Buzz
·
30 Juli 2021 13:11
·
waktu baca 2 menit

Bagaimana Tips Memilih Organisasi dan UKM Kampus untuk Mahasiswa Baru?

Konten ini diproduksi oleh Generasi Milenial
Bagaimana Tips Memilih Organisasi dan UKM Kampus untuk Mahasiswa Baru? (610253)
searchPerbesar
Ilustrasi rapat organisasi. Foto: Getty Images
Sebagian mahasiswa baru, mungkin akan bingung memilih dan bimbang saat diperlihatkan beragam organisasi dan unit kegiatan mahasiswa (UKM) saat masa perkenalan kampus.
ADVERTISEMENT
Setiap kampus memiliki beragam organisasi kemahasiswaan baik berupa organisasi himpunan jurusan, organisasi tingkat fakultas, universitas dan UKM. Hal ini agar mahasiswa tidak hanya fokus dalam pembelajaran saja, namun mengasah skill organisasi maupun minatnya dengan mengikuti organisasi atau UKM.
Namun, saking banyaknya organisasi dan UKM yang ada di kampus, membuat sebagian mahasiswa baru bingung untuk memilih. Tapi kamu tak perlu khawatir, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat ingin memilih organisasi mana yang ingin kamu tuju. Simak ulasan berikut.

1. Sesuai dengan Minat dan Passion

Bagaimana Tips Memilih Organisasi dan UKM Kampus untuk Mahasiswa Baru? (610254)
searchPerbesar
Ilustrasi organisasi di kampus. Foto: Getty Images
Hal yang pertama dan penting sebelum memilih organisasi atau UKM yang akan kamu ambil adalah sesuaikan dengan minat dan passion yang kamu punya.
Selain menambah skill bakatmu, tentu kamu dapat mengikuti jadwal organisasi dengan gembira tanpa merasa terbebani karena tugas tersebut sesuai dengan minatmu.
ADVERTISEMENT

2. Hindari Mengikuti Ajakan Teman

Bagaimana Tips Memilih Organisasi dan UKM Kampus untuk Mahasiswa Baru? (610255)
searchPerbesar
Ilustrasi bersama teman. Foto: Getty Images
Saking bingungnya memilih organisasi dan UKM, banyak mahasiswa baru yang akhirnya memutuskan untuk bergabung karena ajakan dari teman-temannya.
Sebaiknya, kamu memilih sesuai dengan keinginan sendiri. Jangan sampai kamu ikut-ikutan dengan temanmu. Karena setiap orang punya minat, bakat, kemampuan, serta passion yang berbeda-beda.

3. Pastikan Organisasi atau UKM yang Dipilih Bermanfaat

Bagaimana Tips Memilih Organisasi dan UKM Kampus untuk Mahasiswa Baru? (610256)
searchPerbesar
Ilustrasi organisasi di kampus. Foto: Getty Images
Selain bisa menambah dan mengasah bakatmu, kamu juga harus memastikan apakah organisasi atau UKM yang kamu ambil memiliki manfaat besar untuk bakatmu atau mendukung perkuliahanmu.

4. Mencari Tahu Prestasi yang Akan Didapat

Bagaimana Tips Memilih Organisasi dan UKM Kampus untuk Mahasiswa Baru? (610257)
searchPerbesar
Ilustrasi perlombaan di UKM. Foto: Getty Images
Sebelum memutuskan untuk mengambil organisasi dan UKM, penting bagi kamu untuk mencari tahu prestasi apa yang sudah dicapai oleh mereka.
Jika organisasi tersebut aktif dan memiliki banyak kegiatan perlombaan, hal ini tentu dapat mendukung prestasimu sekaligus menambah cv dan portofoliomu.
ADVERTISEMENT

5. Kuliah Tetap Prioritas

Bagaimana Tips Memilih Organisasi dan UKM Kampus untuk Mahasiswa Baru? (610258)
searchPerbesar
Ilustrasi pembelajaran di kuliah. Foto: Getty Images
Sesibuk apapun jadwal kegiatan organisasi yang kamu pilih, jangan lupakan bahwa kuliah adalah hal nomor satu yang harus kamu prioritaskan.
Jangan sampai kegiatan di organisasi dan UKM justru menghambat pembelajaran kuliah kamu atau bahkan menjadi faktor penunda kelulusanmu ya. (via)