Apa Itu Wamil yang Dijalani Idol K-Pop BTS hingga Pesepak Bola Korsel?

Generasi Milenial
Konten dari Pengguna
19 Oktober 2022 13:26
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Generasi Milenial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Nama Member BTS Foto: Soompi
zoom-in-whitePerbesar
Nama Member BTS Foto: Soompi
Belum lama ini agensi idol K-Pop, BIG HIT Music, mengumumkan bahwa ketujuh member BTS bakal mengikuti wamil. Berita tersebut tentu bikin geger, terutama di kalangan fans yang akhirnya banyak tidak rela dan sedih idolanya harus vakum dari dunia hiburan.
Meski begitu, bagi fans yang berada di luar Korea Selatan, terutama yang negaranya tidak ada wamil, beberapa jadi penasaran dan bertanya-tanya sebenarnya apa itu wamil.

Mengenal Apa Itu Wamil

Bintang K-pop wamil. (Foto: Naver)
zoom-in-whitePerbesar
Bintang K-pop wamil. (Foto: Naver)
Nah, wamil sendiri adalah singkatan dari wajib militer. Program tersebut dari pemerintah Korea Selatan, sehingga tidak hanya menyasar anggota grup idol K-pop, tetapi juga seluruh laki-laki dari umur 18 hingga 28 tahun.
Karena itu, sebelumnya, dari dunia sepak bola juga sempat heboh Son Heung-min bisa jadi harus wajib militer kalau-kalau tidak berhasil memenangkan Asian Games 2018 di Indonesia. Untungnya, medali emas berhasil diraih Son dan Taeguk Warriors.
Buat yang belum siap ikut wajib militer, maksimal banget menundanya sampai usia 35 tahun. Kalau masih enggan juga? Jelas ada hukumannya, lah!
Mengutip Stanford Daily, berdasarkan Pasal 88 Undang-Undang Dinas Militer tahun 2003, hukuman menolak wajib militer adalah kurungan tiga tahun. Buat warga negara ganda, akan kehilangan status kewarganegaraan Korea Selatan.
Hanya, buat orang ngotot enggan ikut tersebut, sebelum dijemput paksa dan dipenjara, masih bisa menyerahkan diri sendiri. Namun, pada akhirnya akan didenda dan disuruh ikut juga.

Sejarah, Kegunaan, dan Durasi Wamil

Tentara militer Korea Selatan (Foto: Flickr)
zoom-in-whitePerbesar
Tentara militer Korea Selatan (Foto: Flickr)
Mengutip dari situs resmi Administrasi Tenaga Kerja Militer (MMA) Korea Selatan, wamil di Korsel sudah ada sejak 1957. Seperti yang disebutkan sebelumnya, warga negara laki-laki usia 18-35 tahun diharuskan ikut wamil.
Sementara untuk perempuan, mengutip Yonhap, tidak diwajibkan untuk ikut dinas militer. Namun, tentu diperbolehkan bila mereka mau secara sukarela bergabung.
Wamil sendiri kegunaannya di antaranya meningkatkan kedisiplinan, ketangguhan, juga keberanian, hingga kemandirian para pesertanya. Buat yang menganggur, melansir Index Korea, wamil dibayar, lho, yakni Rp5 juta untuk pangkat prajurit dan Rp6,6 juta buat sersan.
Lalu, seberapa lama durasi wamil? Berbeda-beda tergantung instansinya. Angkatan Darat yakni 21 bulan, Angkatan Laut bisa mencapai 23 bulan, sementara Angkatan Udara sampai 24 bulan.
Son Heung-min saat wajib militer.  Foto: Tim media Tottenham Hotspur
zoom-in-whitePerbesar
Son Heung-min saat wajib militer. Foto: Tim media Tottenham Hotspur
Namun, ada juga pengecualian bagi yang menyumbang prestasi tertentu. Seperti sebelumnya disinggung, Son Heung-min dkk lolos dari wamil dua tahun, dipangkas jadi hanya tiga bulan saja karena membawa Timnas Korea Selatan menang Asian Games.
Hal tersebut diatur dalam hukum Korea Selatan, bahwa semua pria berbadan sehat wajib militer selama 21 bulan sebelum ulang tahun mereka yang ke-28. Pengecualian diberikan kepada semua peraih medali Olimpiade dan juara Asian Games.
Buat grup idol K-Pop juga sebenarnya wajib militer sudah jadi hal biasa. Beberapa grup yang sempat ikut wamil di antaranya SHINee, BIGBANG, hingga Super Junior. (bob)