Dear Mahasiswa! 4 Tips Semangat Hadapi Semester Baru Setelah Libur Panjang

Generasi Milenial
Generasi Milenial
Konten dari Pengguna
2 Februari 2022 11:50 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Generasi Milenial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Melewati libur panjang semester merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan bagi mahasiswa. Karena bisa menghabiskan waktu buat liburan bareng keluarga maupun sahabat setelah berkutat dengan kesibukan di kampus.
ADVERTISEMENT
Namun, ketika libur panjang semester telah usai, saatnya nih kembali ke rutinitas dunia perkuliahan. Untuk kamu para mahasiswa agar lebih semangat lagi menyambut semester baru, simak empat tips di bawah ini.

Belajar dari Kesalahan Masa Lalu

Semua orang pasti pernah melakukan kesalahan, tidak terkecuali para mahasiswa. Semester lalu barangkali kamu pernah melakukan kesalahan seperti sering bolos mata kuliah atau kesalahan lain, yuk mulai sekarang ubah kebiasaan burukmu itu dengan memperbaiki kualitasmu.
Belajarlah dari kesalahan tersebut dan mulailah bersungguh-sungguh untuk berubah. Kamu juga perlu introspeksi diri agar lebih semangat untuk belajar.

Mencari Motivasi agar Tetap Semangat

Tips selanjutnya yaitu mencari motivasi diri. Banyak mahasiswa merencanakan target dan segudang niatan positif untuk menyambut semester baru. Tapi, berhenti di tengah jalan karena semangatnya menjadi kendor atau lemah.
ADVERTISEMENT
Untuk mengatasi hal tersebut, carilah sumber kekuatan atau motivasi agar kamu bisa terus bersemangat untuk kuliah dan melakukan hal positif. Kamu bisa menjadikan orang tuamu sebagai sumber motivasi tersebut. So, jangan kasih kendor semangatnya ya!

Manfaatkan Waktu Sebaik Mungkin

Mulai sekarang manfaatkan waktumu sebaik mungkin. Karena semakin ke sini semester semakin naik, mata kuliah akan bertambah sulit, dan kesibukan kampus semakin bertambah.
Maka dari itu, sekarang bukan untuk main-main. Jangan menunda-nunda lagi pekerjaan dan waktunya kamu mengubah kebiasaan buruk itu. Bukannya tidak boleh bersantai, namun kamu harus tahu mana yang harus kamu prioritasin terlebih dahulu.

Target Apa Saja yang Ingin Kamu Lakukan di Semester Baru

Tips terakhir ini tidak kalah penting loh. Yuk, memulai semester baru dengan membuat target dan goals yang ingin kamu lakukan selama satu semester ke depan.
ADVERTISEMENT
Kamu bisa menuliskan target dan rencanamu di selembar kertas, lalu kamu tempelkan di dinding kamar. Tujuannya agar kamu terus ingat tujuan yang ingin kamu lakukan. Selain itu kamu juga bisa membuat mind mapping agar targetmu bisa lebih jelas dan terarah.
Nah, itu dia tips untuk menghadapi semester baru kuliah setelah libur panjang. Bisa dicoba ya guys! (yrs)