan aransemen musik digital, hingga mengantarkan saya dan Flemmo Enterprise Music (FEM) masuk grand final nasional EWC Indonesia 2022. Startup Flemmo Enterprise Music (FEM) yang saya dirikan, terpilih sebagai Top Startup Entrepreneurs Indonesia 2022.
ADVERTISEMENT
Sebagai produser musik, saya menawarkan solusi untuk tahun 2023 mendatang. Prioritas utama saya untuk Flemmo Enterprise Music yakni penerapan teknologi artificial intelligence (AI) dalam pekerjaan komposisi musik dan aransemen lagu.
Alhamdulillah, saya menang juara 2 di kompetisi kewirausahaan nasional EWC Indonesia 2022 dan mendapat hadiah 10000 dollar atau setara dengan Rp160 juta berupa fasilitas Amazon Web Services (AWS). Fasilitas AWS Credits ini adalah dukungan yang luar biasa dari Global Entrepreneurship Network (GEN) yang dapat saya optimalkan untuk mengembangkan bisnis digital yang sedang saya tekuni.
Ada lima juri internasional untuk sesi grand final EWC Indonesia 2022 yaitu, Jayren Teo (Founder ASEAN Youth Organization - AYO, and Managing Director GEN Singapore), Senjaya Mulia (Founder ASEAN Youth Organization - AYO and Co-Chair at EWC ASEAN Indonesia), Ivan A. Sandjaja, Managing Director at Global Entrepreneurship Network (GEN) Indonesia, Yatin K Thakur (Asiarath), dan Liu Anqi (Quest Ventures).
ADVERTISEMENT
Awalnya, saya mendapat email dari EWC Global pada 28 Juli 2022, yang isinya tentang rekomendasi untuk mengikuti Entrepreneurship World Cup (EWC) 2022. Rekomendasi ini karena saya pernah masuk di Top 12 Startups EWC 2021. Lalu saya mendaftar sebagai peserta lomba kewirausahaan EWC pada 1 Agustus 2022.
Saya mengikuti pendaftaran EWC 2022 untuk startup Flemmo Enterprise Music. Saya mengirim pitch deck 14 halaman melalui platform Entrepreneurship World Cup dot com. Formulirnya terdiri dari isian informasi personal, latar belakang perusahaan, tim leader, detail bisnis, milestones dan pendanaan, problem dan solusi, pencapaian dan pendapatan, serta informasi tambahan berupa materi presentasi pitch deck dan video profil.
Setelah selesai mendaftar sebagai peserta lomba bisnis startup, saya mendapatkan feedback dari Tim EWC Global. Saya mendapat email dari EWC Global, isinya tentang "Congratulations on submitting your EWC 2022 application and unlocking $25,000 in Perks".
ADVERTISEMENT
Saya mendapatkan hadiah $25.000 atau setara Rp390 juta dalam bentuk kredit fasilitas dan manfaat menggunakan berbagai aplikasi untuk mendukung pekerjaan digital di platform Perks.
Melalui situs resmi EWC, saya melihat platform Perks menawarkan aplikasi di antaranya: Hubspot, The Dotcom, Yay Images, Table, Zendesk Sell, Sendgrid, Weglot, Stripe, Carta, Airtable, Oracle, dan FastCTO.
Saya mendapat ucapan selamat dari Tim EWC Global atas kesempatan yang luar biasa ini. Saya mendapat email dari Gamal Kevin Alega, Project Manager EWC ASEAN pada 2 November 2022 untuk mengikuti wawancara bersamaan kegiatan Global Entrepreneurship Week (GEW) Indonesia.
Berikut ini isi emailnya yang sudah saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.
"Yang terhormat Maharsyalfath Izlubaid Qutub Maulasufa. Dengan senang hati kami beri tahukan bahwa Anda telah mendapatkan $25.000 dalam bentuk manfaat dari platform EWC. Keuntungan ini akan membantu Anda memangkas rasio pengeluaran dan memperkuat pengajuan EWC 2022 Anda ke depannya. Lihat keuntungan di platform EWC untuk melihat semua manfaat hebat yang telah Anda dapatkan. Apakah Anda setuju untuk diwawancarai?".
