Buzz
·
14 Januari 2021 17:36

Bisa Bantu Diet, 5 Waktu Terbaik Minum Teh Hijau untuk Khasiat Optimal

Konten ini diproduksi oleh Generasi Milenial
Bisa Bantu Diet, 5 Waktu Terbaik Minum Teh Hijau untuk Khasiat Optimal (12664)
Ilustrasi minum teh hijau. Foto; Pexels
Di Indonesia, teh hijau sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat sebagai minuman diet. Disebut sebagai minuman diet, tentu ada beberapa aturan soal waktu terbaik dalam menikmati teh hijau.
ADVERTISEMENT
Beberapa orang percaya bahwa menikmati teh hijau di pagi hari, sebelum beraktivitas, bisa membuat tubuh menjadi lebih segar dan bugar. Benarkah demikian?
Seperti dikutip The Indian Post, minum teh hijau di waktu yang tidak tepat rupanya dapat berdampak pada khasiat teh yang tidak optimal. Dibagi ke dalam lima kelompok waku, berikut waktu terbaik untuk menikmati teh hijau.

1. Setelah Sarapan

Bisa Bantu Diet, 5 Waktu Terbaik Minum Teh Hijau untuk Khasiat Optimal (12665)
Ilustrasi menikmati teh hijau setelah sarapan. Foto; Pexels
Para ahli memang menganjurkan masyarakat untuk memulai aktivitas di pagi hari dengan mengkonsumsi makanan sehat, tak terkecuali minuman teh hijau.
Meski begitu, hindari minum teh saat perut masih kosong karena kafein yang terkandung di dalamnya bisa menyebabkan dehidrasi. Minum teh terlalu pagi juga bisa menyebabkan sakit perut, lho. Lebih baik, sebelum menikmati teh hijau, konsumsi makanan sehat terlebih dahulu.
ADVERTISEMENT

2. Sebelum Tidur

Bisa Bantu Diet, 5 Waktu Terbaik Minum Teh Hijau untuk Khasiat Optimal (12666)
Ilustrasi teh hijau. Foto: Pexels
Beda tujuan, beda juga waktu terbaik dalam meminum teh hijau. Untuk menurunkan berat badan, minumlah dua jam sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk membantu tubuh dalam membakar lemak lebih cepat.
Tapi, bagi kamu yang tidak ingin diet, minum teh sebelum tidur justru bisa membuat kamu tidak merasakan kantuk karena kafein di dalamnya.

3. Setengah Jam Sebelum Berolahraga

Bisa Bantu Diet, 5 Waktu Terbaik Minum Teh Hijau untuk Khasiat Optimal (12667)
Ilustrasi minum teh hijau. Foto: Pixabay
Bagi kamu pecinta teh yang gemar berolahraga, kamu bisa memilih waktu setengah jam sebelum berolahraga sebagai waktu terbaik untuk menikmati secangkir teh hijau. Karena pada waktu ini, teh hijau dapat meningkatkan kinerja seseorang sehingga kamu juga bisa lebih semangat dan tetap merasa bugar setelah berolahraga.

4. Satu Jam Sebelum atau Sesudah Makan

Bisa Bantu Diet, 5 Waktu Terbaik Minum Teh Hijau untuk Khasiat Optimal (12668)
Teh hijau. Foto: Thinkstock
Teh hijau tak selalu harus dikonsumsi pagi hari. Kamu bisa menikmati secangkir teh hijau satu jam sebelum makan, lho. Selain itu, kamu juga bisa menikmatinya setelah makan dengan memberikan jeda selama satu jam lamanya.
ADVERTISEMENT
Meminum teh sesaat setelah makan dapat menghambat penyerapan nutrisi yang disebabkan oleh kafein dan tanin dalam teh hijau yang berperan sebagai penyumbat.

5. Sepanjang Hari

Bisa Bantu Diet, 5 Waktu Terbaik Minum Teh Hijau untuk Khasiat Optimal (12669)
Ilustrasi teh hijau. Foto: Pexels
Jika kamu ingin mendetoksifikasikan tubuh dengan cara minum teh hijau, maka kamu perlu menyesapnya sepanjang hari. Sifat detoksifikasi teh hijau bekerja secara lambat, karenanya kamu perlu meminumnya sedikit demi sedikit untuk menuai semua manfaatnya.
Siapkan secangkir teh hijau secukupnya dan biarkan dingin. Lalu isi satu botol dengan air dan tambahkan teh hijau ke dalamnya. Lalu, saring air teh hijau setiap kamu ingin meminumnya.
Itulah lims waktu terbaik untuk menyesap teh hijau. Manakah waktu yang terbaik untuk kamu, nih? (bel)