Food & Travel
·
17 Oktober 2020 12:39

Hati-Hati Menyebut 5 Nama Makanan Ini, Bisa Bikin Pikiran Ngeres

Konten ini diproduksi oleh Generasi Milenial
Hati-Hati Menyebut 5 Nama Makanan Ini, Bisa Bikin Pikiran Ngeres (33529)
Kuliner Indonesia. Foto: Isabella Permatasari/kumparan
Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan makanan atau wisata kulinernya. Cita rasa pedas, manis, hingga gurih semuanya ada. Selain itu, nama makanan yang unik juga sering ditemukan di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Bukan saja sulit disebutkan, nama-nama makanan tersebut begitu unik hingga terkesan nyeleneh. Sebab, ada beberapa nama makanan yang bisa membuat siapa saja berpikiran ngeres saat mendengar atau menyebutkannya.
Hati-Hati Menyebut 5 Nama Makanan Ini, Bisa Bikin Pikiran Ngeres (33530)
Ilustrasi Gado-gado (Foto: Shutter stock)
Enggak percaya? Yuk, simak lima nama makanan yang bisa bikin berpikiran ngeres berikut ini.

1. Peler Kambing

Masyarakat Palembang tentu sudah tak asing lagi dengan kuliner yang satu ini. Ya, makanan yang terkesan jorok ini rupanya merupakan sejenis pisang goreng yang terbuat dari campuran tepung terigu dan pisang yang dihaluskan. Setelah tercampur rata, adonan lalu digoreng hingga kuning keemasan dan diberi taburan gula halus.
Ada fakta menarik seputar penamaan hidangan ini. Pertama, sebutan peler kambing sendiri sebenarnya berasal dari orang luar Palembang. Kedua, hidangan ini awalnya memiliki nama pempek pisang, namun karena lebih populer disebut peler kambing, tak heran jika banyak warga menggunakan nama tersebut saat berjualan.
ADVERTISEMENT

2. BH Suwek

Kedai burger yang berlokasi di Jalan Bunga Cengkeh, Malang, Jawa Timur memiliki sebuah makanan yang bisa membuat siapa saja berpikiran ngeres. Bagaimana tidak, salah satu menunya diberi nama BH suwek. Eits, jangan sampai ngeres dulu ya, karena nama tersebut merupakan singkatan dari Burger Hitam Super Wenak.
Lucunya lagi, jika memesan menu ini kamu harus memilih ukuran atau topping yang ditawarkan, mulai dari 34A (daging ayam), hingga 34D (daging sapi). Oh iya, burger unik tersebut juga dibanderol dengan harga yang ramah dikantong, berkisar Rp 16 ribu hingga Rp 25 ribu.

3. Kupat Jembut

Terkesan ngeres, karena dalam bahasa Indonesia jembut sendiri memiliki arti rambut pubis. Jangan khawatir, meski dinamai demikian makanan khas Jawa Tengah ini terkenal enak, lho.
ADVERTISEMENT
Sesuai namanya, makanan ini berupa ketupat yang diberi isian tauge atau kecambah yang mencuat ke luar. Selain bisa dimakan langsung, hidangan ini juga biasanya dinikmati bersama opor ayam atau makanan berkuah lainnya. Meski terkesan jorok, ternyata hidangan ini sering disajikan saat tradisi Syawalan di Semarang.

4. Kontol Sapi

Apa yang ada di pikiran kamu saat mendengar kontol sapi? Jangan khawatir, meskipun namanya terkesan jorok hidangan ini merupakan kudapan khas Cilegon yang cukup langka.
Sejatinya, kue ini tidak ada hubungannya dengan sapi maupun alat kelamin sapi, kue ini merupakan makanan tradisional yang terbuat dari beras ketan, dan kelapa yang digoreng lalu dilumuri cairan gula pasir. Kudapan yang mirip gemblong ini ternyata memiliki nama lain sesilit, tapi warga Cilegon lebih sering menyebutnya kontol sapi atau anu sapi.
ADVERTISEMENT

5. Bubur Peju

Jangan berpikiran yang enggak-enggak ya saat menemukan makanan ini. Pasalnya, kreasi makanan yang dibuat oleh warga Desa Antutan, Kecamatan Tanjung Palas, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara ini merupakan sejenis bubur yang memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi.
Disebut kaya gizi karena bubur peju ini terdiri dari berbagai sayuran. Mulai dari bayam, wortel, kacang panjang, dan labu.
Menurut sang pembuat, nama peju diambil dari bahasa Bulungan yang berarti ‘pemberi’. Oleh karena itulah, bubur ini diharapkan bisa memberikan semangat kepada si pemakannya saat menjalani rutinitas.
Wah, unik sekali ya kelima nama makanan yang disebutkan tadi. Tentunya masih banyak lagi nama-nama makanan unik di Indonesia. Nah, setelah mendengar nama dan bentuk makanannya, tertarik untuk mencoba? (bel)
ADVERTISEMENT
***
Ingin dapat dana pengembangan buat usaha kamu? Caranya kunjungi link di bawah ini: