kumparan
14 Agu 2019 13:10 WIB

Berkolaborasi lewat Papan Informasi Transportasi Publik Jakarta

Totem di Halte GBK 2
Jakarta, 13 Agustus 2019 – Sore ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan Forum Diskusi Transportasi Jakarta melakukan pemasangan peta, signage, dan wayfinding di 28 halte non-BRT dan totem di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin.
ADVERTISEMENT
Pemasangan peta, signage, dan wayfinding ini bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat khususnya pengguna kendaraan umum dalam mendapatkan informasi seputar transportasi publik.
Kolaborasi ini juga melibatkan beberapa dinas terkait antara lain Dinas Perhubungan DKI Jakarta, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), MRT Jakarta, LRT Jakarta, serta komunitas kreatif Kreavi.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan dalam pertemuan sebelumnya, “Momen ini adalah kesempatan kita untuk kolaborasi lebih serius. Kita punya visi bahwa solusi yang dimiliki oleh kota ini tidak dimonopoli oleh pemerintah. Solusi bisa datang dari masyarakat, publik sebagai co-creator dan pemerintah sebagai kolaborator. Pemerintah sering kali terbentur dengan daily challenges sehingga sulit untuk memunculkan inovasi dan kreativitas, sedangkan masyarakat atau publik punya inovasi dan kreativitas tetapi tidak punya sumber daya. Di situlah negara dan masyarakat berkolaborasi bersama.”
ADVERTISEMENT

"Solusi yang dimiliki oleh kota ini tidak dimonopoli oleh pemerintah." -Anies Baswedan

Pentingnya Penyediaan Informasi untuk Pengguna Transportasi Publik
Perluasan sistem pembatasan kendaraan bermotor berdasarkan nomor polisi ganjil dan genap telah diuji coba sejak 12 Agustus 2019 di 25 ruas jalan Jakarta untuk mengurangi polusi di ibu kota. Penerapan kebijakan ini harus juga dibarengi oleh penyediaan transportasi publik yang memadai, sehingga masyarakat memiliki pilihan untuk meninggalkan kendaraan pribadi dan beralih ke transportasi publik.
Selain penyediaan akses fisik transportasi publik yang baik dan terintegrasi, yang tak kalah penting juga adalah penyediaan informasi seputar transportasi yang dapat diakses oleh masyarakat, terutama di halte-halte yang berada di jalan-jalan yang terimbas kebijakan ganjil-genap, salah satunya Jalan Sudirman-Thamrin.
Bentuk kolaborasi ini adalah penyediaan desain peta, signage, dan wayfinding oleh Forum Diskusi Transportasi Jakarta bersama komunitas kreatif Kreavi, yang kemudian akan dicetak dan didistribusikan oleh Pemprov DKI Jakarta di bawah Dinas Perhubungan DKI, PT Transportasi Jakarta, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta.
ADVERTISEMENT
Pemasangan peta, signage, dan wayfinding, serta poster dimulai dari halte Non-BRT Gelora Bung Karno Jalan Sudirman pada 13 Agustus 2019 dan secara bertahap akan dipasang di 27 halte lainnya.
Gubernur DKI Anies Baswedan meresmikan totem di Halte GBK 2
Tentang Forum Diskusi Transportasi Jakarta (FDTJ)
Forum Diskusi Transportasi Jakarta/TransportforJakarta adalah komunitas yang fokus pada isu transportasi termasuk perkembangan moda dan kebijakan pemerintah terkait transportasi. Komunitas ini berdiri tahun 2016, dan secara berkala membuat peta transportasi publik untuk Jakarta dan kota lainnya yang diperbaharui setiap bulannya. FDTJ/TfJ secara aktif berdiskusi online melalui Facebook Group https://www.facebook.com/groups/FDTJakarta/.
Untuk informasi lebih lanjut hubungi:
Adrianus Satrio (Founder FDTJ) - +62 813-8686-0250 Adrian Yasin Sulaeman (Kartografer) - +62 815-1910-6154 Instagram FDTJ: https://instagram.com/transportforjakarta/ Twitter FDTJ: https://twitter.com/tfjakarta Website: https://transportforjakarta.com Email: fdtjakarta@gmail.com
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan