Kemenpora Apresiasi Musik Teknologi AI, Alfath Flemmo Finalis Wirausaha Muda WMP

Alfath Flemmo Maulasufa
Musisi Komposer Musik, Programmer Komputer, Founder/CEO Flemmo Enterprise Music, S1 Ilmu Komunikasi BINUS University Malang, S1 Sistem Informasi Universitas Presiden Jababeka Cikarang, dan Penerima Penghargaan Sony Music Group SMG Global Scholars.
Konten dari Pengguna
18 Oktober 2022 11:03 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Alfath Flemmo Maulasufa tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Maharsyalfath Izlubaid Qutub Maulasufa, pendiri dan CEO Flemmo Enterprise Music, Finalis Wirausaha Muda Pemula Dan Penggerak Wirausaha (WMP) Berprestasi Nasional 2022, Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI). (dok pribadi).
zoom-in-whitePerbesar
Maharsyalfath Izlubaid Qutub Maulasufa, pendiri dan CEO Flemmo Enterprise Music, Finalis Wirausaha Muda Pemula Dan Penggerak Wirausaha (WMP) Berprestasi Nasional 2022, Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI). (dok pribadi).
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Saya, Maharsyalfath Izlubaid Qutub Maulasufa (20). Nama sapaan saya, Alfath Flemmo. Saya merupakan komposer muda Indonesia generasi Z, pendiri dan CEO Flemmo Enterprise Music, usaha industri kreatif yang bergerak di bidang jasa pembuatan lagu dan aransemen musik digital berbasis teknologi artificial intelligence (AI).
ADVERTISEMENT
Saya dinyatakan lolos final di kompetisi Wirausaha Muda Pemula Dan Penggerak Wirausaha (WMP) Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI).
Saya membaca pengumuman kelolosan saya dan masuk dalam daftar Finalis Apresiasi kepada Wirausaha WMP Berprestasi Tingkat Nasional 2022, sebagaimana ditulis di situs resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) - kemenpora.go.id, pada 13 Oktober 2022 lalu.
Pengumuman Finalis Apresiasi Kepada Wirausaha Muda Pemula dan Penggerak Wirausaha Berprestasi WMP Tingkat Nasional Tahun 2022 di kemenpora.go.id. (tangkapan layar).
Kemenpora mengundang saya melalui surat tertanggal 13 Oktober 2022 yang ditandatangani oleh Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda Deputi Bidang Pengembangan Pemuda. Saya diundang untuk mengikuti tahap seleksi selanjutnya yaitu wawancara Dewan Juri yang dilaksanakan pada, Minggu-Selasa, 23-25 Oktober 2022. Seleksi wawancara dilaksanakan di Aston Kartika Grogol Hotel and Conference, Kartika Tower, Tomang, Jakarta Barat.
ADVERTISEMENT
Alhamdulillah, sebagai pebisnis muda generasi Z, saya mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali. Proposal bisnis Flemmo Enterprise Music berbasis teknologi AI yang saya ajukan, lolos final lomba kewirausahaan nasional Wirausaha Muda Pemula (WMP) Berprestasi Tingkat Nasional 2022.
Pengumuman Finalis Apresiasi kepada Wirausaha Muda WMP Berprestasi Nasional 2022 melalui situs resmi kemenpora.go.id, pada 13 Oktober 2022. (tangkapan layar).
Tujuan saya mengikuti kompetisi Wirausaha Muda Pemula (WMP) Kemenpora yaitu untuk mendukung Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dan Undang-undang nomor 11 tahun 2022 tentang Keolahragaan dalam upaya percepatan penetrasi transformasi digital untuk Indonesia Maju.
Apabila juri memilih saya sebagai pemenang WMP Berprestasi 2022, saya berencana memberi hadiah karya lagu saya kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora RI), Bapak Zainudin Amali. Lagu yang saya komposisi sendiri bertema semangat kepemudaan dan keolahragaan nasional untuk mendukung DBON sebagai media untuk memotivasi para pemuda dan atlet Indonesia.
ADVERTISEMENT
Tentang program DBON, saya telah membaca di laman resmi Kemenpora RI. DBON adalah arah kebijakan pembinaan dan pengembangan keolahragaan nasional jangka panjang secara terintegrasi dan kolaborasi untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam bidang keolahragaan.
Saat ini, sebagai komponis muda Indonesia gen Z, saya fokus pada bisnis musik digital. Di dunia musik, saya menggunakan nama Flemmo. Karya album Flemmo musical art di antaranya "The Beginning of Us" (2020), "A Fantacy Can't Gone" (2020), dan "Dynamic" (2021), tersedia di media streaming utama Spotify, Apple Music, dan YouTube.