ADVERTISEMENT
Lalu, saya mengirim email balasan kepada Gamal Kevin Alega, Project Manager StartupHax Pte. Ltd, Entrepreneurship World Cup Indonesia National Organizer 2022.
"Dengan senang hati, saya mengucapkan terima kasih atas apresiasi dari StartupHax Pte. Ltd. sebagai Penyelenggara Nasional Piala Dunia Kewirausahaan Indonesia kepada saya dan startup Flemmo Enterprise Music. Saya mengirimkan email konfirmasi kesediaan wawancara ke [email protected] untuk tanggal 7 November 2022, dan mengisi formulir detail untuk wawancara bersamaan dengan kegiatan Global Entrepreneurship Week (GEW) Indonesia".
Saya mendapat email lebih lanjut dari EWC ASEAN pada 17 November 2022. Isi beritanya bahwa Flemmo Enterprise Music dinyatakan lolos interview dan masuk ke tahap grand final EWC Indonesia National Finals Pitching Competition 2022.
"Kepada yang terhormat Maharsyalfath Izlubaid Qutub Maulasufa. Startup Anda, FLEMMO ENTERPRISE MUSIC, telah terpilih untuk bersaing dalam Kompetisi Pitching Final Nasional EWC Indonesia 2022. Namun, karena KTT G20 yang sedang berlangsung di Indonesia, kompetisi pitching akan diadakan pada Jumat, 25 November 2022, dari pukul 14:00 hingga pukul 17:00 GMT+7. Lomba pitching akan dilakukan secara online melalui Zoom".
ADVERTISEMENT
Selanjutnya, saya menyiapkan slide presentasi untuk tahap grand final sesuai template yang disediakan oleh EWC Indonesia untuk presentasi Flemmo Enterprise Music. Saya mengirimkan slide pitch deck pada Sabtu, 19 November 2022.
Setelah mengirim materi pitch deck, saya mendapat undangan EWC 2022 Webinar Workshop Series untuk tanggal 22 November 2022. Tema webinarnya tentang e-Commerce Best Practices.
Saya mendaftar webinar di EWC Accelerate Presents - Gracie Arnold (Carta). Pembicara Webinar, Gracie Arnold @CartaGracie, bekerja dalam manajemen pengembangan bisnis di Carta, dengan fokus pada pasar Kanada dan LatAm. Saat ini Gracie bekerja dengan firma hukum, VC, penyedia layanan, dan perusahaan teknologi untuk membangun kemitraan dan mendorong kesadaran.
Saya sempat membaca biografi singkat Gracie. Selama hampir 5 tahun di Carta, Gracie bekerja di manajemen akun untuk beberapa klien terbesar Carta, banyak di antaranya memiliki karyawan dan investor di seluruh dunia. Sebelum bergabung dengan Carta, Gracie bekerja di Madrona Ventures Group - dana tahap awal yang berbasis di Seattle, Washington (AS) dan memainkan peran penting dalam membangun ekonomi teknologi Pacific Northwest.
ADVERTISEMENT
Setelah saya mengikuti EWC Accelerate Presents - Gracie Arnold (Carta), saya mendapat email dari EWC ASEAN pada 24 November 2022. Isinya tentang konfirmasi untuk mengikuti EWC Indonesia National Finals Pitching Competition dengan cara mengirim logo Flemmo Music ke platform EWC Global.
Saya mengikuti kompetisi Pitching Final Nasional EWC Indonesia yang dilaksanakan melalui Zoom pada Jumat, 25 November 2022, 14:00 GMT+7. Saya mewakili Flemmo Enterprise Music, mengusung bidang industri musik kreatif, yaitu produksi musik digital.
