kumparan
Entertainment23 Mei 2020 9:40

5 Tanda Kamu Lebih Cerdas dari Perkiraanmu

Konten kiriman user
aw-creative-jemgmDw4LJ4-unsplash.jpg
Ilustrasi orang cerdas. Foto: Unsplash/Aw Creative
Pernah enggak sih kalian berpikir jika kalian tidak cerdas seperti orang-orang lainnya? Kadang pemikiran seperti itu membuat kita jadi membanding-bandingkan diri dengan orang lain dan kurang percaya diri. Padahal, kamu juga memiliki kecerdasan yang patut dibanggakan, lho.
ADVERTISEMENT
Apa saja sih tanda-tandanya? Simak lima tanda kamu lebih cerdas daripada yang kamu pikirkan!

1. Tidak Merasa Sebagai Orang Paling Cerdas

kyle-gregory-devaras-6RTM8EsD1T8-unsplash.jpg
Ilustrasi orang cerdas. Foto: Unsplash/Kyle Gregory
Ternyata rasa ragu dan kurang percaya diri bisa menjadi tanda kalau kamu sebenarnya adalah seseorang yang cerdas. Rasa itu memberikan dorongan agar kamu selalu belajar dan menambah pengetahuanmu. Jika kamu sudah merasa menjadi orang yang paling cerdas, kamu malah tidak memiliki keinginan untuk belajar lagi.

2. Bisa Berempati dengan Perasaan Orang Lain

priscilla-du-preez-gYdjZzXNWlg-unsplash.jpg
Ilustrasi orang cerdas. Foto: Unsplash/Priscilla du Preez
Ketika orang lain bercerita tentang perasaannya, kamu memiliki kemampuan untuk memahami perasaannya. Kamu bisa memposisikan diri sebagai orang itu dan melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda.
Empati juga membuatmu menjadi seseorang yang lebih memahami keadaan orang lain. Selain itu, kamu tidak mudah menghakimi keputusan orang lain.
ADVERTISEMENT

3. Memiliki Sifat yang Kreatif

amelie-mourichon-wusOJ-2uY6w-unsplash.jpg
Ilustrasi orang cerdas. Foto: Unsplash/Amelie Mourichon
Kreatif tidak hanya berhubungan dengan kesenian, tapi juga berbagai aspek kehidupan. Kamu bisa mencari jalan keluar dari masalahmu dengan berbagai cara yang out of the box. Kamu tidak mudah menyerah karena pasti menemukan jalan keluar sebesar apa pun masalahmu.

4. Tenang dalam Bersikap

radu-florin-CwTBt6jyagQ-unsplash.jpg
Ilustrasi orang cerdas. Foto: Unsplash/Radu Florin
Ketika kamu mendapatkan suatu berita atau informasi yang mengejutkan, kamu tidak bertindak dengan gegabah. Kamu memilih untuk menenangkan diri dan membuat keputusan yang rasional. Kamu sadar jika bertindak berdasarkan emosi hanya membuat keadaan lebih buruk.

5. Kamu Tidak Menutup Diri Terhadap Hal-hal Baru

annie-spratt-ORDz1m1-q0I-unsplash.jpg
Ilustrasi orang cerdas. Foto: Unsplash/Annie Spratt
Ketika menghadapi sesuatu yang asing, kamu tidak langsung mundur dan memilih untuk memahaminya terlebih dulu. Kamu mau mencoba untuk berpikir dari sudut pandang yang berbeda karena bisa menambah pengetahuan dan memperluas pandanganmu.
ADVERTISEMENT
Nah, itulah lima tanda kamu lebih cerdas dari apa yang kamu pikirkan. Ada baiknya agar kamu terus menambah pengetahuan dan pengalaman baru agar bisa lebih bijaksana dalam menyikapi berbagai hal. (sap)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan