Buzz
·
21 April 2021 14:36

Langkah Ideal Membersihkan Wajah yang Benar, Begini Urutannya

Konten ini diproduksi oleh Generasi Milenial
Langkah Ideal Membersihkan Wajah yang Benar, Begini Urutannya  (30770)
Ilustrasi membersihkan wajah. Foto: Getty Images
Wajah menjadi bagian penting yang harus dibersihkan dengan baik dan benar agar tidak menyebabkan jerawat atau kerusakan kulit wajah yang lain. Terlebih bagi perempuan aktif yang mengenakan makeup dan terpapar polusi setiap harinya.
ADVERTISEMENT
Jangan sampai segala sisa makeup dan kotoran masih menempel pada wajah saat kamu membersihkannya, karena bisa saja wajah kamu malah jadi bermasalah. Kulit kusam, komedo, iritasi, hingga jerawat sudah menunggu di depan mata.
Namun, hingga kini tak sedikit wanita yang masih melakukan kebiasaan salah dalam mengaplikasikan teknik membersihkan wajah dengan baik dan benar.
Langkah Ideal Membersihkan Wajah yang Benar, Begini Urutannya  (30771)
Ilustrasi membersihkan wajah. Foto: Getty Images
Ada yang menganggap bahwa membersihkan wajah dengan cleansing milk dan toner saja sudah cukup. Sebagian lagi menganggap sabun cuci muka saja sudah mampu mengangkat makeup yang menempel pada wajah.
Namun, seiring dengan kepopuleran micellar water yang meroket, banyak perempuan merasa terlena dengan menafsirkan bahwa satu produk ajaib ini saja sudah merangkum fungsi pembersih dan pelembap secara sempurna. Padahal hal itu tak sepenuhnya benar lho.
ADVERTISEMENT
Ada baiknya jika kamu memahami terlebih dahulu tiga langkah utama yang harus dilakukan untuk membersihkan wajah dengan baik dan benar. Seperti apa urutannya? Yuk simak ulasannya.

1. Gunakan Pembersih Wajah (Cleanser)

Langkah Ideal Membersihkan Wajah yang Benar, Begini Urutannya  (30772)
Ilustrasi menghapus makeup dengan pembersih wajah. Foto: Getty Images
Setelah beraktivitas seharian, tentunya makeup yang kamu kenakan sudah bercampur dengan minyak, debu, dan kotoran. Untuk membersihkannya, kamu harus memulai langkah pertama dengan menggunakan cleanser atau pembersih wajah terlebih dahulu ya. Bentuknya bisa beragam, seperti cleansing milk, pembersih makeup dengan kandungan air dan minyak, atau micellar water.

2. Mencuci Wajah (Face Cleanser)

Langkah Ideal Membersihkan Wajah yang Benar, Begini Urutannya  (30773)
Ilustrasi menuci wajah. Foto: Getty Images
Meski wajah sudah terasa bersih dan lembut setelah menggunakan aneka produk pembersih seperti yang disebutkan di atas, hal ini bukan berarti sudah tak ada kotoran dan residu makeup yang tersisa, ya.
ADVERTISEMENT
Mencuci wajah menjadi tahap penting yang harus kamu lakukan untuk menyegarkan wajah dan benar-benar mengangkat seluruh kotoran dan menyingkirkan bakteri.
Jangan lupa untuk menggunakan sabun cuci muka yang sesuai dengan kondisi kulit kamu, ya. Bagi kamu yang memiliki kulit wajah yang kering, hindari sabun cuci wajah yang memiliki kandungan tea tree karena sifatnya yang menyerap minyak justru akan menjadikan kulit wajah kamu jadi semakin kering.
Usahakan untuk tak terlalu sering mencuci wajah agar kandungan minyak alami pada kulit tetap terjaga dengan baik.

3. Gunakan Penyegar (Toner)

Langkah Ideal Membersihkan Wajah yang Benar, Begini Urutannya  (30774)
Ilustrasi menggunakan toner. Foto: Getty Images
Menggunakan toner bisa menjadi langkah terakhir yang harus kamu lakukan untuk menyegarkan dan menutup pori-pori wajah yang sudah terbuka akibat mencuci wajah. Sebagian toner yang memiliki kandungan lactic dan asam salisilat biasanya akan amat berguna untuk membuang serta mengangkat sel kulit mati pada wajah.
ADVERTISEMENT
Jika ingin terbebas dari kulit wajah kusam, rajin-rajinlah menggunakan toner, ya!
Urutan di atas merupakan langkah ideal yang harus kamu lakukan saat membersihkan wajah. Namun banyak juga perempuan yang merasa nyaman untuk mencuci wajah terlebih dahulu baru diikuti dengan micellar water setelahnya. Hal ini sejatinya bukan masalah, jika caranya dilakukan dengan tepat.
Langkah Ideal Membersihkan Wajah yang Benar, Begini Urutannya  (30775)
Ilustrasi menggunakan toner. Foto: Getty Images
Setelah mencuci muka, hindari mengeringkan dan menyeka wajah menggunakan handuk atau bahan yang kasar, ya. Sebaiknya gunakan handuk khusus berbahan lembut atau tisu untuk tetap menjaga elastisitas kulit wajah.
Saat kulit wajah kamu sudah bersih dengan maksimal, barulah kamu melanjutkannya dengan menggunakan rangkaian skincare yang biasa kamu gunakan. Seperti serum, pelembab, hingga night cream.
Jika kamu rutin melakukan seluruh langkah kecantikan kulit ini, kulit wajah yang cantik, sehat, dan bercahaya dipastikan akan jadi milik kamu. (via)
ADVERTISEMENT