Food & Travel
·
11 April 2021 12:17

Ingin Belajar Meracik Kopi, Ini 5 Rekomendasi Kursus Barista di Sekitar Jakarta

Konten ini diproduksi oleh Generasi Milenial
Ingin Belajar Meracik Kopi, Ini 5 Rekomendasi Kursus Barista di Sekitar Jakarta  (64105)
Ilustrasi barista sedang meracik kopi. Foto: Getty Images
Kopi sudah menjadi gaya hidup sebagian orang untuk menjadi teman ngobrol atau sekedar untuk merefleksasikan fikiran agar segar. Kini, penikmat kopi yang semakin bertambah membuat kedai kopi mulai banyak hadir di tiap sudut kota di Indonesia, terutama di Jakarta.
ADVERTISEMENT
Ketertarikan masyararakat pada kopi pun meningkat seiring dengan perkembangan kopi di Tanah Air. Profesi barista kopi yang mungkin dulunya tak dilirik, saat ini mulai digemari.
Ingin Belajar Meracik Kopi, Ini 5 Rekomendasi Kursus Barista di Sekitar Jakarta  (64106)
Ilustrasi barista sedang meracik kopi. Foto: Getty Images
Hal inilah yang kemudian disadari betul oleh para pemilik industri kopi yang kemudian membuka sekolah khusus barista. Di Jakarta sendiri, sedikitnya ada lima sekolah barista kopi yang bisa kamu temukan lho.
Bagi kamu yang tertarik menjadi seorang barista kopi dan bermukim di sekitar Jakarta, berikut deretan lima kursus barista kopi di area Jakarta, yuk simak ulasannya.
1. Indonesian Coffee Academy
Yang pertama ada Indonesian Coffee Academy dari Anomali Kopi. Bagi kamu yang mengaku penikmat kopi sejati tentu tak asing dengan kedai kopi populer yang satu ini.
ADVERTISEMENT
Kedai kopi yang sudah ada sejak tahun 2007 ini menawarkan beragam program kelas barista pemula, mulai dari basic epsresso, art latte, dan cupping akan kamu pelajari di sini. Untuk biaya, Indonesian Coffee Academy mematok harga mulai dari Rp 3 juta untuk tiga kali pertemuan.
2. Esperto Barista Course
Bagi yang bermukim di area Jakarta Barat, kamu bisa mengikuti kelas barista kopi di Esperto Barista Course. Ada total tiga pilihan kelas barista pemula yang bisa kamu ikuti, mulai dari regular (4 hari), Latte Art (2 hari), dan Coffee Cupping (2 hari).
Setiap murid akan diberikan buku panduan serta peralatan menyeduh kopi mulai dari mesin kopi, grinder dan aksesoris keperluan lainnya. Sekolah kopi ini mengenakan biaya mulai dari Rp 2,5 juta hingga Rp 6 juta, tergantung kelas yang diikuti.
ADVERTISEMENT
3. Fulcaff Barista Training
Selanjutnya ada Fulcaff Barista Training yang berlokasi di Depok, Jawa Barat. Fulcaff Barista Training membuka tiga kategori kelas, mulai dari Barista Training Combo Class yang merupakan kelas unggulan, Manual Brew Class, dan Espresso Machine & Latte Art Class.
Bagi yang ingin paket komplit, kamu bisa mendaftar di kelas Training Combo Class yang sudah meliputi semua materi pembelajaran.
4. Caswell’s Coffee Lab
Telah bekerjasama dengan Specialty Coffee Association of America (SCAA), asosiasi perdagangan kopi terbesar di dunia, mutu pembelajaran di Caswell's Coffee Lab tentu tak perlu diragukan. Terletak di Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan, sekolah barista ini menawarkan program kelas yang menarik.
Tak hanya belajar tentang teknik menyeduh kopi, setiap murid juga akan diajarkan tentang mencicipi rasa kopi yang berbeda dari seluruh negara. Caswell's Coffee Lab adalah sekolah barista yang tepat bagi para pemula ataupun profesional.
ADVERTISEMENT
5. ABCD School of Coffee
Lebih dulu dikenal dengan kedai kopinya yang berlokasi di Jalan RP Soeroso, Menteng, Jakarta Pusat, A Bunch of Caffeine Dealers atau disingkat ABCD rupanya mempunyai sekolah barista. ABCD School of Coffee akan membentuk para muridnya andal dalam meracik kopi dan menguasai tentang kopi itu sendiri.
Telah membuka kelas sejak 2014, sekolah barista kopi ini rupanya berhasil menarik murid tak hanya dari dalam negeri tapi juga dari luar negeri, seperti Malaysia dan Singapura.
Jadi bagaimana, tertarik untuk belajar menjadi barista kopi? (via)