Saya fokus menekuni dunia komposisi dan produksi musik digital sejak 2018. Berbekal ketekunan, keuletan, dan kerja keras, saya mendapat penghargaan dari Sony Music Group (SMG) yang dikelola oleh Institute of International Education (IIE).
ADVERTISEMENT
Tentang beasiswa Sony Music Group, saya mendapat informasi melalui email dari SMG pada 27 September 2022. Saya mendapat anugerah penghargaan SMG Scholarship berupa beasiswa pendanaan kuliah dari Sony Music Group Global Scholars Program 2022 untuk kuliah S1 Jurusan Computer Information System for Business and Management (CIS), Faculty of Computer Science, President University, Jababeka Cikarang, Indonesia.
Untuk menguji kompetensi sebagai pebisnis pemula, saya aktif mengikuti berbagai lomba model bisnis dan kewirausahaan tingkat nasional hingga internasional.
Berikut ini beberapa kompetisi atau lomba kewirausahaan yang saya ikuti. Yang masuk final dan juara, di antaranya: Top 10 Cipta Lagu Lingkungan "Pesona Negeri", Socio-Edupreneur Outstanding Project SEPIA ID - Istanbul Youth Summit 2021 Turki, Top 12 Startup Entrepreneurship World Cup EWC 2021, Best 3 Global Anthem Competition - Youth For Understanding YFU 2021, Winner 3rd Javanese Business Competition JBC 2022, Juara 1 Airlangga Writing Competition AWC 2022, Top 30 Vlog Terbaik Finalis Nasional Lomba Ide Bisnis Diplomat Success Challenge DSC 2022, Finalis CARIpreneur CARInih PTDKI SMESCO 2022, dan Finalis WMP Berprestasi 2022.
ADVERTISEMENT
Saya membaca program WMP Berprestasi dari situs Kemenpora RI. WMP Berprestasi merupakan sosok pemuda yang memiliki motivasi untuk berprestasi (Need for Achievement) melalui berwirausaha. WMP Berprestasi tidak hanya diukur dari jumlah aset yang telah berhasil dicapainya, memiliki karakter kewirausahaan, memiliki rasa percaya diri dan mampu bersikap positif terhadap diri dan lingkungannya.
Saya juga mengutip pengertian WMP Berprestasi dari laman resmi Kemenpora RI. WMP Berprestasi merupakan sosok pemuda yang memiliki jiwa kepemimpinan, memiliki inisiatif, keuletan, kegigihan, berperilaku kreatif dan inovatif, mampu bekerja keras, berpandangan luas dan memiliki visi kedepan, berani mengambil risiko yang diperhitungkan, serta tanggap terhadap saran dan kritik yang dapat digunakan sebagai masukan untuk memperbaiki diri.
Sebagai pengelola Flemmo Music, saya berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam mengomposisi lagu dan aransemen musik digital menggunakan software Digital Audio Workstation, FL Studio.
ADVERTISEMENT
Saya mengedepankan keunikan dalam proses produksi musik. Saya mampu mengomposisi lagu dan musik dengan cara memadukan berbagai genre dan memberikan sentuhan psikologis dan kisah inspirasi ke dalam lagu.
Alfath Flemmo, komposer muda generasi Z, founder & CEO Flemmo Enterprise Music, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam mengomposisi lagu. (dok. pribadi).
Untuk menghasilkan lagu dan musik yang berkualitas tinggi, saya menerapkan dan menginovasi teknologi artificial intelligence (AI) dalam pembuatan lagu, sound design, aransemen, musik latar atau background music (BGM) untuk film game, jingle iklan perusahaan, lagu mars, hymn, lagu rakyat (folk), dan lagu kebangsaan (anthem).
Alhamdulillah, tahun 2022 ini, Flemmo Music sedang dalam masa pertumbuhan bisnis. Ada peningkatan jumlah pelanggan yang signifikan dibanding tahun lalu. Saya mendapatkan pelanggan baru, rata-rata 5 klien per bulan. Bertambahnya jumlah pelanggan ini disebabkan oleh meningkatnya kepercayaan pelanggan.
ADVERTISEMENT
Saya menerapkan teknologi AI dan Teori Behaviour Stimulus-Response model Ivan Pavlov ke dalam lagu. Saya mengintegrasikan konsep suara yang detail untuk menggugah perasaan pendengar. Tujuannya agar pendengar tenggelam dalam tempat, panorama, waktu, suasana hati, dan suasana imajiner.
Dalam hal marketing, untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi produksi lagu, saya selalu berupaya memperbarui sarana dan prasarana teknologi. Hal ini merupakan bagian dari strategi pemasaran yang saya terapkan untuk mendukung proyek yang sedang saya kembangkan, yakni pengembangan platform digital e-commerce untuk scale up usaha ke depan.
Secara berkala, saya juga mengikuti pelatihan untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM). Peningkatan soft skill ini untuk mendukung transformasi digital.
Saya mengikuti pelatihan selama 2 bulan di bidang Creative Audio Production yang diselenggarakan oleh Santri Digitalpreneur Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI). Pengembangan SDM ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengelola kanal YouTube.com/Flemmo.
ADVERTISEMENT
Saya juga mengikuti pelatihan 50 jam Kotlin for Android dan Web Development di Dicoding Academy Indonesia untuk membangun situs bisnis flemmomusic dot com.
Selain itu, saya juga mengikuti berbagai pelatihan bisnis, manajemen, digital marketing, dan leadership melalui '1000 Startup Digital' yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.
Saya senantiasa berpartisipasi dalam berbagai kegiatan sosial dan pendidikan. Di komunitas global, saya pernah mengadakan acara dan diskusi musik dengan anak muda bertajuk "Musisi, Agen Perubahan di Masyarakat" dalam perayaan ulang tahun Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI) pada Desember 2020.
Di lomba esai, saya pemenang Juara 1 Tingkat Nasional Lomba Menulis Esai Ilmiah SDGs, Airlangga Writing Competition AWC 2022 yang diselenggarakan oleh Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya.
ADVERTISEMENT
Tahun 2021 lalu, saya mengikuti kegiatan internasional di program Yale Young Global Scholars (YYGS). Saya mengomposisi lagu berjudul Awareness tentang kesehatan di masa pandemi. Saya juga menciptakan jingle untuk konferensi internasional Istanbul Youth Summit (IYS) 2021 di Turki.
Kemudian, saya masuk 3 final terbaik komposisi lagu "Happy Day" di lomba anthem global untuk organisasi pemuda internasional Youth For Understanding (YFU).
Sedangkan kontribusi saya melalui Flemmo Music untuk masyarakat Indonesia, di antaranya, saya mengaransemen lagu himne Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), cipta lagu lingkungan hidup "Pesona Negeri", dan jingle Zona Integritas untuk Aparatur Sipil Negara (ASN).
Ke depan, melalui Flemmo Enterprise Music, saya berencana membangun e-commerce platform musik digital dengan menerapkan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam jasa pembuatan lagu dan aransemen musik, menghubungkan customer dengan freelancer, mendampingi musisi ke label rekaman, mendistribusikan lagu ke platform streaming, dan menciptakan musik sebagai preview produk bisnis di media sosial dan e-commerce masa depan.
ADVERTISEMENT
Saya juga berencana bekerja sama dengan industri label rekaman. Platform digital Flemmo ini juga dapat digunakan sebagai A&R, distributor, atau perusahaan musik untuk mencari bakat dan mengawasi perkembangan artis rekaman (penyanyi, instrumentalis, band) dan penulis lagu.
Alhamdulillah, dalam catatan saya, selama Januari - Oktober 2022 ini terdapat peningkatan jumlah klien yang cukup signifikan untuk jasa aransemen dan pembuatan lagu. Klien Flemmo Music meningkat lima kali lipat dari tahun lalu.
Penulis: Maharsyalfath Izlubaid Qutub Maulasufa (Alfath Flemmo) adalah seorang komposer dan produser musik Indonesia; jurnalis lepas; penerima Sony Music Group Global Scholars Program 2022 yang disponsori oleh Sony Music Group (SMG) dan dikelola oleh Institute of International Education (IIE); Delegasi IYS 2021 Turki; Delegasi UNESCO IMUN dan AWMUN Camp; Penerima Beasiswa YYGS Yale University 2021, Penerima Widia Scholarship 2022; Penerima Beasiswa Prestasi BPI/BIM Kemendikbud Ristek 2022, Komposer Pendiri Startup FlemmoMusic.com; YouTuber Flemmo; Co-Founder Socio-Edupreneur Sepia.ID; Founder & Programmer di AlfathDev & FiGO Tech, Mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi BINUS University Binusian 2026, Mahasiswa S1 Information System for Business and Management - Faculty of Computer Science President University 2022/2023.
ADVERTISEMENT