Woman
·
11 Januari 2021 12:13

5 Bahan Aktif di Skincare Pencegah Fungal Acne

Konten ini diproduksi oleh gema maulida
5 Bahan Aktif di Skincare Pencegah Fungal Acne (436823)
Ilustrasi wanita menggunakan skincare. Foto: Pexels.com/Cotton Bro
Fungal Acne merupakan “jerawat” yang disebabkan oleh jamur Pityrosporum ovale. Dilansir dari Alodokter, Jamur Pityrosporum ovale sebenarnya adalah flora normal yang ada di kulit, tetapi pada kasus fungal acne jamur ini berkembang secara berlebihan yang disebabkan oleh penggunaaan skincare yang tidak tepat, cuaca panas, kelembaban yang tinggi, atau keringat.
ADVERTISEMENT
Fungal acne dan jerawat adalah 2 hal yang berbeda. Secara sederhana, fungal acne disebabkan oleh jamur, sedangkan jerawat biasanya disebabkan oleh bakteri. Karena perbedaan penyebab, berbeda pula cara mengatasinya. Salah satu caranya adalah menggunakan skincare dengan bahan aktif yang ramah untuk fungal acne. Berikut rangkumannya.

1. Madu atau Propolis

5 Bahan Aktif di Skincare Pencegah Fungal Acne (436824)
Ilustrasi madu murni. Foto: Pexels.com/Three-shots
Madu atau propolis dipercaya dapat mengurangi fungal acne karena memliki kandungan antimicrobial. Hal ini berarti propolis dapat membunuh dan mencegah mikroorganisme penyebab jamur serta sebagai anti peradangan.
Tetapi perlu diketahui juga jenis madu yang aman dan dapat digunakan untuk wajah, tergantung tipe dari madu itu sendiri. Sebaiknya menggunakan madu yang murni tanpa ada campuran bahan lainnya.

2. Salicylic Acid

Salicylic Acid mengandung bahan antijamur yang dapat mengobati jerawat akibat jamur dengan baik dan juga dapat mengontrol minyak berlebih agar jamur penyebab fungal acne tidak berkembang biak.
ADVERTISEMENT
Salicylic Acid dapat ditemui dalam sabun pembersih muka, toner, eksfoliator dan produk skincare lainnya.

3. Sulfur

Kandungan sulfur dalam skincare dipercaya sebagai anti bakteri dan anti inflamasi. Oleh karena itu skincare yang mengandung sulfur biasanya digunakan untuk mencegah dan melawan bakteri penyebab jerawat dan mengurangi inflamasi pada kulit.

4. Tea Tree Oil

5 Bahan Aktif di Skincare Pencegah Fungal Acne (436825)
Ilustrasi tea tree oil. Foto: Pexels.com/Dominika Roseclay
Kandungan pada tea tree oil ampuh untuk membunuh jamur, bakteri, serta virus. Tea tree oil memiliki kandungan antibakteri sehingga dapat menghambat pertumbuhan jamur yang tak terkendali. Tidak hanya untuk menyembuhkan fungal acne, tea tree oil juga dapat menyembuhkan jerawat biasa.
Tetapi sayangnya, risiko iritasi penggunaan tea tree oil cukup tinggi sehingga kamu harus patch test terlebih dahulu sebelum rutin menggunakannya di seluruh wajah.
ADVERTISEMENT

5. Ketoconazole

Ketoconazole merupakan golongan obat yang dapat menghentikan, mencegah, serta menyembuhkan kulit yang terkena pertumbuhan jamur. Namun dalam penggunaannya, hanya disarankan dua persen dalam dalam satu kali pemakaian karena Ketoconazole termasuk obat yang keras.
Oleh karena itu ada baiknya jika kamu konsultasi ke dokter spesialis kulit terlebih dahulu sebelum memakai Ketoconazole untuk menyembuhkan fungal acne.
Pada dasarnya skincare bekerja dari luar, oleh karena itu kamu juga bisa menerapkan pola makan serta pola hidup yang sehat agar penyembuhan fungal acne menjadi lebih optimal.
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white