Saya memilih menjadi seorang komposer dan produser musik digital sejak duduk di bangku SMP, tahun 2018. Sekarang, tahun 2022, saya bekerja profesional dalam pekerjaan komposisi musik, perekaman suara, audio engineering, sound designing, mixing, dan mastering menggunakan software FL Studio. Klien saya berasal dari seluruh Indonesia hingga mancanegara.
ADVERTISEMENT
Startup Flemmo Enterprise Music - Flemmo Music Global (FMG) - FlemmoMusic.com, yang saya dirikan pada tahun 2018, sekarang ini dalam taraf pertumbuhan. Startup ini menyediakan layanan pembuatan lagu original dan aransemen musik secara digital. Klien terbanyak dari artis musisi pendatang baru yang membutuhkan lagu original.
Target market utama saya di tahun 2022 hingga 2023 mendatang, yaitu membidik musisi pemula yang membutuhkan lagu original dan platform e-commerce digital. Strategi yang saya terapkan untuk menjangkau klien yakni dengan cara memasarkan lagu musik melalui platform musik digital, serta merilis lagu di semua platform streaming utama.
Dalam menggubah dan memproduksi musik, saya melakukan secara hybrid, yaitu menggabungkan perangkat lunak FL Studio dengan teknologi kecerdasan buatan (AI).
ADVERTISEMENT
Kedepannya, saya berencana membangun platform digital untuk bisnis musik dengan menggunakan teknologi artificial intelligence (AI) untuk mengomposisi musik sebagai preview produk bisnis pada platform e-commerce dan media sosial masa depan.
Saya sangat optimis terhadap prospek bisnis jasa musik kreatif ini. Platform musik digital menjanjikan keuntungan besar, berkelanjutan, dan mampu beradaptasi dengan dinamika dan permintaan pasar global.
Setelah menyelesaikan studi S1, saya berniat untuk menerapkan ilmu dari studi saya, yang digabungkan dengan soft skill, leadership, dan personal building, serta memanfaatkan jaringan bisnis untuk meniti karir di bisnis musik.
Profil Singkat:
Maharsyalfath Izlubaid Qutub Maulasufa (Alfath Flemmo) adalah mahasiswa S1 Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Bina Nusantara (BINUS Malang, Binusian 2026); Penerima WIDIA Scholarship dan Beasiswa TPKS 2022; Penerima Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) - Beasiswa Indonesia Maju (BIM) Kemendikbud Ristek RI 2022. Alfath Flemmo merupakan seorang komposer dan produser musik digital Indonesia; Pendiri dan CEO Flemmo Enterprise Music dan Flemmo Music Global (FMG); Penerima Penghargaan Sony Music Group Global Scholars Program 2022 yang disponsori oleh Sony Music Group (SMG) dan dikelola oleh Institute of International Education (IIE) untuk Kuliah S1 Jurusan Information Systems for Business and Management (MIS), Faculty of Computer Science, President University; Best 3 Finalist Global Anthem Competition for The Song "Happy Day" - Youth For Understanding (YFU) Washington D.C Amerika Serikat; Jurnalisme Warga (Citizen Journalism); Winner Runner-Up EWC ASEAN Indonesia 2022; Top 12 Startups Entrepreneurship World Cup (EWC) Indonesia 2021; Delegasi Istanbul Youth Summit (IYS) 2021 Turki; Delegasi UNESCO International MUN dan AWMUN Camp; Penerima Beasiswa Yale Young Global Scholars (YYGS) Summer Programme 2021 Yale University; Top 100 Global Startups Huawei International 2022; Top 30 Startup Terbaik Pertamina PERTAMUDA Seed and Scale 2022; Top 10 Wirausaha Muda Kreatif WMP Berprestasi Kemenpora RI 2022; YouTuber Flemmo; Co-Founder Socio-Edupreneur Sepia.ID; Founder & Programmer di AlfathDev & FiGO Tech Indonesia.
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020