Buzz
·
21 Januari 2021 10:26

5 Langkah Awal Menyikapi Pasangan yang Ketahuan Selingkuh

Konten ini diproduksi oleh Generasi Milenial
5 Langkah Awal Menyikapi Pasangan yang Ketahuan Selingkuh  (118201)
Ilustrasi wanita yang mendapati pasangannya berselingkuh. Foto: Pexels
Selingkuh memang sebuah hal yang sangat berdampak bagi kesehatan mental maupun fisik. Itulah mengapa, seorang wanita rentan lebih was-was dan peka ketika pasangannya mulai memperlihatkan gerak-gerik mencurigakan.
ADVERTISEMENT
Emosi seorang perempuan akan sulit diatur meskipun kebenaran belum terungkap. Berbagai macam hal bisa saja dilakukan oleh seorang perempuan atas dasar emosi. Entah itu bertemu dengan selingkuhan pasangan, meluapkan semuanya di media sosial, bahkan sampai mengeluarkan kata-kata kasar dari mulut sendiri.
Namun, setiap langkah harus dipikirkan secara matang, agar tak ada penyesalan yang tertinggal di masa depan. Berikut lima langkah yang harus kamu ambil ketika mendapati pasangan berselingkuh. Apa saja?

1. Pastikan Dugaanmu Benar

5 Langkah Awal Menyikapi Pasangan yang Ketahuan Selingkuh  (118202)
Ilustrasi seorang wanita sedang memastikan dugaannya benar. Foto: Pexels
Perempuan biasanya memiliki insting yang kuat, terutama kepada orang-orang yang mereka cintai. Hal itulah yang biasanya membuat para perempuan menjadi lebih peka dan mengetahui jika ada yang berbeda dengan pasangan mereka.
Jordan Madison, terapis keluarga dan pernikahan asal Amerika Serikat, menyarankan agar kamu memastikan dahulu apakah dugaan itu benar atau tidak. Jika tidak memiliki bukti yang kuat, usahakan untuk tidak menuduhnya macam-macam karena hal itu justru dapat membuat hubungan kamu dengan pasangan menjadi terancam.
ADVERTISEMENT

2. Hindari Mengecek Barang Pribadinya

5 Langkah Awal Menyikapi Pasangan yang Ketahuan Selingkuh  (118203)
Ilustrasi seorang wanita yang sedang mengecek ponsel pasangan secara diam-diam. Foto; Pexels
Privasi adalah privasi. Cobalah untuk tidak melewati batas itu jika kamu belum yakin dengan dugaanmu. Menurut Madison, mengintip komunikasi pribadi pasangan akan membuat kamu semakin resah, meskipun hal itu bertujuan untuk mencari bukti.
Terlebih lagi jika pasangan terbukti tidak berselingkuh. Ia akan merasa tersinggung dan merasa sudah tidak ada kepercayaan lagi dalam hubungan kalian.

3. Ajak Pasangan Berbicara

5 Langkah Awal Menyikapi Pasangan yang Ketahuan Selingkuh  (118204)
Ilustrasi obrolan serius dengan pasangan. Foto: Pexels
Apabila pasangan kamu terbukti selingkuh, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah tarik napas dalam-dalam. Kamu harus tenangkan diri, lalu ajak pasangan bicara empat mata.
Berikan mereka pilihan untuk berbicara sejujurnya. Bisa juga dengan menguji pasangan dengan cara meminta izin untuk melihat ponselnya. Jika dia menolak, cobalah untuk berpikir matang-matang apa yang harus kamu lakukan tanpa tergesa-gesa.
ADVERTISEMENT

4. Pikirkan Bagaimana Respons Kamu

5 Langkah Awal Menyikapi Pasangan yang Ketahuan Selingkuh  (118205)
Ilustrasi seorang perempuan. Foto: Pexels
Marah ataupun sedih setelah mengetahui pasangan berselingkuh merupakan hal yang wajar. Namun, jangan sampai berlebihan, ya. Kamu tak perlu menunjukkan marah dan kesedihan media sosial.
Mungkin sesaat rasanya akan melegakan. Namun, kamu pasti akan menyesalinya di kemudian hari. Jika ingin melampiaskan perasaan, cobalah untuk bercerita soal permasalahan ini ke orang-orang terdekat. Jika kamu mengalami kesulitan dalam mengatasi emosi, jangan sungkan untuk minta bantuan kepada profesional seperti psikolog.

5. Rencanakan Strategi Perpisahan

5 Langkah Awal Menyikapi Pasangan yang Ketahuan Selingkuh  (118206)
Ilustrasi pasangan bercerai. Foto: Pexels
Perpisahan memang selalu membawa kesedihan. Namun, jika pasangan kamu telah selingkuh dan ada beberapa alasan mengapa kamu tidak bisa menerimanya, mungkin berpisah adalah jalan terbaik.
Jika hubungan yang dijalani masih sebatas berpacaran, perpisahan yang harus dilakukan mungkin tidak terlalu rumit. Cukup menghapus seluruh pesan dan foto-foto kenangan, atau memblokir nomor dan media sosialnya.
ADVERTISEMENT
Tetapi apabila kamu sudah menikah, ada baiknya minta pendapat kepada keluarga atau kerabat tentang rencana perpisahan kamu. Usahakan juga untuk bertemu dengan pengacara secara pribadi agar kamu bisa leluasa mengatakan semua permasalahan yang terjadi. (bel)
.